Peranan Cahaya Dalam Arsitektur

Dalam dunia arsitektur, pencahayaan merupakan hal yang sangat penting. cahaya yang berasal dari sumber alami ataupun buatan memerankan fungsi masing-masing dalam bangunan. Berikut yakni Peran Cahaya Dalam Arsitektur.

 pencahayaan merupakan hal yang sangat penting Peranan Cahaya Dalam Arsitektur
Peranan Cahaya Dalam Arsitektur

 

a. Penerangan umum

Peran umum cahaya yakni sebagai penerangan umum, yang berfungsi untuk menerangi ruangan sehingga insan sanggup melaksanakan kegiatan.

Sebagai contoh: Ruang makan di  rumah  diberi  lampu  yang  sesuaisupaya penghuninya bisa  melaksanakan acara makan dengan baik.

 

b. Penerangan Obyek Spesifik

Sesuai dengan namanya, fungsi penerangan objek spesifik yakni untuk menerangi area-area tertentu, atau obyek yang dianggap menarik.

Misalkan, pada dapur terdapat lampu spesifik di bawah lemari dapuruntuk membantu proses pengolahan makanan. Pada  museum  danpameran  seni,  ruang  pameran  diberi  pencahayaan  yang  tidak mencolok,tapi pada obyek yang dipamerkan diberi pencahayaan tersendiri.

 

c. Penerangan Ambient

Fungsi  penerangan  ambient  adalah  untuk  menciptakan  suasana  danmood  pada ruangan dan untuk mempercantik ruangan. Fungsi penerangan ambient sanggup sekaligus berfungsi sebagai penerangan umum.

Seperti lampu-lampu pada museum, kafe, ruang pameran, yangberupa lampu sorot, lampu dinding, lampu gantung, dan lain-lain.

 

d. Pembentuk Batas Ruang

Cahaya juga sanggup membentuk batas ruang yang imajiner. Walaupun sama-sama berada di  ruangan  yang  sama,  insan lebih  merasa terlindungi ketika  berada di daerah yang terkena cahaya.

Ruang yang terperinci sanggup menjadi menerangkan ruang mempunyai sifat lebih publik dan ramah. Sementara bab ruang yang lebih gelap biasanya mempunyai kesan lebih intim dan privat.

Contohnya sanggup dilihat pada restoran, dimana daerah memesan kuliner lebih terperinci dan daerah duduk/seating biasanya cahayanya lebih redup.

 

e.    Pemberi sensasi proporsi ruangan

Dalam  dunia  arsitektur,  cahaya  juga  mempengaruhi  sensasi  seseorang terhadap proporsi ruangan.

Ruangan terasa lebih kecil kalau pencahayaan dalam ruangan minim, dan sebaliknya kalau pencahayaannya maksimal,ruangan sanggup terasa lebih besar dari sebelumnya.

 

f.    Sumber Energi

Satu-satunya sumber cahaya yang sanggup dimanfaatkan sebagai sumber energi yakni cahaya matahari. Salah satu pemanfaatan cahaya matahari sebagai sumber energi yakni melalui panel surya.

Panas yang diterima panel surya akan diolah menjadi energi listrik, sehingga listrik tersebut sanggup dipakai untuk menghasilkan energi lain menyerupai lampu dan penghangat air.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Peranan Cahaya Dalam Arsitektur"

Posting Komentar