Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikaan Dikala Membaca Peta

Membaca Peta Sebagaimana kita ketahui peta yakni citra permukaan bumi yang disajikan sebagai media informasi. Kita niscaya setuju bawah peta akan memperlihatkan gosip apabila kita sanggup membacanya. Untuk membaca peta, terlebih dahulu kita mesti tahu komponen peta. Karena dari mempelajari komponen peta kita sanggup memahami dengan baik simbol dan gosip pada peta. Nah, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan sebuah klarifikasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membaca peta. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Sebagaimana kita ketahui peta yakni citra permukaan bumi yang disajikan sebagai media Hal-hal yang Perlu Diperhatikaan Ketika Membaca Peta

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca peta, antara lain yakni sebagai berikut.

1. Perhatikan Judul Peta
Untuk mengetahui isi peta, kita harus tahu terlebih dahulu judul peta itu sendiri. Judul peta memperlihatkan isi dan karekteristik peta yang digambar. Dengan adanya judul, maka pembaca akan mengetahui isi peta tersebut.

2. Perhatikan Skala Peta
Dari skala, kita sanggup mengetahui jarak bergotong-royong antar satu lokasi dengan lainnya dari membaca peta. Skala peta memperlihatkan perbandingan jarak, antara jarak di peta dengan jarak bergotong-royong di lapangan. Misalnya, peta berskala 1 : 100.000 artinya tiap jarak 1 cm di peta sama dengan jarak 100.000 cm di lapangan.

3. Perhatikan Garis Lintang dan Garis Bujur
Posisi lokasi kawasan yang digambar akan diketahui melalui koordinat garis lintang dan garis bujur.

4. Perhatikan Orientasi (Arah Mata Angin)
Orientasi merupakan arah penunjuk mata angin. Pada peta biasanya arah mata angin menunjuk ke utara. Dari memperhatikan orientasi peta, kita tahu arah lokasi yang digambarkan di peta tersebut.

5. Perhatikan Sumber dan Tahun Pembuatan Peta
Sumber data dan tahun pembuatan perlu dimasukkan dalam peta semoga sanggup diketahui dari mana asal datanya dan tahun pembuatannya. Kenapa kita perlu memperhatikan sumber dan tahun peta? Pemetaan suatu tempat senatiasa berubah dari tahun ketahun, hal ini disebabkan oleh pengukuran dan pembuatan peta yang semakin canggih. Untuk itu, peta dengan pembuatan tahun terbaru lebih baik dibandingkan dengan peta dengan tahun pembuatan yang sudah lama.

6. Perhatikan Simbol
Simbol merupakan tanda konvensional yang terdapat di dalam peta untuk mewakili keadaan bergotong-royong yang ada di lapangan. Untuk mengetahui makna dari simbol-simbol dalam peta, kita sanggup memakai legenda atau keterangan-keterangan mengenai simbol yang terdapat di dalam peta. Legenda biasanya terletak di sebelah kiri, kanan ataupun bawah dari peta yang digambar.


BACA JUGA:
  1. Pengertian dan Jenis-jenis Proyeksi Peta
  2. Komponen Peta

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Geografi di atas ihwal Membaca Peta, semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan sahabat sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk keamjuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikaan Dikala Membaca Peta"

Posting Komentar