Tinjauan Pustaka Ihwal Anak Yatim Piatu


Pada dasarnya urgensi tinjaun pustaka ialah sebagai materi autokritik terhadap penelitian yang ada, baik mengenai kelebihan maupun kekurangannya. Di samping itu, tinjauan pustaka memiliki andil besar untuk mendapat informasi secukupnya wacana teori-teori yang ada kaitannya dengan judul yang dipakai untuk memperoleh landasaran teori ilmiah,data yang sanggup dihimpun peneliti antara lain :

Skripsi yang disusun oleh Muhammad Fauzi dengan judul  Hubungan Bimbingan Hidup Beragama Islam Terhadap Kesehatan Mental, pada Panti Asuhan Muhammadiyah Kaliwungu.  Skripsi ini menyatakan bahwa, bimbingan hidup beragama Islam di Panti Asuhan Muhammadiyah Kecamatan Kaliwungu sangat besar kiprahnya dalam menumbuh kembangkan mental anak. Karena hasil temuan memperlihatkan adanya respon positif sejumlah anak terhadap kesehatan mental sesudah dilakukan bimbingan mental. Implikasi positif dari pengembangan mental tersebut telah menghasilkan anak yang bermental sehat, berupa hilangnya perasaan rendah diri, rasa cemas, rasa terasingkan,dan rasa putus asa. Sehingga anak sanggup menjalankan kiprahnya dengan baik untuk mencar ilmu menuntut ilmu tanpa gangguan kesehatan mental.

Skripsi yang disusun oleh Muhammad Fadhil dengan judul  Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam pada Anak Yatim Piatu di Panti Asuhan Hidayatus Shalihin Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Skripsi ini menjelaskan bahwa, keberhasilan pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam di Panti Asuhan dititik beratkan pada cara pengurus atau konselor dalam membimbing anak. Metode yang dipakai pengurus untuk membimbing anak ialah dengan menawarkan kuasa penuh terhadap  pengurus untuk membimbing anak. Pembimbing memiliki ruangan tersendiri dan memberi materi sesuai dengan jadual yang telah ditentukan.  Pembimbing bertanggung jawab penuh terhadap kebutuhan, sikap dan sikap anak asuh selama di Panti.

Anak kartun
Berikutnya ialah skripsi yang disusun oleh Hidayatul Mufidah dengan judul,  Tingkah Laku Anak Yatim Piatu dalam Bersosialisasi  Terhadap Lingkungan Sekitar, Studi Kasus di Panti Asuhan Manarul Islam, Pelutan Pemalang.  Skripsi ini menggambarkan wacana tingkah laris anakyatim piatu dalam bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar. Tingkah laris anak bukan saja baik di lingkungan Panti akan tetapi juga dengan lingkungan sekitar.

Berdasarkan dari beberapa data skripsi tersebut, peneliti memiliki tujuan untuk menyempurnakan penelitian tersebut, dikarenakan penelitian sebelumnya belum ada yang membahas wacana budbahasa anak asuh dan interaksi sosialnya dengan masyarakat. Diantaranya mengenai fokus pemfokusan terhadap training budbahasa anak asuh. Sebagaimana misi Rasullulah, tidak lain ialah untuk menyempurnakan akhlak. Akhlak anak asuh yang  baik akan menjadi perlindungan diri yang tepat, sebagaimana yang terjadi  pada masyarakat modern ketika ini yaitu terjadinya krisis akhlak.


Selanjutnya dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar perlu difokuskan, yaitu interaksi yang bernilai positif bagi tegaknya pilar-pilar fatwa agama Islam. Bukan interaksi sosial yang menguntungkan bagi sekelompok orang ataupun kelompok masyarakat.

Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tinjauan Pustaka Ihwal Anak Yatim Piatu"

Posting Komentar