√ Tipe Forum Sosial

Tipe Tipe Lembaga Sosial - Lembaga sosial meliputi cara-cara pemenuhan kebutuhan insan dalam masyarakat yang diatur sedemikian rupa sesuai dengan orientasi nilai budaya, sehingga berlangsung secara tertib dan teratur. Mengingat begitu kompleksnya kebutuhan manusia, maka diciptakan aneka macam forum sosial yang sanggup diklasifikasikan sebagaimana pendapat Gillin dan Gillin yang dikutip oleh Soerjono Soekanto berikut ini.



1. Berdasarkan Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat
Berdasarkan sistem nilai yang diterima masyarakat, kita mengenal adanya basic institutions dan subsidiary institutions.

a. Basic institutions
yaitu forum sosial yang sangat penting untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib masyarakat. Maksudnya forum ini keberadaannya sangat fundamental dan dibutuhkan oleh masyarakat. Beberapa forum yang tergolong dalam tipe ini antara lain keluarga, sekolah, dan negara.
b. Subsidiary institutions
yaitu forum sosial yang keberadaannya oleh masyarakat dianggap kurang penting atau hanya sebagai pendukung dari forum sosial yang sifatnya lebih mendasar. Contohnya yaitu acara rekreasi.


cara pemenuhan kebutuhan insan dalam masyarakat yang diatur sedemikian rupa sesuai denga √ TIPE LEMBAGA SOSIAL


2. Berdasarkan Perkembangannya
Kita mengenal dua tipe forum sosial dilihat dari perkembangannya, yaitu crescive institutions dan enacted intitutions.

a. Crescive institutions
yaitu forum sosial yang secara tidak disengaja tumbuh dari etika istiadat masyarakat, sehingga disebut juga dengan forum yang paling primer. Misalnya forum perkawinan, agama, dan lain-lain.
b. Enacted institutions
yaitu forum sosial yang sengaja dibuat untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa forum yang termasuk dalam kategori ini antara lain pendidikan, ekonomi, keuangan, dan lain-lain. Meskipun forum ini dibuat secara sengaja, namun tetap berakar pada kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Misalnya forum keuangan ibarat bank yang sengaja dibuat untuk mengatur peredaran uang di masyarakat, serta membantu dan memperlihatkan kemudahan-kemudahan kepada anggota masyarakat dalam hal keuangan.



3. Berdasarkan Sudut Penerimaan Masyarakat
Tipe forum sosial menurut sudut penerimaan masyarakat sanggup dibedakan atas approved institutions atau social sanctioned institutions dan unsanctioned institutions.

a. Approved institutions atau social sanctioned institutions
yaitu forum sosial yang keberadaannya sanggup diterima oleh masyarakat alasannya dirasa mempunyai kemampuan untuk memfasilitasi kebutuhan insan secara menyeluruh. Lembaga ini mempunyai hukuman bagi setiap orang yang melaksanakan pelanggaran terhadap aturan-aturan dalam forum tersebut. Beberapa forum yang sanggup digolongkan ke dalam tipe ini yaitu sekolah, agama, dan perdagangan.
b. Unsanctioned institutions
yaitu forum sosial yang keberadaannya dihindari, bahkan ditolak oleh masyarakat, meskipun masyarakat sendiri sebetulnya tidak bisa untuk memberantasnya. Misalnya kelompok perampok, penjodi, pemeras, dan lain-lain.



4. Berdasarkan Penyebarannya
Berdasarkan penyebarannya, kita bisa mengetahui tipe forum sosial terdiri atas general institutions dan restricted institutions.

a. General institutions
 adalah forum sosial yang keberadaannya dikenal oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Misalnya agama dan hak-hak asasi insan (HAM).
b. Restricted institutions
yaitu forum sosial yang keberadaannya hanya dikenal oleh sebagian masyarakat tertentu dan tentu saja yang berkepentingan, berkaitan dengan kebutuhannya. Misalnya agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.



5. Berdasarkan Fungsinya
Dilihat dari fungsinya, tipe forum sosial dibedakan atas operative institutions dan regulative institutions.

a. Operative institutions
yaitu forum sosial yang berfungsi untuk menghimpun pola-pola atau cara-cara yang diharapkan untuk mencapai tujuan tertentu dari forum yang bersangkutan. Contohnya forum pertanian, forum perdagangan, forum perikanan, dan lain-lain.
b. Regulative institutions
yaitu forum sosial yang berfungsi untuk mengawasi etika istiadat atau tata kelakuan yang ada dalam masyarakat. Misalnya kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan.

Lebih lanjut Koentjaraningrat membedakan tipe forum sosial menurut deskripsi tujuh cultural universals dari C. Kluckhohn, yaitu sebagai berikut.

1. Kinship atau Domestic Institutions
Tipe forum sosial ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kekerabatan kekerabatan. Misalnya forum perkawinan.
2. Economic Institutions
Lembaga sosial ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan akan mata pencaharian hidup. Misalnya industri, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain.
3. Educational Institutions
Educational institutions yaitu forum sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan akan penerangan atau pendidikan. Misalnya sekolah, universitas, forum pendidikan dan keterampilan, serta aneka macam forum penyuluhan, ibarat pertanian.
4. Esthetic and Recreational Institutions
Lembaga sosial tipe ini intinya dibuat untuk memenuhi kebutuhan insan dalam menyatakan rasa keindahan. Misalnya seni tari, seni lukis, seni pahat, dan seni vokal.
5. Scientific Institutions
Scientific institutions merupakan forum sosial yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah insan dalam menyelami alam semesta. Misalnya forum penelitian.
6. Religious Institutions
Lembaga sosial tipe ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan dalam melaksanakan kekerabatan dengan Tuhan. Misalnya aneka macam daerah ibadah, ibarat masjid, gereja, pura, wihara, dan klenteng.
7. Political Institutions
Lembaga sosial ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan insan dalam mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara. Misalnya partai politik.
8. Somatic Institutions
Somatic institutions yaitu forum sosial yang dibuat untuk tujuan pemenuhan kebutuhan jasmaniah manusia. Sebagai tumpuan yaitu dibentuknya aneka macam klub olahraga, ibarat senam, bulutangkis, tenis, dan lain-lain.





Versi bahan oleh Bondet Wrahatnala


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Tipe Forum Sosial"

Posting Komentar