Pengertian Kepuasan Konsumen

Kepuasan ialah perasaan bahagia atau kecewa seseorang yang muncul sehabis membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapkan.Jika kinerja berada di bawah harapan, pelanggan tidak puas.Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas atau senang.  Jadi tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dan harapan.

Kepuasan konsumen merupakan sebagai keseluruhan sikap yang ditunjukkan konsumen atas barang atau jasa sehabis mereka memperoleh dan menggunakannya. Sedangkan berdasarkan M. Taufiq Amir kepuasan konsumen ialah sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan (perceived) sesuai dengan apa yang diperlukan pelanggan.

Menurut Band kepuasan pelanggan ialah perbandingan antara kualitas barang atau jasa yang dirasakan dengan keinginan, kebutuhan, impian pelanggan, maka akan timbul pembelian ulang dan kesetiaan.

Dari  definisi diatas sanggup disimpulkan bahwa kepuasan konsumen merupakan jawaban perilaku, berupa penilaian purnabeli pelanggan terhadap suatu barang  atau jasa yang dirasakannya (kinerja produk) dibandingkan dengan impian atau espektasi terhadap produk atau jasa tersebut.

Sebenarnya untuk menunjukkan layanan yang memuaskan pelanggan itu mudah, yaitu dengan menunjukkan kenyataan ( perception) sesuai impian  (expectation)  pelanggan. Kaprikornus jikalau seorang pelanggan sedang lapar kemudian masuk ke restoran, kemudian disambut dengan ramah oleh pelayan restoran dan beberapa menit kemudian sehabis menunggu, makanan telah tersaji serta rasanya lezat, maka pelanggan tersebut akan merasa puas (satisfied).


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Kepuasan Konsumen"

Posting Komentar