Cara Menanam Mangga Cangkokan Dalam Pot

Buah mangga merupakan jenis buah yang mengandung gizi sangat tinggi dan memiliki rasa yang enak. Pasti akan sangat menyenangkan bila memiliki pohon mangga sendiri di rumah. Tetapi bila Anda tidak memiliki lahan yang luas, Anda tak perlu khawatir, Anda sanggup menanam pohon mangga di dalam pot. Saat ini teknik menanam pohon mangga di dalam pot sedang banyak dikembangkan. Biasanya dengan memakai teknik cangkok dan stek. Sebelumnya telah diberikan ulasan perihal cara menanam pohon mangga dari biji. Namun supaya pohon mangga tidak tumbuh terlalu besar, Anda sanggup mencoba menanamnya dari mangga cangkokan. Untuk sanggup menghasilkan buah mangga yang bagus, Anda harus melaksanakan beberapa tahapan menyerupai pemilihan bibit, penanaman, perawatan, pemupukan dan lain sebagainya. Penasaran bagaimana tahap-tahapnya? Yuk intip ulasan di bawah ini.


Syarat Supaya Pohon Mangga Cepat Berbuah


Pasti Anda ingin memiliki pohon yang mangga yang cepat berbuah dan berbuah banyak. Pertumbuhan tumbuhan mangga di tanah dan didalam pot tentunya berbeda. Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk menghasilkan tumbuhan mangga yang bagus. Pertama pilihlah jenis tumbuhan mangga yang sesuai dengan lokasi tempat penanamannya. Kedua pemilihan bibit buah mangga harus yang baik. Selain itu pemilihan pot dan media tanam juga harus diperhatikan. Ketiga Anda harus melaksanakan pemupukan dan perawatan dengan efektif. Syarat yang terakhir harus selalu sanggup mengendalikan hama penyakit tumbuhan mangga. Dengan begitu Anda akan menghasilkan tumbuhan mangga yang berkualitas.


Tahap Pemilihan Bibit


Tahap yang paling penting dalam menanam mangga dalam pot ialah pemilihan bibit. Disini kita tidak memakai bibit biji, tetapi memakai bibit cangkokan. Ada banyak sekali varietas mangga ketika ini. Jadi, Anda harus menentukan varietas mangga yang paling anggun dan paling gampang berbuah. Misalnya mangga arum manis, mangga manalagi dan masih banyak lainnya. Dengan memakai hasil cangkokan, tumbuhan mangga akan lebih cepat berbuah dibandingkan dari biji. Jadi, ketika ingin menanam mangga di pot, Anda harus memperhatikan dengan secama jenis varietas yang akan Anda tanam.


 merupakan jenis buah yang mengandung gizi sangat tinggi dan memiliki rasa yang lezat Cara Menanam Mangga Cangkokan Dalam Pot
Pohon mangga juga sanggup ditumbuhkan di dalam pot.

Sebenarnya hampir semua varietas mangga sanggup ditanam di dalam pot. Tetapi setiap varietas memiliki perbedaan kecepatan berbuah, produksi dan masih banyak lainnya. Oleh alasannya ialah itu, untuk menghasilkan hasil yang baik harus menentukan varietas yang tepat. Misalnya pada varietas apel, manalagi, okyong, nangklangwan, dan namdokmai. Bisa berbuah semenjak umur 2,5 tahun dan memiliki hasil buah yang banyak. Selanjutnya ada varietas gedong, arummanis, gedong gincu dan golek sanggup berbuah bila sudah berumur 3-4 tahun. Makara Anda harus mengetahui ciri-ciri dari setiap varietas buah mangga tersebut. Mana yang paling baik harus ditanam di lingkungan Anda.


Persiapan Media Tanam


Media yang baik untuk buah mangga ialah jenis tanah yang berbutir-butir, remah, gembur dan banyak unsure haranya. Selain itu media harus bebas dari banyak sekali hama penyakit. Anda sanggup memakai campuran antara tanah, arang sekam dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Perbandingan yang dipakai ialah 2:1:1. Untuk jenis pot yang dipakai juga harus diperhatikan. Tanaman mangga memiliki jenis akar yang kuat, jadi bila pot tidak berpengaruh akan membuatnya cepat pecah. Selain itu diameter dari pot juga harus Anda pertimbangkan. Untuk buah akan lebih baik bila memakai pot drum bekas yang besar. ini akan menciptakan pertumbuhan tumbuhan menjadi lebih maksimal. Bisa juga dengan jenis pot plastik biasa.


Jangan lupa untuk memberi lubang sebagai jalan keluar air. Untuk ukuran pot harus diadaptasi dengan tinggi tumbuhan buah mangganya. Misalkan tinggi tumbuhan mangganya 1,5 meter, Anda sanggup memakai pot yang berdiameter 60 meter. Pada bab bawah pot diberi bata atau sangahan. Jangan hingga pot melekat pribadi pada tanah. Hal ini dikarenakan akar sanggup menerobos ke bawah dan masuk ke dalam tanah. Ini akan menciptakan pertumbuhannya menjadi terhambat dan sulit untuk dipindahkan. Pemilihan media tanam dan pot ini memang dihentikan dipandang sebelah mata. Harus diperhatikan dengan secama.


