Mengenal Sensor Jarak (Proximity Sensor)

 Kali ini Om BT akan sharing perihal pembahasan  Mengenal Sensor Jarak (Proximity Sensor)

Hai sobat BT, bahagia bisa jumpa lagi. Kali ini Om BT akan sharing perihal pembahasan sensor jarak (proximity sensor). Om BT juga sudah membahas dasar-dasarnya dipostingan Pengertian Sensor, Transduser dan Aktuator.  Sensor jarak (proximity sensor) yaitu sensor yang bisa mendeteksi keberadaan benda-benda di sekitarnya tanpa adanya kontak fisik.

Sensor jarak sering memancarkan medan elektromagnetik atau sinar radiasi elektromagnetik (inframerah, misalnya), dan mencari perubahan di lapangan atau sinyal balik. Objek yang dirasakan sering disebut sebagai sasaran kedekatan sensor. Perbedaan sasaran kedekatan sensor menuntut sensor yang berbeda pula. Misalnya, capacitive proximity sensor atau photoelectric sensor mungkin sesuai untuk sasaran yang berbahan plastik sedangkan inductive proximity sensor selalu membutuhkan sasaran logam.

beberapa teladan sensor jarak (proximity sensor)
Jarak maksimum yang sanggup dideteksi sensor ini disebut sebagai "rentang nominal". Beberapa sensor mempunyai pembiasaan kisaran nominal untuk mendeteksi jarak yang sesuai. Sebagian orang menyebutnya dengan istilah"termosensasi".

Sensor jarak sanggup mempunyai keandalan yang tinggi dan umur fungsional yang panjang alasannya yaitu tidak adanya bab mekanis dan kurangnya kontak fisik antara sensor dan objek yang dirasakan.

Sensor jarak biasanya dipakai pada perangkat mobile yang dipakai untuk mengontrol aktif atau tidak aktifnya posisi tampilan layar (mode tidur) sebuah perangkat. Misalnya ketika kita melaksanakan panggilan dengan mendekatkan perangkat pada indera pendengaran kita, maka perangkat dengan sendirinya mematikan posisi layar sehingga jikapun layar tersentuh dengan telinga, panggilan tidak akan terganggu. 

Sensor jarak juga dipakai dalam pemantauan getaran mesin untuk mengukur variasi jarak antara poros dan alas pendukungnya. Hal ini biasa terjadi pada turbin uap besar, kompresor, dan motor yang memakai alas tipe lengan. 

Dalam project robotik, sensor merupakan salah satu komponen yang penting dalam upaya menyebarkan kemampuan robot untuk menangkap input dari luar sistem untuk memicu agresi yang dilakukan oleh robot. Salah satu sensor dasar yang semenjak project awal robotik sering dipakai yaitu sensor jarak.

contoh aplikasi sensor jarak (proximity sensor) pada lift
Pada jenis tertentu, sensor jarak (proximity sensor) biasanya dikoneksikan dengan perangkat PLC, tetapi pada keadaan tertentu juga bisa dikoneksikan pribadi dengan beberapa macam peralatan kontrol semi digital ringan ibarat Sensor Controller dan Digital Counter Relay.

Demikian sharing Om BT tentang Sensor Jarak (Proximity Sensor). Semoga bermanfaat! [bt]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Sensor Jarak (Proximity Sensor)"

Posting Komentar