Cara Menanam Wortel Di Pot

Cara menanam wortel di pot sanggup Anda lakukan dengan simpel dan bagi Anda yang masih pemula pun tidak perlu ragu untuk mencoba membudidayakan tumbuhan sayur yang mempunyai segudang manfaat ini. Sebagaimana yang kita ketahui, wortel yakni tumbuhan sayur yang sudah umum diolah menjadi sayuran ini rupanya juga sangat enak bila diolah menjadi jus wortel. Wortel memang sanggup dijumpai dengan simpel baik di pasar, di warung terdekat, di supermarket, dan toko sayuran lainnya. Harga wortel juga relatif terjangkau dan tidak terlalu mahal. Namun meski begitu, tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk menanam sendiri wortel yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan ini.


 di pot sanggup Anda lakukan dengan simpel dan bagi Anda yang masih pemula pun tidak perlu ra Cara Menanam Wortel di Pot
Wortel sanggup ditanam di dalam pot.

Banyak yang beranggapan bahwa menanam wortel sangatlah sulit dan harus di dataran tinggi. Namun ulasan kali ini akan memperlihatkan Anda cara menanam wortel dengan sangat simpel yang sanggup Anda praktikkan secara pribadi di rumah Anda yaitu dengan memakai pot, sebagaimana yang dijelaskan pada awal artikel bahwa menanam wortel dalam pot itu tidaklah sulit. Dengan begitu Anda juga akan dimudahkan pada ketika masa panen dan perawatannya pun gampang. Bagi Anda yang ingin tau dan ingin tahu bagaimana cara menanam wortel di pot maka pribadi saja simak info di bawah ini.


Syarat Tumbuh Tanaman Wortel


Sebelum tahu lebih jauh mengenai proses penanamannya, akan jauh lebih baik bila Anda mengenal bagaimana syarat tumbuh tumbuhan wortel sehingga proses pembudidayaan yang Anda lakukan tidak sia-sia. Kaprikornus tumbuhan wortel ini yakni tumbuhan yang sanggup tumbuh pada ketinggian tanah yang idealnya yakni 100 – 1500 meter dari permukaan laut. Namun hal ini tidak menjadi duduk kasus alasannya Anda akan tetap sukses dan berhasil meski menanam wortel di dalam pot dan diletakkan di rumah Anda. Untuk duduk kasus suhu juga tidak menjadi duduk kasus alasannya tumbuhan sayur ini sanggup tumbuh pada trend kemarau dan juga pada trend hujan jadi tidak mensugesti tehnik yang Anda gunakan yaitu menanam dengan pot. Salah satu hal yang paling diperhatikan yakni media tanamnya yang harus subur dan gembur kemudian mempunyai unsur hara dan pHnya harus berkisar 6 – 7. Apabila ternyata pH tanah kurang dari 5 maka Anda sanggup melaksanakan pengapuran memakai dolomite.


Persiapan Sebelum Menanam


Menyediakan Wadah / Pot


Siapkan pot sebagai wadah tanam wortel dan alasannya fisik dari tumbuhan sayur ini mempunyai jenis akar yang tumbuh ke dalam maka Anda sanggup menentukan pot yang mempunyai ukuran kedalaman yang sesuai yaitu sekitar 30 – 40 cm semoga hasil wortel nantinya sesuai dengan keinginan yaitu mempunyai panjang dan besar yang berkualitas. Apabila Anda memakai ukuran pot yang mempunyai kedalaman sekitar 20 – 25 cm maka hasil wortel yang Anda tanam akan lebih pendek. Perhatikan kebersihan pot yang akan Anda gunakan, usahakan pot dalam keadaan kering pada ketika akan diisi dengan media tanam.


Menyediakan Media Tanam


Sediakan media tanam yang cocok untuk menanam wortel. Anda sanggup memakai media tanam porous yang tidak simpel padat dan beberapa media yang diharapkan yakni tanah yang sanggup dicampur dengan penggunaan tanah merah, pasir halus, dan kompos dengan memakai perbandingan yang sama. Anda pun juga sanggup memakai batang pakis yang dicampur dengan sedikit pasir bila saja Anda tidak memakai media tanah.


Membuat Bibit Wortel


 di pot sanggup Anda lakukan dengan simpel dan bagi Anda yang masih pemula pun tidak perlu ra Cara Menanam Wortel di Pot


Sediakanlah bibit yang unggul yang mempunyai sifat penyesuaian yang sangat baik. Ciri-ciri wortel yang sanggup dijadikan sebagai benih yakni wortel yang mempunyai produksi tinggi dan adaptasinya cukup handal kemudian mempunyai bentuk umbi yang manis dan berwarna cerah. Untuk umbi yang sanggup dipilih yakni umbi yang berusia 100 hari sehabis waktu panen. Ukuran umbi yang dipakai yakni besar, tidak bercabang dan lurus, mempunyai warna cerah. Cara menciptakan bibit wortel unggul sanggup Anda lakukan dengan memotong kepingan ujung umbi dengan ukuran 1/ 3 dari ukuran panjang umbi wortel. Kemudian pangkas kepingan daun wortel yang berada di erat pangkal umbi dan sehabis itu sisakan 10 cm.


Siapkan pot untuk pembibitan (bukan untuk proses penanaman) yang kemudian lengkapi dengan media tanam yang sudah disediakan kemudian taburkan pupuk trichokompos dan sehabis itu biarkan sampai 1 minggu. Jika sudah 1 ahad maka Anda sanggup menanam umbi wortel yang sudah disediakan sebelumnya dan kemudian siram kembali dengan memakai larutan trichoderma yang ditambah dengan air dan dengan ZPT organik. Penyiraman ini dilakukan selama 2 ahad sekali dan waktu penyiraman yakni setiap sore di trend kemarau. Jika sudah mencapai usia 1 bulan maka tumbuhan wortel akan berbunga dan kemudian tunggu sampai mencapai 2 bulan gres bunga wortel akan merekah dengan tepat dan siap untuk dipanen.


