Sejarah Komputer Dari Awal Kemunculan Sampai Sekarang

Sejarah Komputer dari Awal Kemunculan Hingga Sekarang Sejarah Komputer dari Awal Kemunculan Hingga Sekarang

Tahukah Anda kalau berbicara mengenai sejarah komputer tentu saja dari awal kemunculan hingga kini ini niscaya sudah banyak generasi yang terlewatkan. Kali ini Anda akan diberikan informasi mengenai sejarah komputer yang wajib Anda ketahui.

Baca juga: Pengertian Komputer, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Manusia

Penamaan ENIAC Menjadi Komputer Pertama

ENIAC atau sering disebut sebagai Electronic Numerical Integrator and Calculator ialah komputer pada generasi  pertama yang seringkali dipakai untuk manusia. ENIAC ini sudah dirancang semenjak tahun 1942 oleh seorang ilmuan ternama yang berjulukan John Presper Eckert  dan temannya yang berjulukan Dr. John W. Mauchly di salah satu sekolah ternama yakni Moore School of Electrical Engineering  yang sering disebut sebagai University of Pennsylvania. ENIAC ini simpulan dibentuk pada tahun 1946.

ENIAC ini ialah komputer yang mempunyai ukuran yang besar dan mempunyai penempatan ruang yang besar yakni 500 m2. ENIAC juga sudah memakai sekitar 18.000 tabung yang hampa udara, 10.000 kapasitor, 75.000 relay dan sekitar 70.000 resistor yang membantu kinerjanya. Ketika Anda mengoperasikan ENIAC maka membutuhkan daya listrik sebesar 140 kw dengan ruangan 167 m2 yang mempunyai berat sekitar 30 ton.

Dalam ENIAC juga dikenal dengan mesin Von Neumann yang merupakan mesin dengan gagasan sebagai stored-program concept yang merupakan sebuah konsep untuk mempermudah proses jadwal sehingga sanggup dijadikan sebagai penyimpanan dalam memori. ENIAC ini memakai teknologi tabung vakum yang dipakai oleh angkatan darat Amerika.

Komputer Komersial  Generasi Pertama

Sekitar tahun 1950, komputer genarasi pertama mulai muncul dan didesain dengan memakai angka dan abjad serta sudah memakai pita magnetik sebagai media input dan output. Hal ini merupakan hal besar dalam dunia teknologi alasannya sudah ada komputer yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan Sperry dan IBM. Komputer yang diberi nama UNIVAC ini sudah hadir pertama kali di Amerika dan sudah dioperasikan semenjak tahun 1963.

IBM  juga sudah memproduksi IBM 605 dan IBM 701 semenjak tahun 1953 dan sudah berorientasi dalam aplikasi bisnis sehingga komputer generasi pertama eksis hingga tahun 1959. Dan IBM kembali menggantikannya dengan IBM 701 lalu  memantapkan untuk terus mengolah dan mengganti komputer dengan yang baru.

Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Kehadiran komputer generasi kedua ini tentu saja mempunyai ciri-ciri yang sudah memakai teknologi sirkuit, sudah menggantikan tabung vakum sebelumnya menjadi transistor dan diode. Selain itu sudah memakai bahasa pemrograman yang tinggi menyerupai COBOL, dan Fortran. Sistem operasinya juga sudah jauh lebih cepat dan jutaan per detik kecepatan operasinya. Berbicara mengenai kapasitas memori utamanya tentu saja sudah dikembangkan menjadi Magnetic core storage.

Ukurannya juga sudah lebih kecil dibandingkan dengan generasi pertama, selain itu prosesnya juga sudah real time serta real sharing. Anda sanggup memakai komputer generasi kedua dengan daya listrik yang jauh lebih kecil dibandingkan generasi pertama. Aplikasi juga sudah kepada teknik dan bukan kepada aplikasi bisnis lagi.

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Di dalam komputer generasi ketiga ini tentu saja disebut sebagai IC (Integrated Circuit). Komponen ini sudah bersifat hybrid dan monolithyc. SLT juga sudah memakai diode dan transistor yang sudah terpisah dalam satu tempat. Sedangkan MST lebih kecil akan tetapi mempunyai kemampuan yang sangat besar dibandingkan dengan SLT. IC ini sanggup dipakai dengan baik alasannya sudah memakai miliaran transistor.

