Pembagian Statistika Sebagai Ilmu Pengetahuan


Berdasarkan fungsinya, statistika sanggup dibagi menjadi dua yang saling berhubungan, yaitu : “statistika deskriptif” dan “statistika inferensial”. Statistika deskriptif mencakup : pengumpulan, pengolahan, penyajian dalam bentuk angka-angka, tabel dan grafik. Sedangkan, statistika inferensial mengacu pada penarikan kesimpulan, peramalan dan pengujian hipotesis. Selain statistika deskriptif dan statistika inferensial dikenal juga pengelompokan berdasarkan perkiraan yang dipakai perihal sebaran populasi yaitu statistika parametrik dan statistika nonparametrik.
          Dimana statistika parametrik merupakan teknik yang parameter populasinya atau perkiraan distribusi/sebaran populasi datanya berdasarkan pada model distribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Statistika jenis ini sering disebut dengan “statistika sebaran khusus” Sedangkan, statistika nonparametrik merupakan teknik statistika yang parameter populasinya atau perkiraan sebaran populasi datanya tidak mengikuti model distribusi tertentu atau bebas distribusi dan variansi tidak harus homogen. Oleh alasannya yaitu itu, statistika ini disebut juga “statistika sebaran bebas”.
          Berdasarkan variabel terikat yang dianalisis, maka statistika sanggup dibedakan menjadi statistika univariat, statistika bivariat dan statistika multivariat. Secara garis besar statistika sendiri terbagi atas dua cabang ilmu yang sering disebut oleh para andal sebagai statistika murni (statistika teoritis) dan statistika terapan.

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pembagian Statistika Sebagai Ilmu Pengetahuan"

Posting Komentar