Cara Menciptakan Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang Yang Mudah

Setelah mengetahui cara menciptakan pupuk organik cair dari nasi, kali ini akan dibahas perihal topik serupa namun memakai materi yang tak sama, yaitu memanfaatkan limbah batang pisang. Memang betul hampir semua cuilan flora pisang bermanfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya yaitu batang pisang.


Batang pisang sejauh ini dimanfaatkan oleh para petani untuk menunjang proses fermentasi kotoran sapi sebagai materi dasar pupuk kandang. Selain itu, ternyata batang pisang sanggup dipakai dibidang pertanian sebagai pupuk organik cair.


Bila mana dilingkungan sekitar rumah anda terdapat aneka macam flora pisang, sebaiknya ada mengetahui cara menciptakan pupuk organik cair dari limbah batang pisang. Sebab gedebog, nama lain dari batang pisang sanggup menjadi nilai tambah serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar bila dijadikan pupuk organik cair.


Adapun manfaat batang pisang tak sanggup dilepaskan dari kandungan Nitrogen yang tinggi dan mempunyai fungsi sebagai berikut, diantranya :



  • Pembentukan vegetatif flora terutama pada cuilan batang, akar dan juga daun.

  • Bermanfaat sebagai perangsang fotosintesis untuk penghijuan daun.

  • Membentuk persenyawan organik.

  • Mampu merangsang perkembangan mikroorganisme dalam tanah.


Sebelum mengetahui proses demi prosesnya ada baiknya mengetahui cara menciptakan pupuk organik cair dari rendaman sabut kelapa, dan cara menciptakan pupuk organik cair dari sampah organik agar wawasan anda perihal ilmu budidaya semakin bertambah.


Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Limbah Batang Pisang


Umumnya pohon pisang yang sudah berbuah dan pisangnya matang akan dipanen dan biasanya pohonya pribadi ditebang. Tak jaran, batangnya pun dibiarkan terbengkalai sampai membusuk kemudian terurai menjadi kompos yang kerap kali menganggu pemandangan. Oleh alasannya itu, diharapkan cara menciptakan pupuk organik cair dari limbah batang pisang.


Cara pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang pun tidak lah sulit, semudah cara menciptakan pupuk organik cair dari azola, berikut merupakan langkah-langkah yang harus anda lakukan, diantaranya :



  1. Menyiapkan Bahan-Bahan Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Batang Pisang


Bahan yang utama untuk menciptakan pupuk organik cair dari limbah batang pisang yaitu gedebog pisang itu sendiri, selain itu terdapat materi aksesori untuk membantu proses selanjutnya. Adapun bahan-bahan yang diharapkan antara lain sebagai berikut :



  • 1 kg batang pisang. Gedebog pisang yang dianjurkan untuk pembuatan pupuk organik cair yaitu cuilan dalamnya berwarna putih.

  • Sediakan juga 200 gr gula pasir atau sanggup memakai gula aren.

  • Bahan selanjutnya yaitu 3 liter air tanah.



  1. Menyiapkan Alat-Alat Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Batang Pisang


Setelah menyiapkan bahan-bahan menyerupai batang pisang, gula pasir atau gula aren, dan air tanah maka anda harus menyediakan alat-alat menyerupai :



  • Alat pemotong atau pencacah contohnya pisau, parang, dan lain sebagainya.

  • Sediakan juga tong, bejana atau lainya yang sanggup ditutup.

  • Jangan lupa siapkan juga karung bekas. 








  1. Proses Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Batang Pisang


Setelah bahan-bahan dan juga alat-alat sudah siap, kini menginjak pada proses pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang. Berikut yaitu prosesnya :



  • Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencincang atau mencacah gedebog pisang.

  • Kemudian masukan kedalam karung.

  • Setelah itu, larutkan gula ke dalam tong yang sudah di isi dengan air, selanjutnya anda harus mengaduknya sampai merata.