Ciri dari generasi ketiga ini ialah sudah memakai IC dan sistem operasi komputer juga lebih cepat. Hampir 10.000 kali lebih cepat dibandingkan dengan yang pertama. Selain itu mempunyai harga yang murah, daya listrik yang diharapkan juga sangat hemat, mempunyai terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara, sudah memakai penyimpanan external hardisk yang bersifat acak.

Selain itu sudah mengalami peningkatan dari segi softwarenya, dan mempunyai kapasitas memori yang jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya.  Selain itu sudah bisa melaksanakan banyak sekali komunikasi dengan komputer lainnya sehingga akan lebih multitasking dan multiprocessing. Contohnya ialah IBM 360 dan UNIVAC 9000.

Komputer Generasi Keempat (1970-1980-an)

Komputer terbaru generasi keempat tentu saja lebih anggun dan lebih cepat dari generasi ketiga. Bedanya ialah lebih tersistem dan sangat sempurna. Di generasi keempat ini sudah ada LSI (Large Scale Integration) yang merupakan padatan dari IC dan sudah dijadikan sebagai sebuah kepingan. Lalu ditambah dengan penggunaan mikroprosesor yang sudah memakai chip yang canggih.

Di generasi keempat ini salah satu perusahaan Intel sudah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang memakai chip dengan 230 transistor dan sudah berjalan pada 108 KHz. Intel juga sudah memperkenalkan banyak sekali proses mulai dari 8 bit dalam jangka waktu satu kali. Sudah ada processor yang gres yakni 4004 dan 8008 di generasi keempat ini.

Contoh dari komputer genarasi keempat ialah Apple I dan Apple II, IBM 370, dan PDP-11. Komputer ini sudah memakai sistem operasi yang canggih dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic.  Pada generasi ke eempat ini masih belum ada standarisasi bagi sebuah komputer atau PC alasannya masih PC compatible.

Komputer Generasi V (1980-an-sekarang)

Komputer kali ini sudah menempatkan diri di generasi kelima yang merupakan sebuah PC dengan standarisasi yang anggun dan sudah populer dengan sebutan IBM-PC. Processornya sudah memakai 8088/8086 dan sudah menjadi standar komputer kini ini. IBM juga sudah berhubungan dengan Microsoft untuk terus menyebarkan softwarenya.

Dalam perkembangan selanjutnya komputer niscaya akan terus berkembang dan mempunyai teknologi gres lagi. Sehingga kini ini sudah banyak sekali komputer yang di kembangkan oleh Intel dan Microsoft, yang dipegang oleh Bill Gates, pemilik perusahaan software dunia. Dalam generasi kelima ini tentu saja Anda sudah bisa berinteraksi dengan komputer dan sudah hemat energi sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam memakai komputer di rumah.

Contoh dari komputer yang ada di dalam generasi kelima ini ialah chip 286 dengan kemampuan transistor 134.000 dan kini sudah mencapai 1,2 juta transistor. Lalu pada tahun 1993 sudah hadir prosesor 586 yang disebut sebagai pentium 1 dan mempunyai 3,1 juta transistor. Selanjutnya ada generasi pentium 2,3, dan 4.

Generasi kelima ini mempunyai ciri-ciri yang lebih meningkat lagi kecepatan susukan datanya dan tampilannya juga lebih anggun dengan kualitas resolusi yang lebih jernih. Fungsi komputer di generasi kelima ini sudah sangat cerdas dan mempunyai ukuran fisik yang jauh lebih kecil serta sederhana dengan kemampuan yang semakin canggih.

Komputer Generasi Keenam (Masa Depan)

Komputer generasi keenam tentu saja sanggup dipastikan akan menunjukkan sejarah komputer yang baru. Karena dikala ini sudah banyak beberapa ilmuan komputer yang sudah membuat biochip yang dibentuk dengan memakai materi protein sintetis. Nantinya akan dibentuk menyerupai tiruan insan dan dikala ini masih tahap penelitian.

Komputer masa depan ini digadangkan akan menyerupai insan dan sifatnya menyerupai tingkah laris manusia. Sehingga komputer ini mempunyai kecerdasan yang luar biasa dan bisa meramalkan sebuah bencana yang belum terjadi. Pastinya generasi komputer masa depan akan sangat menakjubkan dan bisa pribadi berkomunikasi dengan insan dan lebih kecil lagi.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sejarah Komputer Dari Awal Kemunculan Sampai Sekarang"

Posting Komentar