Sejarah Menjadi Indonesia (14): Sejarah Hoax, Hoaks Indonesia; Dari Kala Kolonial Tempo Dulu Sampai Merdeka Masa Kini
*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disin
Akhir-akhir ini, di era ‘medsos’ zaman now teknologi komunikasi dan informasi, hoax atau hoals (kabar bohong) menjadi hal yang banyak dibicarakan tetapi mengandung potensi laten perdebatan dan bahkan perseteruan. Isu hoax di zaman now sudah bersifat global. Namun hoax bukanlah hal baru, bahkan sudah menjadi sikap kuno, tetapi di era teknologi digital zaman bow, hoax menjadi menguntungkan di satu pihak tetapi menghancurkan di pihak lain. Sebab hoax masa kini, daya gelindingnya sangat luas mulai dari ibukota sampai desa-desa terpencil dan penetrasinya juga sangat lebar mulai dari pejabat publik sampai ke orang yang bersahaja buta huruf.
Akhir-akhir ini, di era ‘medsos’ zaman now teknologi komunikasi dan informasi, hoax atau hoals (kabar bohong) menjadi hal yang banyak dibicarakan tetapi mengandung potensi laten perdebatan dan bahkan perseteruan. Isu hoax di zaman now sudah bersifat global. Namun hoax bukanlah hal baru, bahkan sudah menjadi sikap kuno, tetapi di era teknologi digital zaman bow, hoax menjadi menguntungkan di satu pihak tetapi menghancurkan di pihak lain. Sebab hoax masa kini, daya gelindingnya sangat luas mulai dari ibukota sampai desa-desa terpencil dan penetrasinya juga sangat lebar mulai dari pejabat publik sampai ke orang yang bersahaja buta huruf.
Kamus Belanda, 1863 |
Lantas bagaimana hoax disikapi oleh semua penduduk Indonesia yang semakin metropolitan. Itu satu hal. Hal lain yang juga penting diperhatikan ialah bagaimana hoax tempo doeloe di Indonesia telah bertransformasi sedemikian rupa menjadi hoax jenis gres yang angker seluruh ummat, Lalu bagaimana perbedaan hoax pada masa doeloe zaman old dengan hoax pada masa kini zaman now. Hoaks pada tempo doeloe era kolonial Belanda cenderung searah antara orang Belanda/Eropa dengan pribumi, antara penjajah dengan penduduk yang terjajah. Tentu saja ada hoaks dari para oknum zending.
Seperti kita lihat nanti, hoaks era kolonial bertransformasi menjadi hoaks Indonesia masa kini yang sanggup dibedakan ke dalam dua kategori. Pertama, hoaks bersifat fitnah (kabar bohong) yang sanggup dituntut ke pengadilan. Kedua, hoaks bersifat penyamaran (mengelabui) yang hanya bersifat politik dan etik tanpa ada konsekuensi hukum. Hoaks bersifat politik dan etik contohnya dalam pengaburan sejarah: satu sisi membesar-besarkan satu hal dan sisi lain mengerdilkan hal lain. Dalam korelasi ini banyak data sejarah dipalsukan, termasuk dalam hal ini sejarah tokoh nasional yang sudah ditetapkan sebagai satria nasional. Sejarawan atau mahir sejarah juga tidak sepenuhnya bebas dari hoaks. Untuk melawan hoaks Indonesia hanya dengan mengatakan bukti-bukti otentik sejarah (menganulir data palsu). Era digital yang sekarang, dimana semua data dan isu sejarah yang bersumber dari surat kabar dan buku (dalam bentuk electronic data) mulai terbuka dan sanggup diakses, maka hoaks dalam sejarah Indonesia yang bertebaran selama ini akan terkoreksi dengan sendirinya dengan munculnya tulisan-tulisan terbaru dan kredibel.
Kata hoax ialah sebuah kata yang sudah tua. Meski kata hoax berasal dari Inggris, tetapi penggunaannya di Belanda sudah usang ada. Paling tidak sudah dipakai Adriaen Cornelisz van Haemstede pada tahun 1657 dalam bukunya berjudul ‘Historie der martelaren, die om het getuygenisse der Euangelischer waerheydt haer bloedt..’ Dua era kemudian di dalam kamus Belanda, Algemeene kunstwoordentolk (1863), kata hoax tetap dinyatakan sebagai kata yang berasal dari Inggris. Namun demikian, kata hoax jarang digunakan, atau paling tidak jarang muncul di dalam buku atau surat kabar Belanda. Buku atau surat kabar Belanda yang memakai kata hoax selalu dikaitkan dengan hal yang terjadi di Inggris. Singkat kata, kata hoax jarang dipakai dalam pembicaraan konteks Belanda.
Padanan kata hoax dalam kamus Belanda ialah beursleugen (kebohongan). Tapi kebohongan (kebohongan) bagi orang Belanda ialah hal serius. Sedangkan kata hoax di dalam pembicaraan orang Inggris ialah tipuan, suatu tipuan yang dibedakan dengan kebohongan (beursleugen). Oleh alasannya ialah itu, hoax dalam konteks Inggris ialah suatu yang tidak serius. Bagi orang Inggris, hoax sanggup diartikan sebagai sulap menyerupai judul buku The Magnificient Hoax (by by E. Phillips Oppenheim). Kata hoax dalam konteks Inggris intinya sebuah tipu muslihat, Suatu terminologi yang dipakai dalam keseharian, menyerupai penyamaran juga dalam medan perang (sebagai suatu seni administrasi mangalahkan memperdayai musuh). Singkatnya, hoax dalam konteks Inggris tidak ada konsekuensinya, menyerupai main sulap (menghibur), menyamar (mengalihkan perhatian) atau mengelabui lawan (dalam perang). Sementara kebohongan dalam konteks Belanda suatu hal yang mempunyai konsekuensi (fitnah, tidak jujur). Seperti halnya bagi orang Inggris, bagi orang Belanda hoax juga diartikan sebagai tipuan (seperti dalam sulap). Tipuan dalam konteks Belanda ada kata bakunya sendiri, yang diartikan sebagai hal yang serius (punya konsekuensi)..
Di Hindia (baca: Indonesia), penggunaan kata hoax dalam surat kabar atau teks Belanda, tidak pernah ditemukan, setidak-tidaknya sangat jarang muncul, baik surat kabar atau teks yang terbit di era VOC maupun pada era Pemrintah Hindia Belanda. Padahal orang Belanda di Hindia sudah ratusan tahun. Sebaliknya, kata hoax sangat kerap muncul dalam surat kabar Inggris di era pendudukan Inggris yang sangat singkat (1811-1815).
0 Response to "Sejarah Menjadi Indonesia (14): Sejarah Hoax, Hoaks Indonesia; Dari Kala Kolonial Tempo Dulu Sampai Merdeka Masa Kini"
Posting Komentar