  • Berikutnya, anda harus memasukkan cacahan batang pisang tadi ke dalam larutan air gula, pribadi saja masukkan bersamaan dengan karungnya. Bila sudah dimasukkan, tutup tong selama 10 hari.

  • Agar hasil pupuk organik cair dari limbah batang pisang menjadi maksimal serta untuk mengeluarkan uap di dalam tong yang berasal dari bahan-bahan tadi maka buka tong setiap satu kali sehari, selanjutnya tutup kembali rapat-rapat.

  • Umumnya dalam jangka waktu 7 sampai 10 hari, pupuk organik cair dari limbah batang pisang akan mengeluarkan tanda berupa amis tape pada dikala dicium. Itu menerangkan bila proses pembuatan pupuk organik cair sudah berhasil, bila mana aroma yang timbul yaitu amis comberan sanggup dipastikan pembuatan pupuk organik cair dari limbah gedebog pisang gagal dan wajib hukumnya untuk pribadi dibuang.

  • Bila mana cara pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang berhasil maka pribadi saja angkat karung yang berisi cacahan gedebog pisang tadi kemudian ambil air bekas rendaman karung tersebut. Air tersebut merupakan pupuk organik cair yang sanggup dipakai untuk menyuburkan tanaman, sedangkan cacahannya jangan dibuang alasannya sanggup difungsikan sebagai kompos.


Jika dirasa waktu 7 sampai 10 hari terlalu lama, anda sanggup melaksanakan proses penyingkatan waktu. Untuk menyingkat waktu dikala proses pembuatan pupuk organik cair dari limbah gedebog pisang, maka anda harus memakai gula sebanyak 1 kg kemudian materi lainnya tinggal mengalikannya sebanyak lima kali.


Misalnya 1 kg gula maka anda memerlukan 5 kg batang pisang kemudian 15 iter air sumur maupun air tanah. 








  1. Cara Pemakaian Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang


Setelah proses pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang selesai, maka anda sudah sanggup menggunakannya pada flora dengan langkah-langkah sebagai berikut :



  • Campurkan pupuk organik tadi dengan air sumur atau air tanah. Gunakan perbandingan 1 : 15, bila diartikan yaitu satu cuilan pupuk cair organik dari limbah batang pisang dicampur dengan 15 cuilan air tanah atau air sumur yang akan digunakan.

  • Agar sanggup membantu tanaman, gunakan pupuk organik cair tersebut dua kali seminggu, dengan cara pribadi disiramkan pada cuilan tanah disekeliling flora budidaya anda.


Bila anda selama ini hanya menebang pohon pisang sehabis berbuah, sehabis membaca usalan ini diharapkan anda sanggup menciptakan pupuk organik cair dari gedebog pisang sendiri, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.


Jika anda belum berhasil menciptakan pupuk organik cair, disarankan untuk tidak mengalah atau bahkan frustasi, alasannya tidak ada keberhasilan yang dilewati tanpa adanya sebuah percobaan yang belum berhasil. Perlu diingat, kegagalan merupakan kesuksesan tertunda, maka itu anda perlu mencoba serta selalu bereksperimen sampai pupuk organik cair sanggup didapatkan.


Bukan itu saja, bagi anda yang mempunyai hobi berkebun serta mempunyai banyak flora pisang disekitar rumah, cara pembuatan pupuk organik cair dari limbah batang pisang merupakan solusi terbaik. Sebab anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menciptakan flora budidaya anda lebih subur. Selain itu pembuatannya pun tak membutuhkan modal serta merepotkan anda lantaran langkah-langkanya yang sudah disebutkan tadi sangat gampang semudah cara menciptakan pupuk organik cair dari buah maja.


Setelah mengetahui proses pembuatan pupuk organik cair dan pemakiannya ada baiknya mengetahui cara budidaya ikan lele dari telur, cara budidaya labu madu F1, cara budidaya belalang konsumsi, cara menciptakan pupuk organik cari dari rumen sapi, cara menciptakan pupuk organik cair dari tetes tebu serta cara budidaya lalat tentara hitam. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang Yang Mudah"

Posting Komentar