Pengertian Penduduk & Warga Negara Indonesia (Wni)

Pengertian Penduduk Pada artikel sebelumnya yang membahas pengertian antoposfer kita tahu bahwa terdapat lapisan kehidupan manusia. Cabang ilmu geografi yang secara khusus mempelajari antroposfer dinamakan geografi penduduk. Pertanyaan lain pun muncul, apa sih bahu-membahu penduduk itu? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi lengkap mengenai Pengertian Penduduk. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Sobat niscaya sering mendengar atau membaca dari banyak sekali media massa beberapa istilah yang berafiliasi dengan sekelompok insan yang menempati wilayah tertentu, menyerupai penduduk, warga negara, dan sumber daya insan Indonesia. Ketiga istilah tersebut tentunya mempunyai perbedaan dan pemfokusan masing-masing, walaupun pada prinsipnya sama-sama menelaah kajian wacana manusia.


 Pada artikel sebelumnya yang membahas pengertian antoposfer kita tahu bahwa terdapat lapi Pengertian Penduduk & Warga Negara Indonesia (WNI)

Penduduk sanggup didefinisikan sebagai sejumlah insan baik secara individu maupun kelompok yang menempati wilayah atau negara tertentu minimal dalam jangka waktu satu tahun pada ketika dilaksanakan pendataan atau sensus penduduk. Sebagai contoh, Pendi ialah penduduk kabupaten Cirebon, artinya artinya pada ketika diadakan sensus penduduk Pendi telah tinggal menetap di Cirebon dalam waktu minimal satu tahun, walaupun ternyata Pendi bukan warga orisinil kawasan tersebut.

Warga Negara Indonesia (WNI) ialah semua orang yang tinggal di negara Republik Indonesia. Penduduk orisinil maupun keturunan absurd yang telah disahkan oleh undang-undang sebagai Warga Negara Indonesia. Oleh alasannya ialah itu, ada istilah WNI pribumi (penduduk orisinil Indonesia), WNI keturunan (misalnya, keturunan Tionghoa, Belanda, Amerika), dan WNA (Warga Negara Asing). Adapun sumber daya insan ialah semua penduduk baik secara individu maupun kelompok dengan semua potensi yang dimilikinya. Potensi sumber daya insan sanggup berupa kuantitas dan kualitas penduduk.

Jika kita berbicara wacana penduduk, kita juga akan menyinggung hal lain yang tak terpisahkan yaitu demografi. Demografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos yang berarti penduduk dan graphien yang artinya menulis. Secara epistomologi, demografi sanggup diartikan tulisan-tulisan wacana penduduk. Definisi demografi yang lebih luas yaitu ilmu yang mempelajari wacana struktur dan proses penduduk di suatu wilayah. Struktur penduduk mencakup jumlah, persebaran, dan komposisi penduduk. Struktur penduduk ini selalu berubah-ubah, dan perubahan tersebut terjadi alasannya ialah proses demografi, yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi penduduk.


BACA JUGA:
  1. Piramida Penduduk
  2. Sensus Penduduk
  3. Pertumbuhan Penduduk

Untuk mendapat citra mengenai kondisi kependudukan suatu wilayah atau negara, diharapkan data yang akurat mengenai aspek-aspek kuantitas dan kualitas penduduk. Tingkat akurasi data yang diperoleh sangat memengaruhi ketelitian hasil analisis dan prediksi kondisi kependudukan. Untuk negara Indonesia, forum yang bertugas mengumpul kan, mengolah, dan mempublikasikan data kependudukan ialah Badan Pusat Statistik (BPS).

Badan Pusat Statistik Indonesia mempunyai beberapa sumber data kependudukan, yaitu hasil sensus, survei, dan pendaftaran penduduk.

  1. Sensus
    Sensus atau cacah jiwa ialah proses pencatatan, perhitungan, dan publikasi data demografis yang dilakukan terhadap semua penduduk yang tinggal menetap di suatu wilayah atau negara tertentu secara bersamaan. Sensus dilaksanakan setiap 10 tahun sekali.

  2. Survey
    Suvey hampir sama dengan sensus, perbedaan atar keduanya terletak pada waktu pelaksanaan, wilayah, dan jumlah penduduk yang di data. Di suvei, pendataan hanya dilakukan terhadap sample (contoh) penduduk di beberapa wilayah yang dianggap mewakili karakteristik semua penduduk di sekitar wilayah sample. Pelaksanaanya pun dilakukan kapan pun, tanpa adanya periodisasi menyerupai sensus.

  3. Registrasi
    Registrasi penduduk ialah proses pengumpulan keterangan yang berafiliasi dengan peristiwa-peristiwa kependudukan harian dan kejadian-kejadian yang mengubah status seseorang, menyerupai insiden kelahiran, perkawinan, perceraian, perpindahan tempat tinggal, dan kematian.

Terima kasih sudan berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas wacana Pengertian Penduduk, biar sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan sahabat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Penduduk & Warga Negara Indonesia (Wni)"

Posting Komentar