Kenalilah Bagian- Bab Dari Ac (Air Conditioning) Anda

Dear Sahabat BT, masih perihal pembahasan AC (Air Conditioning). Ada ungkapan umum yang sudah sangat populer 'Tak Kenal Maka Tak Sayang". Nah, postingan kali ini, OM BT ingin memperkenalkan bagian-bagian dari AC (Air Conditioning)

Berikut ini bagian-bagian dari AC (Air Conditioning) :

Kompresor

Merupakan bab yang paling penting dari mesin pendingin, kompresor menekan materi pendingin kesemua bab dri system. Pada system refrigerasi kompresor bekerja menciptakan perbedaan tekanan pada masing – masing bagian. Karena dengan adanya perbedaan antara sisi tekanan tinggi dan tekanan rendah, maka materi pendingin cair sanggup melalui alat pengatur anutan ke evaporator.

Fungsi kompresor sendiri yaitu menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi gas yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi. 


Kondensor

Kondensor yaitu alat untuk menciptakan kondensasibahan pendingin gas dari kompresor dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi. Untuk penempatanya sendiri, kondensor ditempatkan diluar ruangan yang sedang didinginkan, biar sanggup membuang panasnya keluar. Kondensor merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai pengembunan. Refrigerant yang yang dipompakan dari kompresor akan mengalami penitikberatan sehingga mengalir ke pipa kondensor, kemudian mengalami pengembunan. Dari sini refrigerant yang sudah mengembun dan menjadi zat cair akan mengalir menuju pipa evaporator. 

Evaporator

Evaporator merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai penguapan. Zat cair yang berasal dari pipa kondensor masuk ke evaporator kemudian berubah wujud menjadi gas hambar alasannya yaitu mengalami penguapan. Selanjutnya udara tersebut bisa menyerap kondisi yang ada dalam ruangan mesin pendingin. Selanjutnya gas yang ada dalam evaporator akan mengalir menuju kompresor alasannya yaitu terkena tenaga hisapan. 

Pengering 

Pengering terdiri dari sebuah silinder yang beriai desikan. Desikan tersebut dibungkus dengan maksud untuk mempermudah ketika penggantiannya. Fungsilain dari pembungkus desikan tersebut biar serbuk desikan yang halus tidak keluar dari pengering dan ikut larut bersama refrigerant. Sedangkan pengering sendiri berfungsi untuk menghilangkan uap air dari refrigerant. 

Pipa kapiler atau Ekspansi 

Pipa kapiler yaitu suatu pipa pada mesin pendinginyang memiliki diameterpaling kecil jikalau dibandingkan dengan pipa – pipa yang lainya. Pipa kapiler ini biasanya berukauran diameter 0,8 – 2,0 mm dengan panjang kurang lebih 1 meter. Permasalahan yang sering timbul pada pipa kapiler ini yaitu alasannya yaitu kebocoran atau tersumbat. Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekananan mengatur cairan refrigerant yang mengalir di pipa kapiler. Sebelum gas mengalir ke pipa kapiler harus melalui alat yang disebut dried stainer atau saringan. Ekspansi berfungsi sama menyerupai pipa kapiler. Ekspansi disini sebagai pengontrol refrigerant yang mengalir dari pipa ke pipa lainya.  

Demikian, postingan kami tentang Kenalilah Bagian- Bagian dari AC (Air Conditoning) Anda, semoga bermanfaat ![BT].

Sumber : Istimewa

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kenalilah Bagian- Bab Dari Ac (Air Conditioning) Anda"

Posting Komentar