Angka Korelasi : Pengertian, Lambang, Besar, Tanda & Sifatnya


Pengertian
Angka korelasi sering disebut dengan angka indeks hubungan (coefficient of correlation). Angka indeks hubungan sendiri diartikan sebagai suatu angka yang sanggup dijadikan petunjuk untuk mengetahui seberapa besar kekuatan hubungan di antara variabel yang sedang diselidiki korelasinya.

Lambang
Lambang angka korelasi/angka indeks korelasi ada 3 macam antaranya :
rxy sebagai lambang koefisien hubungan pada teknik hubungan Product Moment,  (Rho) sebagai lambang koefisien hubungan pada teknik hubungan tata jenjang dan  (Phi) sebagai lambang koefisien hubungan pada teknik hubungan Phi C .

Besar  dan Tandanya
Angka hubungan besarnya antara 0 hingga plus minus 1. Nol ialah angka hubungan terendah dan 1 ialah angka hubungan tertinggi. Jika dalam perhitungan diperoleh besar angka hubungan lebih besar dari plus minus 1 maka hasil perhitungannya salah. Dalam hubungan antara X dan Y kita juga mengenal tanda positif/plus artinya korelasinya nyata / hubungan searah. Sedangkan kalau angka hubungan bertanda negatif/minus artinya korelasinya negatif / hubungan berlawanan arah.

Sifat
Angka korelasi yang diperoleh dari proses perhitungan sifatnya relatif,  yaitu angka yang fungsinya melambangkan indeks hubungan antara variabel yang dicari korelasinya. Sebagai contoh, misalkan angka hubungan antara X dan Y = 0,75, sedangkan angka hubungan antara Y dan Z = 0,25. Disini tidak sanggup kita menuliskan bahwa angka hubungan antara X dan Y = 3 kali angka hubungan antara Y dan Z. 

Sumber : Pengantar Statistik Pendidikan karya Prof. Drs. Anas Sudijono.

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Angka Korelasi : Pengertian, Lambang, Besar, Tanda & Sifatnya"

Posting Komentar