Dasar Takwa Dalam Al-Quran


Dasar ideal takwa sudah pasti yaitu kitab Allah (al-Qur’an). Alasannya yaitu sebagai berikut:

2.  Apabila mereka Telah mendekati final iddahnya, Maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kau dan hendaklah kau tegakkan kesaksian itu Karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. barangsiapa bertakwa kepada Allah pasti beliau akan mengadakan baginya jalan keluar. 3.  Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah pasti Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melakukan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah Telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (Qs. Ath-Thalaq: 2-3).


Hai manusia, Sesungguhnya kami membuat kau dari seorang pria dan seorang wanita dan mengakibatkan kau berbangsa - bangsa dan bersuku-suku biar kau saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kau disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (Qs. Al-Hujurat:13).


Kitab (Al Quran) Ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, 3.  (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang kami anugerahkan kepada mereka.(Qs. Al-Baqarah: 2-3).

Takwa yaitu memelihara diri dari siksaan Allah dengan mengikuti segala perintah-perintah-Nya; dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya; tidak cukup diartikan dengan takut saja.

Dengan demikian menjadi terang bahwa bekal yang utama dan utama yaitu perilaku takwa. Umat Islam sebagai hamba Allah akan lepas dari segala macam kesulitan, jikalau memang benar-benar memanivestasikan nilai-nilai takwa dalam segala acara hidupnya dengan sebenar-benarnya takwa. Bukankah orang yang paling mulia di sisi Allah, yaitu orang yang bertakwa kepada-Nya. Jadi, Jangan pernah umat Islam yang memimpikan kemuliaan, jikalau memang mereka sendiri jauh dari nilai-nilai takwa, alasannya yaitu takwa yaitu kunci untuk meraih kemuliaan tersebut.
Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Dasar Takwa Dalam Al-Quran"

Posting Komentar