Tahap Penanaman Bibit Mangga


 merupakan jenis buah yang mengandung gizi sangat tinggi dan memiliki rasa yang lezat Cara Menanam Mangga Cangkokan Dalam Pot


Tahapan selanjutnya ialah tahap penanaman bibit mangga. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah isi dasar pot dengan memakai cuilan genting atau serutan gergaji. Paling tidak hingga setebal 5 hingga 10 cm. Hal ini dilakukan untuk melancarkan proses pedoman udara dan drainase. Selanjutnya masukan media tanah yang sudah Anda buat tadi hingga memenuhi separuh pot. Masukan tumbuhan mangga cangkokan ke dalam pot. Jangan lupa plastik polybagnya di buang terlebih dahulu. Posisi tumbuhan harus berada di tengah-tengah. Setelah itu sisanya ditutupi dengan media tanah lagi hingga memenuhi seluruh pot. Bagian yang dicangkok harus sedikit menonjol ke atas. Tahap terakhir siram dengan air. Waktu penanaman yang baik pada pagi hari atau sore hari.


Tahap Pemeliharaan Buah Mangga


Jika sudah ditanam, Anda harus tetap memelihara tumbuhan buah mangga tersebut. Supaya tetap tumbuh dengan baik. Ada beberapa tahapan pemeliharaan yang harus Anda lakukan. Pertama tahap penyiraman, pemangkasan, pemupukan, perangsangan, pembuahan dan pengendalian hama. Mari kita bahas satu persatu semua tahapan tersebut.


Penyiraman


Ketika Anda menanam pohon mangga harus disiram dengan baik. Terutama di awal-awal masa penanaman. Anda harus menyiram dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Jangan menyiram tumbuhan pada siang hari. Jumlah airnya tidak usah terlalu banyak alasannya ialah pohon mangga tidak membutuhkan suplai air terlalu banyak. Apalagi bila demam isu hujan, Anda tidak perlu untuk melaksanakan penyiraman.


Pemupukan


 merupakan jenis buah yang mengandung gizi sangat tinggi dan memiliki rasa yang lezat Cara Menanam Mangga Cangkokan Dalam Pot


Tahapan selanjutnya ialah pemupukan. Ini merupakan tahapan yang sangat penting untuk hasil panen buah mangga nantinya. Anda sanggup memakai pupuk organic atau pupuk anorganik. Tetapi akan lebih baik, bila memakai pupuk organic alasannya ialah lebih anggun untuk kesehatan badan Anda. Untuk pupuk organic Anda sanggup memakai pupuk kompos atau pupuk kandang. Pembiarannya sanggup beberapa kali saja dengan takaran tertentu. Misalnya pada umur 3 bulan 6 bulan dan 1 tahun. Anda sanggup menaburkan di sekitar area pohon mangga.


Pemangkasan Dan Perangsangan Pembuahan


Pemangkasan ialah membuang beberapa ranting dan daun, supaya buah mangga lebih cepat berbuah. Jika pohon mangga terlalu banyak daun dan ranting akan menciptakan pertumbuhannya tidak maksimal. Untuk perangsangan pembuahan, Anda sanggup memperlihatkan obat perangsang tanaman. Berikan secara secukupnya saja, hanya untuk merangsang pohon mangga cepat berbunga.


Pembasmian Hama


Tanaman mangga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang gampang terjangkit hama dan penyakit. Misalnya lalat, kutu, ulat, infeksi dan masih banyak lainnya. bila tumbuhan mangga Anda terdapat hama tersebut. Segeralah dilakukan pembasmian dengan menyemprot insektisida. Penyemprotan insektesida hanya dilakukan bila memang diperlukan. Jika tidak ada hama penyakit tak perlu melaksanakan penyemprotan.


Tahap Pemanenan


 merupakan jenis buah yang mengandung gizi sangat tinggi dan memiliki rasa yang lezat Cara Menanam Mangga Cangkokan Dalam Pot
Bibit mangga hasil cangkokan sanggup menghasilkan pohon mangga yang tidak terlalu tinggi dan cepat berbuah. Sangat ideal ditanam dalam pot alasannya ialah pohonnya yang rendah dan sudah berbuah sanggup dipanen dengan mudah.

Mangga yang dicangkok sanggup berbuah ketika sudah berumur 4 tahun. Biasanya pemanenan pertama hanya 10 hingga 14 buah saja. Tetapi bila pohon mangga sudah berumur 10 tahun sanggup memiliki jumlah buah yang lebih banyak. Bahkan sanggup mencapai 500 buah per pohonnya. Buah mangga sering panen pada bulan September atau Oktober. Ciri buah mangga yang sudah sanggup dipanen ialah yang warnanya sudah berubah lebih tua, kalau dipegang agak empuk dan masih banyak lainnya.


Waktu pemanenan yang baik ialah pada sore hari. Potong buah mangga dengan hati-hati. Jangan hingga terpotong atau merusak bab tumbuhan lainnya. itulah beberapa cara yang sanggup Anda lakukan untuk menghasilkan tumbuhan buah mangga di dalam pot yang banyak. Perhatikan tahapannya dengan secama. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari dengan baik. Sekian artikel kali ini, semoga sanggup memperlihatkan informasi yang bermanfaat buat Anda.


Di bibitbunga.com juga ersedia aneka bibit mangga yang sanggup Anda tanam sendiri di rumah. Silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Mangga Cangkokan Dalam Pot"

Posting Komentar