Sistem Pencahayaan Alami Dan Buatan Pada Bangunan

Pencahayaan merupakan salah satu faktor untuk mendapat keadaan lingkungan yang kondusif dan nyaman dan berkaitan akrab dengan produktivitas manusia. Pencahayaan yang baik memungkinkan orang sanggup melihat objek-objek yang dikerjakannya secara terang dan cepat.

Sistem pencahayaan dalam bangunan yaitu desain dan prosedur yang dibentuk pada bangunan semoga bangunan memperoleh cahaya yang cukup terang sehingga orang-orang yang memakai bangunan tersebut sanggup melihat dengan jelas.

Sistem Pencahayaan pada Bangunan

Sistem Pencahayaan pada bangunan yaitu salah satu elemen penting yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan interior maupun arsitektur. Pencahayaan atau lighting, selain berfungsi sebagai penerangan juga sanggup dijadikan sebagai aksesoris untuk memberi nilai estetika sebuah ruang maupun fasad

Dalam bangunan, ada dua sistem pencahayaan menurut sumber cahayanya, ada sistem pencahayaan yang memanfaatkan cahaya matahari alami sebagai sumber, ada juga yang memakai sumber cahaya buatan menyerupai lilin dan lampu. Namun pencahayaan buatan yang kini dipakai sebagai sistem pencahayaan permanen dalam bangunan yaitu lampu. Penjelasan masing-masing sistem pencahayaan dalam bangunan yaitu sebagai berikut :

Sistem Pencahayaan Alami

Pencahayaan Alami dalam gedung

Sistem Pencahayaan alami yaitu sumber pencahayaan yang berasal dari sinar matahari. Sinar alami mempunyai banyak keuntungan, selain menghemat energi listrik juga sanggup membunuh kuman. Untuk mendapat pencahayaan alami pada suatu ruang diharapkan jendela-jendela yang besar ataupun dinding beling sekurang-kurangnya 1/6 daripada luas lantai.

Sistem pencahayaan alami hanya sanggup diambil dari cahaya matahari ketika siang, sementara cahaya bulan di malam hari tidak masuk dalam kategori sumber cahaya alami yang efektif. Sistem pencahayaan alami merupakan salah satu sumber cahaya terbaik untuk bangunan.

 Pencahayaan merupakan salah satu faktor untuk mendapat keadaan lingkungan yang kondusif da Sistem Pencahayaan Alami dan Buatan pada Bangunan
Sumber cahaya alami


Sumber cahaya alami yang baik sejatinya bukanlah sorotan matahari langsung, namun cahaya langit yang merupakan cahaya putih yang sanggup menawarkan kita warna sejati dari sebuah objek. Sorotan sinar matahari pribadi tidak baik alasannya yaitu mengandung gelombang ultraviolet tinggi.

Baca Juga : Perhitungan Zona Daylight pada Bangunan


Sumber pencahayaan alami kadang dirasa kurang efektif dibanding dengan penggunaan pencahayaan buatan, selain alasannya yaitu intensitas cahaya yang tidak tetap, sumber alami menghasilkan panas terutama ketika siang hari. Sistem pencahayaan alami juga agak sulit didapat pada kamar-kamar yang tidak mempunyai jendela yang cukup.

Sistem Pencahayaan Buatan

Pencahayaan buatan dengan lampu

Sistem Pencahayaan buatan yaitu prosedur cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya selain cahaya alami (matahari), namun cahaya tersebut berasal dari hasil karya insan berupa lampu yang berfungsi menyinari ruangan sebagai pengganti jikalau sinar matahari tidak ada.

Baca Juga Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen



Pencahayaan buatan sanggup berfungsi baik siang maupun malam menjadikannya ideal untuk penerangan utama di rumah. Namun berbeda dengan sumber cahaya alami, cahaya buatan yang dihasilkan lampu dari arus listrik yaitu sesuatu yang berbayar. Kebanyakan lampu tidak membunuh bakteri menyerupai cahaya alami, apabila memungkinkan, disarankan memaksimalkan sistem pencahayaan alami.

 Pencahayaan merupakan salah satu faktor untuk mendapat keadaan lingkungan yang kondusif da Sistem Pencahayaan Alami dan Buatan pada Bangunan
Lampu sebagai sumber cahaya buatan


Cahaya buatan yang tidak baik tentunya akan mengganggu acara keseharian kita, contohnya ditempat kita bekerja. Bahkan, ada kalanya dengan cahaya buatan yang baik akan mempertinggi acara kita dalam bekerja jikalau dibandingkan pada ketika beraktivitas pada cahaya siang hari (alamiah).

Demikianlah mengenai sistem pencahayaan alami dan sistem pencahayaan buatan pada bangunan, semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan.

UNDUH ARTIKEL INI DALAM VERSI PDF


Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sistem Pencahayaan Alami Dan Buatan Pada Bangunan"

Posting Komentar