Bunga wortel yang sudah mengering tersebut akan berwarna kecoklatan dan sanggup pribadi Anda panen dengan cara dipetik. Setelah itu remas bunga wortel tersebut sampai kepingan bijinya terlepas dari kepingan kelopak bunganya. Apabila biji sudah terkumpul semua maka sanggup Anda simpan pada kemasan plastik yang kemudian sanggup diikat dengan memakai karet sampai rapat. Proses ini bukanlah proses penanam melainkan proses untuk mendapatkan benih atau bibit wortel dari umbi wortel yang unggul. Jika cara ini sudah dilakukan maka sanggup Anda lanjutkan pada proses penanaman yang ada dibawah ini.


Proses Penanaman



  • Masukkan media tanam yang telah disediakan ke dalam pot yang juga telah ada sebelumnya. Sisakan kepingan ruang kosong diatas media tanah sekitar 2 – 3 cm.

  • Buatlah lubang untuk meletakkan bibit wortel dengan jarak sekitar 3 – 5 cm pada tiap-tiap lubang.

  • Masukkan bibit wortel pada lubang yang telah dibentuk dan untuk setiap lubang diisi dengan 2 bibit wortel. Jika sudah maka tutup kembali lubang dengan memakai media tanam.


 di pot sanggup Anda lakukan dengan simpel dan bagi Anda yang masih pemula pun tidak perlu ra Cara Menanam Wortel di Pot
Penanaman benih wortel.


  • Siram bibit dengan memakai air secukupnya dan letakkan pot diluar untuk mendapatkan intensitas matahari secara langsung. Kemudian pastikan juga semoga media tanam yang dipakai tetap lembab sehingga bila media tanam mulai kering segera siram dengan air.

  • Apabila ternyata tinggi tumbuhan sudah mencapai 3 cm maka daun sanggup dipangkas sebagai perawatan awal untuk mensugesti proses pertumbuhan tumbuhan wortel tersebut.


 di pot sanggup Anda lakukan dengan simpel dan bagi Anda yang masih pemula pun tidak perlu ra Cara Menanam Wortel di Pot
benih wortel yang ditanam sudah mulai tumbuh.


  • Perhatikanlah posisi tumbuhan wortel yang sedang Anda garap. Apabila ternyata posisi wortel mulai bengkok maka tambahkanlah media tanam yang baru. Dan apabila ternyata kepingan cabangnya yang bengkok maka kepingan akar juga tidak sanggup terbentuk dengan sempurna. Namun bila akar wortel mencuat ke atas pot maka segera tambah media tanam untuk menutupnya alasannya apabila tidak ditutup akan terkena sinar matahari secara pribadi yang mengakibatkan wortel menjadi hijau dan tidak sanggup dikonsumsi.

  •  Apabila tumbuhan wortel Anda sudah mulai tumbuh dengan ketinggian 8 – 10 cm maka tambahkanlah pupuk ke dalam media baik itu pupuk cair maupun pupuk kering yang sanggup diberikan 1 kali dalam 2 minggu.


 di pot sanggup Anda lakukan dengan simpel dan bagi Anda yang masih pemula pun tidak perlu ra Cara Menanam Wortel di Pot



  • Tanaman wortel memang sangat rentan dengan adanya serangan jamur yang mengganggu dan hal tersebut juga akan terjadi apabila ternyata sistem drainase pada pot yang dipakai tidak baik. Dan apabila ternyata tumbuhan wortel Anda terjangkit jamur maka Anda sanggup mengatasinya dengan memakai cairan anti jamur yang berupa sulfur atau sanggup juga dengan memakai serbuk kayu manis.

  • Tanaman wortel sanggup dipanen ketika usianya sudah mencapai 2 – 2,5 bulan. Rasa manis yang didapat dari wortel juga sanggup Anda temukan ketika Anda melaksanakan panen secara cepat. Kaprikornus hindarilah keterlambatan memanen alasannya apabila hal ini terjadi maka wortel yang seharusnya manis akan bermetamorfosis lebih keras dan tidak akan laris di pasaran hal ini dikarenakan wortel terlalu renta berada didalam media tanam.


 di pot sanggup Anda lakukan dengan simpel dan bagi Anda yang masih pemula pun tidak perlu ra Cara Menanam Wortel di Pot


Itulah beberapa info yang sanggup Anda ketahui perihal bagaimana cara menanam wortel di pot. Menanam wortel di pot juga sanggup dijadikan sebagai hiasan alasannya daunnya yang segar sangat nyaman dipandang. Untuk Anda yang masih pemula dan bahkan belum tahu dengan terang bagaimana proses menanamnya maka Anda sanggup mengikuti langkah-langkah yang ada pada ulasan ini dan jangan ragu untuk mencoba alasannya menanam wortel dalam pot jauh lebih simpel dibanding dengan rasa sulit yang Anda bayangkan. Terlebih bila tumbuhan sayur wortel ini mempunyai banyak khasiat yang baik untuk kesehatan sehingga tidak rugi bila Anda menanamnya. Jangan lupa untuk menentukan bibit berkualitas unggul semoga hasil panen yang Anda inginkan sesuai dengan keunggulan bibit yang ditanam.


Kami juga menyediakan benih wortel disini dan pot tumbuhan disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Wortel Di Pot"

Posting Komentar