Pupuk Untuk Tanaman Hidroponik

Pupuk untuk tumbuhan hidroponik umumnya berupa pupuk siap pakai yang sanggup dibeli di banyak sekali toko saprotan, menyerupai pupuk Lewatit HD-5, Margaflor, Nutrisi AB Mix, Phostrogen, dan Wonder. Dalam artikel ini akan dibahas tiga diantaranya. Apa sajakah pupuk tersebut? Yuk kita bahas!


 untuk tumbuhan hidroponik umumnya berupa pupuk siap pakai yang sanggup dibeli di banyak sekali to Pupuk Untuk Tanaman Hidroponik
Tanaman hidroponik membutuhkan perlakuan khusus. Termasuk proteksi pupuk atau nutrisi yang tidak sembarangan.

Pupuk merupakan hal vital dalam proses budidaya tanaman, termasuk salah satunya ialah budidaya tumbuhan hidroponik. Tanaman hidroponik membutuhkan kandungan nutrisi unsur hara yang cukup, baik nutrisi secara makro maupun mikro. Pupuk untuk tumbuhan hidroponik tidak bisa memakai sembarang pupuk menyerupai tumbuhan konvensional. Pupuk tumbuhan hidroponik harus diracik sedemikian rupa, semoga komposisi nutrisi unsur hara yang diharapkan tumbuhan hidroponik sanggup terpenuhi secara seimbang.


Meracik pupuk hidroponik bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan hanya asal mencampur bahan-bahan yang diperlukan. Namun, perlu diperhitungkan takaran masing-masing materi yang diracik semoga seimbang dan kandungan nutrisinya tepat. Tidak sembarang orang bisa mengerjakan hal tersebut, alasannya hanya orang yang paham betul dengan kebutuhan unsur hara tumbuhan hidroponik saja yang sanggup meraciknya dengan benar. Namun, ketika ini sudah banyak beredar pupuk untuk tumbuhan hidroponik di toko saprotan (sarana produksi pertanian), sehingga anda sanggup eksklusif membelinya, tanpa perlu repotrepot meracik sendiri. Pupuk yang dijual tersebut sudah diracik oleh orang yang jago dan sudah ada klarifikasi cara pemakaiannya pada kemasan pupuk.


Aneka Pupuk Tanaman Hidroponik yang Tersedia di Toko Saprotan


Lewatit HD-5


Pupuk Lewatit ini mempunyai bentuk menyerupai gula pasir, namun berwarna merah muda. Kandungan unsur makro pada 1 liter Lewatit ini terdiri dari 15 gram Nitrogen dalam bentuk Nitrat, 3 gram Nitrogen dalam bentuk Amonia, 7 gram P2O5 dan 15 gram K2O. Adapun kandungan unsur mikro pada Lewatit antara lain unsur Fe, Cu, Mo, dan Mn.


Lewatit ini mempunyai sifat khas yang berbeda dengan pupuk lain, yaitu sukar larut dalam air. Dikarenakan sifatnya yang unik inilah, pupuk Lewatit mengeluarkan kandungan unsur haranya secara sedikit demi sedikit. Pupuk Lewatit hanya bisa mengeluarkan unsur haranya ketika ada ion penukar yang terlarut dalam air. Ion penukar tersebut sanggup berupa garam atau sisa hasil metabolisme akar tanaman. Oleh alasannya itu, pupuk Lewatit ini sangat cocok jikalau dipakai untuk pemupukan jangka panjang antara 4-5 bulan.


 untuk tumbuhan hidroponik umumnya berupa pupuk siap pakai yang sanggup dibeli di banyak sekali to Pupuk Untuk Tanaman Hidroponik
Pupuk Lewatit HD5  untuk tumbuhan hidroponik. Stukturnya menyerupai gula pasir dan berwarna merah muda agak jingga.

Pupuk Lewatit HD-5 ini sesungguhnya kurang cocok untuk tanaman sayuran alasannya harganya yang relatif mahal. Pupuk ini lebih cocok untuk tanaman hias. Pupuk Lewatit diberikan pada tumbuhan hidroponik sesudah berusia dua ahad semenjak tumbuhan dipindahkan ke pot hidroponik. Cara pemakaiannya ialah dengan disebar secara merata ke permukaan media hidroponik, lalu disiram dengan air secukupnya semoga pupuk meresap hingga ke bab akar. Air yang dipakai untuk menyiram sebaiknya air ledeng atau air sumur, bukan air hujan atau air suling. Karena air ledeng dan air sumur mengandung mineral garam sebagai ion penukar yang diharapkan untuk melarutkan pupuk Lewatit semoga kandungan unsur haranya sanggup terurai dan diserap oleh tanaman.


Dosis pupuk Lewatit yang dipakai untuk satu kali pemupukan pada satu pot ialah sekitar 25-35 cc atau dua sendok makan. Jika tumbuhan yang diberi Lewatit termasuk ke dalam jenis tumbuhan dengan pertumbuhan yang cepat, maka sebaiknya takaran penggunaan Lewatit ditambah menjadi 50 cc atau sekitar empat sendok makan. Dengan jumlah pupuk yang menyerupai itu, bisa dipakai untuk jangka panjang, yakni 4-6 bulan. Jika umur tumbuhan sudah mencapai enam bulan, maka pemupukan harus dilakukan lagi. Dan pemupukan yang selanjutnya dilakukan setiap empat bulan sekali dengan takaran yang sama.


