√ Penyebab Sikap Menyimpang Di Masyarakat

Penyebab Perilaku Menyimpang - Terjadinya sikap menyimpang haruslah dilihat dari situasi dan kondisi masyarakat yang ada. Setiap individu mempunyai latar belakang kehidupan yang berbeda maka hal tersebut akan menimbulkan terbentuknya pola-pola sikap yang berlainan. Tidak semua individu bisa mengidentifikasi diri dengan nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Hal ini berarti gagalnya proses sosialisasi sehingga cenderung menerapkan pola-pola sikap yang salah dan menyimpang.

Sebelumnya mengenai Penyimpangan Sosial ini mungkin sanggup menambah pengetahuan anda

 Terjadinya sikap menyimpang haruslah dilihat dari situasi dan kondisi masyarakat yang  √ PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG DI MASYARAKAT


Adapun faktor-faktor penyebab timbulnya sikap yang menyimpang yaitu sebagai berikut.
1. Perbedaan status (kesenjangan) sosial antara si kaya dan si miskin yang sangat mencolok menimbulkan timbulnya rasa iri dan dengki sehingga terjadilahtindak korupsi, manipulasi, dan kolusi.
2. Banyaknya cowok putus sekolah (drop out) dan pengangguran. Mereka yang tidak mempunyai keahlian mustahil bisa bekerja di perkantoran, padahal mereka membutuhkan sandang, pangan, dan daerah tinggal. Akhirnya, mereka mengambil jalan pintas dengan menjadi pengamen atau pengemis jalanan.
3. Kebutuhan ekonomi untuk serba berkecukupan, tanpa harus bersusah payah bekerja, menimbulkan seseorang mengambil jalan pintas dengan cara mencuri, merampok, menodong, dan lain-lain.
4. Keluarga yang awut-awutan (broken home) sanggup menimbulkan adanya penyimpangan sosial. Sebagai pelampiasan, mereka melaksanakan kegiatankegiatan yang sifatnya negatif ibarat berjodi, narkoba, miras, terjun ke dalam kompleks prostitusi.
5. Pengaruh media massa ibarat adanya isu dan gambar-gambar serta siaran TV yang menyajikan perihal tayangan tindak kekerasan dan kriminalitas.

Sekian mengenai Penyebab Perilaku Menyimpang, supaya ini sanggup berkhasiat bagi semua yang membutuhkan.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Penyebab Sikap Menyimpang Di Masyarakat"

Posting Komentar