Cara Stek Dan Memperbanyak Wijaya Kusuma

Di kalangan pecinta bunga, wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) sudah sangat termasyhur namanya sebagai Sang Ratu Malam. Bunga ini memang seakan menjadi penguasa malam alasannya yakni hanya mekar pada malam hari saja dan diikuti aroma semerbak yang menjalar kemana-mana. Momem mekarnya sangat dinanti-nantikan alasannya yakni menjadi momen langka yang tidak sanggup dilihat setiap hari ibarat ketika ketika bunga-bunga lainnya bermekaran di pagi atau siang hari. Wijaya kusuma memiliki bunga yang besar, berwarna putih gading, terlihat sangat eksotis. Daunnya ibarat tanaman kaktus, alasannya yakni memang masih berkerabat bersahabat dengan tumbuhan gurun tersebut. Berwarna hijau, bentuknya pipih, keras, dan di tepinya terdapat lekukan-lekukan kecil.


 sudah sangat termasyhur namanya sebagai Sang Ratu Malam Cara Stek dan Memperbanyak Wijaya Kusuma
Bunga wijaya kusuma putih.

Wijaya kusuma mekar di malam hari sama sekali tidak ada campur tangan kekuatan mistik sebagaimana yang banyak diperbincangkan orang-orang. Harus diketahui bahwa secara ilmiah, bunga wijaya kusuma memiliki pergerakan skototropisme. Gerak skototropisme yakni gerakan tumbuhan yang menjauhi cahaya. Kaprikornus ketika matahari bersinar, bunga ini akan cenderung menjauh atau tidak mengeluarkan reaksi apa-apa, dan ketika cahaya mulai menghilang, barulah ia beraktifitas, ibarat berfotosintesis dan bermekaran. Proses fotosintesisnya pun berbeda dengan tumbuhan lain pada umumnya yang membutuhkan cahaya matahari. Wijaya kusuma hanya memerlukan karbondioksida tanpa cahaya yang dikenal dengan istilah reaksi gelap. Sebelumnya hal ini sudah di bahas lebih rinci pada artikel sebelumnya wacana bunga wijaya kusuma si eksotis yang mekar malam.


Untuk memperbanyak wijaya kusuma sanggup dilakukan dengan cara stek. Bibit stek sanggup diperoleh dari toko-toko pertanian atau juga sanggup Anda buat sendiri. Caranya silahkan simak di bawah ini.



  • Yang pertama yakni Anda harus menyiapkan pisau tajam dan bersih. Bersihkan pisau dengan memakai alkohol 95 % dan tissue.

  • Kemudian, pilihlah daun yang sehat dan segar. Potong daun sebesar 5 cm dari permukaan media. Lakukan pemotongan dengan rata, jikalau tidak rata, boleh dilakukan pemotongan ulang.

  • Selanjutnya, oleskan hormon perangsang pertumbuhan akar pada permukaan daun yang telah dipotong. Diamkan 7 – 10 hari ditempat yang teduh dan terdapat sirkulasi udara. Biarkan daunnya menjadi sedikit kering dan kaku tanpa membuatnya membusuk.

  • Setelah didiamkan selama 7 – 10 hari, potongan daun tersebut sudah sanggup ditanam dalam media tanam. Media tanam yang dipakai yakni tanah, pasir, pupuk sangkar dan humus. Gunakan perbandingan 3:2:1:1. Sementara gunakan wadah berupa pot dengan diameter 10 cm. Masukkan kepingan genteng di dalam pot sebagai penahan.

  • Berikutnya, tanam potongan daun ke dalam media tanam yang telah disediakan. Tanam sedalam 5 cm semoga daunnya tidak roboh. Sisakan sedikit permukaan daunnya.


 sudah sangat termasyhur namanya sebagai Sang Ratu Malam Cara Stek dan Memperbanyak Wijaya Kusuma



  • Setelah ditanam, jangan eksklusif disiram dengan air. Biarkan saja untuk beberapa hari, contohnya 10 hari. Setelah mencapai 10 hari, barulah Anda mulai menyiramnya. Proses penyiraman sanggup dilakukan seminggu sekali. Perlu diketahui bahwa wijaya kusuma yakni tumbuhan yang tidak terlalu menyukai air. Kaprikornus tidak perlu disiram banyak-banyak. Namun ketika kemarau, Anda sanggup menaikkan frekuensi penyiramannya menjadi 2 kali sehari.

  • Selanjutnya yakni pemupukan. Pemupukan sanggup dilakukan sehabis sebulan masa tanamnya. Anda perlu memakai pupuk NPK dengan komposisi yang seimbang.

  • Kemudian lakukan penyiangan. Penyiangan termasuk upaya dalam perawatan tumbuhan Anda. Sebisa mungkin hindarkan dari pertumbuhan gulma. Cabut rumput-rumput liar yang mulai tumbuh disekitar tanaman. Berikan fungisida dan insektisida secara teratur dan pangkas daerah-daerah yang terkena penyakit.


Itulah cara memperbanyak wijaya kusuma dengan cara stek. Tentunya merupakan kepuasan tersendiri jikalau memiliki tumbuhan wijaya kusuma di pekarangan hasil tanam dari tangan Anda sendiri. Anda sanggup menikmati keindahannya ketika mekar di malam hari dan manfaatkajuga khasiatnya untuk kesehatan Anda. Artikel kami wacana khasiat bunga wijaya kusuma sanggup Anda baca di sini. Untuk melihat beberapa jenis tumbuhan wijaya kusuma, silahkan klik disini.


Semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Stek Dan Memperbanyak Wijaya Kusuma"

Posting Komentar