Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag

Buah kaya air berwarna merah ini niscaya sudah tidak ajaib lagi. Buah yang menyegarkan dan kaya vitamin itu sering dipakai sebagai pencuci ekspresi sesudah makan. Cara menanam semangka tidak terlalu sulit. Asalkan Anda tekun, bukan mustahil tumbuhan semangka akan berbuah melimpah. Tanaman semangka merupakan salah satu tumbuhan yang populer. Sudah banyak orang di dunia yang membudidayakan buah basah ini. Nah, bagi Anda para pemula ada cara budidaya yang mudah.


Buah kaya air berwarna merah ini niscaya sudah tidak ajaib lagi Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag
Tanaman semangka yang ditanam dalam pot.

Salah satu cara yang sedang incar dipakai yaitu dengan menggunakan media pot atau polybag. Cara menanam buah semangka dalam media pot atau polybag sangat gampang dilakukan. Dengan menanam tumbuhan dalam media ini akan lebih memudahkan Anda dalam melaksanakan perawatan, pengawasan, dan pengontrolan. Keuntungan lain media pot atau polybag tidak terlalu makan tempat. Sangat pas Anda letakkan di halaman belakang rumah, teras depan, bahkan di gudang yang tidak terpakai. Langsung saja kita simak cara membudidayakan semangka dengan pot atau polybag.


Penentuan Media Tanam


Langkah pertama dalam menanam semangka yakni pemilihan lahan yang dijadikan sebagai media tanam. Memang kali ini kita menggunakan media pot atau polybag, tapi tanah yang akan dipakai perlu pengolahan juga. Semangka sanggup tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi berkisar 0-1000 mdpl. Tanah untuk menanam semangka harus kaya unsur hara dengan pH netral sekitar 5-7. Jika tanah terlalu asam, Anda sanggup menetralkan dengan penambahan kapur doloit dengan dosis 1 ton/hektar lahan.


Setelah kadar asam pas lakukan penggemburan tanah. Jangan lupa campurkan dengan sedikit pupuk kompos atau pupuk kandang. Lalu diamkan tanah selama beberapa ahad sebelum tanam. Kemudian, lakukan pemasukan media tanam dengan ukuran menyesuaikan. Masukan tanah hingga penuh dengan hati-hati tanpa merusak pot atau polybag. Lakukan penyiraman hingga lembab dan siap untuk ditanami.


Pemilihan Bibit


Pemilihan bibit sangat penting dilakukan, bibit menjadi penentu hasil panen Anda kelak. Benih atau biji dipilih menurut impian Anda, contohnya varietas semangka tanpa biji. Anda sanggup eksklusif membeli biji di toko pertanian. Ciri biji yang baik yaitu berwarna hitam atau kecoklatan, mengkilat, tidak terjangkit hama, dan berbentuk normal. Setelah menemukan pilihan, segera rendam biji dengan fungisida selama kurang lebih 24 jam. Hal ini bertujuan biar terhindar dari serangan hama dan penyakit.


Penanaman Tanaman


Buah kaya air berwarna merah ini niscaya sudah tidak ajaib lagi Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag
Pembenihan biji semangka. Setelah beberapa hari biji semangka akan tumbuh berkecambah.

Setelah media tanam dan bibit siap, selanjutnya yaitu menanam tumbuhan semangka. Penanaman dilakukan dengan menciptakan lubang tanam 2-3 cm kemudian masukan 2-3 benih semangka. Lakukan penimbunan benih dengan sisa tanah yang dibentuk untuk pengelolaan media tanam. Dan lakukan penyiraman hingga lembab.


Pemeliharaan Tanaman Semangka


Buah kaya air berwarna merah ini niscaya sudah tidak ajaib lagi Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag
Tanaman semangka yang telah berumur 4 minggu.

Cara menanam semangka tidak lepas dari metode perawatan yang maksimal biar panen tidak mengecewakan. Ada beberapa tahapan pemeliharaan tumbuhan semangka antara lain penyulaman, penyiraman, penyiangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit. Penyulaman dilakukan sesudah seminggu tanam, gunanya untuk menggantikan tumbuhan yang sudah mati dengan benih baru. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari alasannya yaitu semangka suka kawasan lembab. Namun jangan hingga terlalu berlebihan air. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma di sekitar tumbuhan semangka. Untuk mencukupi nutrisi tambahkan pupuk kandang, urea, TSP dan lainnya sesuai takaran. Sedangkan untuk pengendalian hama dilakukan dengan penyemprotan fungisida atau insektisida. Tergantung jenis serangan yang dihadapi tumbuhan semangka.


Panen Semangka


Buah kaya air berwarna merah ini niscaya sudah tidak ajaib lagi Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag
Tanaman semangka yang sudah tumbuh tinggi sebaiknya dipindahkan pada wadah yang lebih besar dan diberi penyangga sebagai pendukung tumbuhnya yang merambat.

Panen yaitu tahap terakhir dari proses menanam semangka. Ada baiknya bila panen dilakukan pada pagi hari ketika kondisi tumbuhan masih segar. Caranya, potong tangkai buah dengan pisau atau gunting potong dan sisakan tangkai kurang lebih 3-5 cm dari pangkal buah. Selanjutnya tempatkan buah semangka ditempat sejuk, usahakan tidak ditumpuk. Waktu panen sendiri ditemui perbedaan kriteria antar petani kawasan satu dengan kawasan lain. Hal tersebut alasannya yaitu petani menyesuaikan undangan pasar. Namun pada umumnya semangka sanggup dipanen sesudah 2-3 bulan tanam. Buah semangka yang siap panen mempunyai ciri-ciri buah membesar, warna mengkilap, tangkai daun sudah mulai layu, serta buah berbunyi berat ketika ditepuk.


Demikian ulasan singkat mengenai cara menanam semangka dalam media pot atau polybag. Anda sanggup melaksanakan penanaman untuk kebutuhan sendiri bahkan bila memungkinkan untuk skala produksi. Sehingga sanggup menambah penghasilan Anda.


Anda juga sanggup membeli benih semangka disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Semangka Dalam Pot Atau Polybag"

Posting Komentar