Cara Menentukan Bibit Ikan Louhan Yang Anggun Untuk Budidaya

Ikan louhan merupakan ikan hias yang populer dan banyak dipelihara di dalam akuarium Cara Memilih Bibit Ikan Louhan Yang Bagus untuk Budidaya


Ikan louhan merupakan ikan hias yang populer dan banyak dipelihara di dalam akuarium. Cara menentukan bibit ikan louhan yang cantik tentu harus Anda perhatikan.


Ikan louhan ini menjadi unik alasannya yaitu warna sisiknya yang unik cerah serta mempunyai bab benjolan atau jenong di kepalanya. Jenong ini dikenal juga dengan julukan abuh kelam. Baca juga perihal cara budidaya ikan air tawar bak terpal.


Berikut yaitu klarifikasi mengenai cara menentukan bibit ikan louhan yang bagus. Tentu akan berbeda dengan cara budidaya ikan gurame soang ini:


1. Pilih bibit ikan yang sehat


Untuk sanggup mendapat bibit ikan louhan yang bagus, selalu pilih bibit ikan yang sehat. Bibit ikan yang sehat sanggup dilihat dari kondisi fisiknya yang sempurna. Hindari bibit ikan yang diselimuti bercak-bercak putih atau jamur. Bagi pemula sanggup coba cara budidaya ikan bethok bagi pemula.


2. Pilih anakan dengan jenong yang cukup besar


Ikan louhan yang cantik mempunyai jenong atau benjolan di kepala yang cukup besar. Meskipun harganya agak mahal, sebaiknya pilih anakan ikan louhan dengan jenong yang cukup besar. Hal ini penting semoga Anda tidak merasa kecewa ketika ikannya tumbuh nantinya.


3. Pilih bibit ikan yang mempunyai banyak motif


Ikan louhan yang cantik mempunyai banyak motif unik di tumbuhnya. Pilihlah bibit ikan yang mempunyai banyak motif, baik yang berukuran besar maupun berukuran kecil. Ikan dengan motif unik memang terlihat lebih indah. Semakin unik desainnya maka akan semakin bagus.


4. Pilih bibit ikan dengan postur yang bagus


Pilihlah bibit ikan louhan yang mempunyai postur yang bagus. Postur louhan yang cantik diantaranya mempunyai badan agak bulat, tebal, dan memanjang. Hindari menentukan bibit ikan yang terlihat terlalu kurus.


5. Pilih bibit ikan yang mengandung warna merah


Warna merah pada ikan louhan menjadi bab badan yang disukai pecinta ikan louhan. Cari bibit ikan yang mempunyai warna merah, baik banyak ataupun sedikit pada bab tubuhnya.


Misalnya di bab insang, perut, atau pun di bab sirip atas. Warna yang baik yaitu merah pekat di bab bawah badan ikan, kemudian menjadi semakin cerah ke bab atasnya.


6. Pilih bibit ikan dengan mata yang bagus


Mata ikan louhan juga menjadi salah satu faktor yang penting. Pilih bibit ikan dengan mata yang bagus. Mata ikan louhan yang cantik selalu mempunyai bulatan yang berwarna merah di bab kedua bola matanya. Cara budidaya ikan aquaponik juga sanggup Anda cek di sini.






 


7. Pilih bibit ikan yang tidak cacat


Hindari menentukan bibit ikan louhan yang cacat. Anda harus selalu ingat untuk pilih bibit ikan yang tidak cacat.


Beberapa kelainan fisik yang mungkin ditemukan pada ikan louhan yaitu badan yang bengkok, kerusakan pada bab siripnya, kelainan di bab tulang punggung, dan lain sebagainya. Simak mengenai cara budidaya pembesaran ikan nila.


8. Pilih bibit ikan dengan bentuk sirip tertentu


Sirip ikan louhan juga ternyata penting dan perlu diperhatikan. Bentuk sirip ini sanggup menghipnotis sifat atau keagresifan ikan louhan. Anda perlu untuk pilih bibit ikan louhan dengan bentuk sirip tertentu.


Pilih bibit ikan yang mempunyai sirip bab atas bangkit atau tidak menguncup. Selain itu juga perhatikan bab siripnya. Bagian sirip ekor ikan usahakan pilih yang memang mengembang sempurna.


Demikian klarifikasi lengkap mengenai cara menentukan bibit ikan louhan yang bagus. Semoga informasi tersebut sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menentukan Bibit Ikan Louhan Yang Anggun Untuk Budidaya"

Posting Komentar