Cara Memakai Pupuk Mutiara Pada Tanaman Cabe

Berbagai macam jenis pupuk sekarang telah hadir di pasaran untuk menawarkan pelayanan terbaik kepada petani baik pupuk organik dan pupuk kimia hadir dengan keunggulan tersendiri, seiring berjalannya waktu, sekarang para petani mengurangi setiap penggunaan pupuk kimia dengan berangsur-angsur beralih ke pupuk semi organik. hal tersebut dilakukan untuk sanggup menjaga kandungan unsur hara di dalam tanah supaya tetap terjaga.


Tentunya tidak semua pupuk anorganik sanggup merusak lingkungan, alasannya berkat penelitian yang terus dilakukan mengakibatkan sekarang pupuk yang bersifat anorganik lebih dekat dengan lingkungan dan juga kualitas yang dicintai petani.


Salah satu pupuk yang menjadi pilihan petani hingga sekarang ialah pupuk NPK dengan hasil dari campuran Nitrogen Fosfor dan Kalium, menghadirkan varian yang lebih unggul dengan nama Pupuk NPK Mutiara. Pupuk ini termasuk jenis pupuk beragam alasannya terdiri dari beberapa kandungan unsur hara yang banyak , sekurang-kurangnya ada 5 unsur hara baik itu jenis makro dan juga mikro.


Bentuk dari NPK Mutiara ini sesuai dengan namanya alasannya berupa butiran-butiran biru kecil yang dibungkus oleh plastik. Ada beberapa pemakaian dari pupuk Mutiara ini sanggup dengan cara ditaburkan ataupun juga disiramkan dengan sebuah alat pompa atau jenis lainnya, akan pentingnya mengetahui tata cara pemakaiannya, berikut kami ulas penggunaan yang baik untuk pupuk Mutiara.


Penggunaan NPK Mutiara Pada Sayuran Dengan Cara Ditaburkan


Langkah penaburan susulan sanggup dilakukan pada sayuran ibarat kol, sawi, brokoli, dan yang lainnya.  Untuk menaburkan pupuk mutiara maka jarak dari tumbuhan yang diberi pupuk haruslah mempunyai ruang, alasannya pupuk akan ditabur di sekitar tumbuhan dan jangan terlalu mendekati tumbuhan alasannya sanggup meracuni tumbuhan tersebut.


Pemberian pupuk mutiara haruslah dalam keadaan yang berair dan jikalau dalam keadaan kering maka harus segera disiram oleh air, tujuannya ialah supaya pupuk sanggup cepat diserap oleh tumbuhan namun ingat jangan hingga terkena daun atau batang tanamannya.


Bila anda melaksanakan pemupukan tumbuhan yang disebutkan dengan cara di kucur tentulah tidak efektif alasannya memerlukan waktu yang usang dan juga memerlukan tenaga yang lebih, namun apabila tumbuhan sayuran berada di poly bag maka anda sanggup melakukannya dengan cara penyiraman.


Penggunaan NPK Mutiara Pada Sayuran Dengan Cara Di kocor


Dengan melaksanakan cara pemupukan dengan di kocor maka akan sangat efektif bila anda melakukannya pada tumbuhan sayuran bayam dan juga kangkung, alasannya tumbuhan tersebut biasa ditanam dengan jarak yang rapat, sehingga apabila di beri pupuk dengan cara ditabur akan terasa sangat sulit . Lakukanlah derma pupuk 2 hingga tiga kali dalam pemupukan susulan


Untuk dosisnya sendiri berikan 2 hingga 3 sendok makan untuk 10 liter air  kemudian pupuk NPK mutiara tadi dilarutkan hingga tercampur kemudian disiramkan secara merata pada bayam dan juga kangkung, peru diingat apabila telah final melaksanakan penyiraman maka tumbuhan tersebut harus disiram dengan air bersih.


Baca juga : cara memakai pupuk herbafarm pada tumbuhan cengkehcara memakai pupuk npk andal tani


Penggunaan NPK Mutiara  Untuk Pembibitan Jenis Tanaman Sayuran Hortikultura


Pupuk NPK Mutiara sendiri selain untuk jenis tumbuhan diatas juga sanggup diberikan pada proses pembibitan ibarat pada sayuran buah ibarat cabe dan juga sanggup dipakai pula sebagai pembibitan tumbuhan sayuran jenis daun, selain itu pupuk juga bisa  diberikan pada media semai ataupun sehabis bibit tumbuh , untuk lebih lengkapnya sebagai berikut: 








  • Aplikasi Pada Media Semai Jenis Tanaman Hortikultura


Media semai haruslah subur dan juga mengandung Unsur hara yang baik supaya bibit tumbuhan sanggup tumbuh dengan sempurna, contohnya dengan memakai media tanah yang dicampur dengan pupuk kandang.


Namun bila anda menginginkan hasil yang lebih baik sanggup pula menambahkan Pupuk Npk dengan takaran 2 sendok makan untuk 10 liter air untuk media semai jenis tumbuhan hortikultura. Selanjutnya pupuk yang telah dicampur tersebut didiamkan hingga 7 hingga sepuluh hari di daerah yang teduh dan juga terlindung dari hujan dan panas, bila telah final maka bibit sanggup di semai.



  • Aplikasi Pada Media Semai pada Bibit Jenis Tanaman Sayuran Hortikultura


Selain untuk penyemaian pupuk NPK Mutiara  bisa dipakai untuk memberi pupuk pada bibit yang telah tumbuh, Hal ini dilakukan apabila sehabis di semai tumbuhan Nampak kurus alasannya kekurangan unsur hara.


Beberapa tumbuhan bibit ibarat cabe terung dan juga yang sejenisnya sanggup di sirami pupuk NPK Mutiara, namun apabila tumbuhan yang merambat tidak perlu diberi pupuk dikala dalam masa persemaian alasannya prosesnya berjalan singkat sekitar 7 hingga 5 hari saja.


Menggunakan pupuk NPK Mutiara dalam proses penyiraman pada bibit tumbuhan dilakukan dengan cara melarutkan 2 sendok pupuk dengan dicampur 10 liter air kemudian disiramkan pada bibit tumbuhan dan sehabis langkah tersebut dilakukan maka tumbuhan harus disemprot air higienis supaya pupuk yang melekat pada daun terhapus alasannya bila dibiarkan sanggup merusak tanaman. Efektifnya langkah tersebut dilakukan di pagi hari dan juga sore hari.


Baca juga : cara memakai pupuk herbafarm pada tumbuhan cengkehcara memakai pupuk npk andal tani



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memakai Pupuk Mutiara Pada Tanaman Cabe"

Posting Komentar