Margaflor


Pupuk margaflor ini berbentuk cair dan mengandung beberapa unsur makro dan mikro yang diharapkan tanaman. Unsur makro yang terkandung antara lain 11,28% Nitrogen, 5,7% P2O5, 7,84% K2O, dan 3,37% Sulfur. Adapun unsur mikro yang terkandung antara lain unsur Mn, Ce, Fe, Cu, Zn, Mo, Mg, B, dan Co. Pupuk Margaflor sanggup dimanfaatkan untuk tumbuhan sayuran maupun tumbuhan hias. Pupuk ini harus dilarutkan dulu ke dalam air sebelum digunakan.


 untuk tumbuhan hidroponik umumnya berupa pupuk siap pakai yang sanggup dibeli di banyak sekali to Pupuk Untuk Tanaman Hidroponik
Pupuk margaflor dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu sebelum disemprotkan pada tumbuhan hidroponik.

Penggunaan pupuk Margaflor pada tumbuhan hias dilakukan ketika tumbuhan berusia tiga ahad sesudah dipindahkan ke media hidroponik. Pemupukan dilakukan setiap satu ahad atau dua ahad sekali. Takaran yang diharapkan ialah mencampur 3 cc Margaflor ke dalam 1 liter air, aduk rata, dan semprotkan pada tumbuhan hidroponik. Penggunaan larutan Margaflor ini sanggup anda perkirakan sendiri jumlahnya, yaitu jikalau larutan sudah mencapai ketinggian 2-3 cm di atas media hidroponik.


Pada tumbuhan hidroponik sayuran, takaran yang diharapkan ialah 2,5 cc Margaflor per 1 liter air. Pemupukan dilakukan setiap hari dengan takaran sebanyak 25 cc untuk satu kali pemupukan. Setiap umur tumbuhan bertambah dua minggu, takaran pemupukan pun ditambah 25 cc. Dan sesudah tumbuhan berusia 10 ahad dan seterusnya, takaran pemupukan dibentuk tetap, yaitu sekitar 150 cc untuk setiap harinya.


Nutrisi AB Mix


Nutrisi hidroponik AB Mix ini menyediakan banyak sekali jenis Nutrisi AB Mix khusus untuk banyak sekali jenis tanaman. Misalnya Nutrisi AB Mix khusus untuk tumbuhan daun, khusus untuk mawar, khusus untuk cabai, khusus untuk tomat, dan lain-lain. Mengapa harus dibentuk khusus? Karena memang masing-masing tumbuhan memerlukan spesifikasi nutrisi yang berbeda-beda satu sama lain.


Satu set AB Mix terdiri dari bab A untuk menciptakan larutan stok A dan bab B untuk menciptakan stok larutan B. Kandungan nutrisi pada AB Mix terdiri dari 9,90% NO3, 4,83% P2O5, 2,83% MgO, 3,81% SO3, 0,48% NH4, 16,50% K2O, 11,48% CaO, 0,013% B, 0,015% Zn, 0,003% Mo, 0,037% Fe, 0,025% Mn, dan 0,002% Cu. Kandungan tersebut hanyalah kandungan nutrisi AB Mix secara umum. Untuk masing-masing jenis tanaman, tentunya mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Jika anda ingin membeli nutrisi AB Mix, sebaiknya anda sesuaikan dengan jenis tumbuhan hidroponik anda. Nutrisi pada bab A terkandung Kalsium dan pada bab B terkandung Sulfat dan Fosfat. Kalsium dihentikan tercampur dengan Sulfat maupun Fosfat dalam keadaan pekat, oleh alasannya itulah dibentuk dalam keadaan terpisah bab A dan bab B.


 untuk tumbuhan hidroponik umumnya berupa pupuk siap pakai yang sanggup dibeli di banyak sekali to Pupuk Untuk Tanaman Hidroponik
Contoh nutrisi hidroponik AB Mix yang tersedia di toko online bibitbunga,com.

Itulah ketiga jenis pupuk siap pakai yang sanggup anda beli di banyak sekali toko saprotan. Ketiga jenis pupuk tersebut merupakan beberapa solusi bagi anda yang mempunyai tumbuhan hidroponik di rumah ataupun mempunyai bisnis tumbuhan hidroponik. Sebenarnya masih ada juga pupuk tumbuhan hidroponik lain menyerupai Phostrogen dan Wonder. Anda sanggup mencoba mencari tumpuan atau mencari banyak sekali gosip terkait jenis pupuk tumbuhan hidroponik yang lain, semoga anda sanggup membandingkan eksklusif kelebihan dan kekurangan pupuk-pupuk tersebut. Selamat mencoba.


Silahkan klik disini untuk melihat aneka pupuk / nutrisi hidroponik yang tersedia di toko kami dan jikalau Anda membutuhkan perlengkapan hidroponik lainnya, Anda juga sanggup memesannya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pupuk Untuk Tanaman Hidroponik"

Posting Komentar