√ Macam Tipe Bentuk Gunung Api

Macam Tipe Bentuk Gunung Api - Adalah Bentuk-bentuk gunung pada permukaan bumi sanggup terjadi lantaran beberapa sebab. Sebab pertama yaitu lantaran adanya lipatan pada kulit bumi. Adapun yang kedua lantaran adanya penumpukan kulit bumi yang disebabkan oleh erupsi magma dari perut bumi. Penumpukan kulit bumi lantaran erupsi magma disebut gunung api.



Bentuk gunung api ada banyak sekali jenis, antara lain sebagai berikut.
a. Gunung Api Kerucut
Gunung api kerucut atau gunung api strato mempunyai bentuk ibarat kerucut. Jenis gunung api kerucut paling banyak ada di permukaan bumi. Gunung api ini terbentuk lantaran adanya erupsi efusif (magma yang meleleh) dan erupsi eksplosif (letusan magma). Letusan gunung api melepaskan eflata yang kemudian tertimbun di sekitar sentra erupsi. Eflata ialah materi padat yang keluar lantaran tekanan erupsi. Timbunan lapisan eflata tersebut kemudian menyatu dengan lava beku di sekitar sentra ledakan erupsi, sehingga membentuk tubuh gunung. Jenis gunung ini paling banyak terdapat di Indonesia. Contohnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Fujiyama.

bentuk gunung pada permukaan bumi sanggup terjadi lantaran beberapa lantaran √ MACAM TIPE BENTUK GUNUNG API


b. Gunung Api Perisai
Gunung api perisai mempunyai lereng yang landai ibarat perisai. Gunung api perisai terbentuk lantaran adanya lava cair yang membeku melalui erupsi effusif. Magma cair keluar dari perut bumi, dan meleleh ke sekitar sentra erupsi. Lelehan tersebut kemudian membeku dan membentuk tubuh gunung. Contohnya Gunung Maona Loa, Kilauea di Kepulauan Hawaii.

bentuk gunung pada permukaan bumi sanggup terjadi lantaran beberapa lantaran √ MACAM TIPE BENTUK GUNUNG API


c. Gunung Api Corong
Gunung api corong atau gunung api maar terbentuk lantaran letusan yang berpengaruh atau eksplosif yang membentuk timbunan eflata sehingga mempunyai bentuk ibarat corong. Lereng gunung api corong biasanya tidak terlalu curam ibarat gunung api kerucut. Gunung api tipe ini mempunyai belahan tengah yang kedap air disebut kepundan atau maar. Kepundan bergotong-royong ialah kawah yang jikalau terisi hujan akan membentuk danau. Contoh danau yang terbentuk di gunung api corong contohnya Danau Klakah di Gunung Lamongan.


Sebelumnya mengenai Tenaga Endogen ini sanggup menambah pengetahuan anda


bentuk gunung pada permukaan bumi sanggup terjadi lantaran beberapa lantaran √ MACAM TIPE BENTUK GUNUNG API



Sekian mengenai Macam Tipe Tipe Gunung Api, agar apa yang ada di dalam materi diatas sanggup bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Macam Tipe Bentuk Gunung Api"

Posting Komentar