Pengertian Manajemen

A. Pengertian Manajemen


Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui pengertian manajemen itu apa ? Manajemen ialah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengawasi pekerjaan anggota organisasi dan memakai semua sumber daya organisasi untuk mencapai target organisasi yang sudah ditentukan.



B. Manfaat Manajemen


Setiap hari, kita berafiliasi dengan organisasi. Ketika membayar air, kita berafiliasi dengan PAM, sebuah organisasi milik pemerintah. Ketika kita berbelanja di toko, kita berafiliasi dengan organisasi pasar. Ketika kita pergi ke sekolah, kita masuk ke dalam organisasi sekolah. Bahkan, saat kita pulang ke rumah, kita juga kembali ke organisasi rumah dengan ayah dan ibumu sebagai menajernya.


Di dunia yang penuh dengan organisasi ini, ada tiga alasan penting untuk mempelajari organisasi dan menajemen. Alasan tersebut menyangkut masa lalu, masa kini, dan masa depan. Semuanya mengambarkan imbas bahwa insan bekerja di dalam organisasi dan di bawah bimbingan manajer, akan sanggup mencapai banyak hal.


1. Hidup masa kini


Organisasi memperlihatkan donasi bagi kehidupan insan di seluruh dunia. Kita bergantung pada organisasi untuk mendapat makanan, daerah tinggal, pakaian obat-obatan, komunikasi, hiburan, pekerjaan, dan lain-lain. Tanpa organisasi PLN, misalnya. Akan sulit bagi kita unutk memenuhi kebutuhan listrik. Tanpa organisasi Palang Merah Indonesia, kita akan sulit menyalurkan derma darah.


2. Membangun Masa Depan


Dengan organisasi, insan sanggup membangun masa depan yang lebih baik. Seorang insan sanggup menciptakan produk yang lebih baik sendirian. Namun, jikalau insan melakukannya secara tolong-menolong maka jadinya akan lebih cepat dan lebih baik. Sekelompok ilmuwan yang secara tolong-menolong meneliti obat untuk kanker mungkin lebih cepat mendapat hasil daripada seorang ilmuwan yang bekerja sendirian.


3. Mengingat Masa Lalu


Organisasi membantu menghubungkan insan dengan masa lalunya. Setiap pekerjaan kita lakukan akan menambah sejarah bagi organisasi tersebut dan juga sejarah kita sendiri. Kita sanggup membantu mempertahankan tradisi organisasi itu, atau sebaliknya, kita membangun tradisi gres di organisasi tersebut. Misalnya, kita menciptakan peraturan gres di kelompok pecinta alam sekolah.


Kita seringkali mengidentifikasikan diiri kita dengan suatu organisasi, meskipun kita tak lagi menjadi anggota organisasi itu, dengan cara membanggakan asal sekolah kita, kegiatan, club yang pernah kita masuki.


C. Tingkatan Manajemen


1. Piramida Manajemen


Organisasi itu beraneka ragam tingkat kompeksitasnya. Sebuah restoran ibarat Pizza Hut, hanya terdiri dari dari seorang manajer dan satu atau dua ajun manajer. Sebaliknya, Kodak mempunyai seorang presiden diretur, beberapa wakil presiden direktur, kepala departemen, manajer dan supervisor. Semua itu ialah manajer sebab mereka semua menggabungkan insan dan banyak sekali sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi, mereka ialah menajer.


Berbagai level administrasi ini membentuk sebuah piramida. Sesuai dengan fungsinya dan kiprah manajer, administrasi sanggup kita pisahkan menjadi tiga tingkatan, yaitu:


a. Manajemen Tingkat Atas (Top Management)


Manajemen tingkat atas merupakan tingkatan tertinggi dalam piramida manajemen, terdiri dari eksekutif puncak dalam organisasi atau perusahaan. Yang termasuk ke dalam top management ialah administrator utama, presiden, wakil presiden, gubernur, walikota, rector dan sebagainya.

Manajer puncak memakai waktunya untuk menciptakan planning jangka panjang perusahaan. Mereka juga menciptakan planning besar ibarat apakah ingin membangun pabrik baru.


b. Manajemen Tingkat Menengah ( Middle Management)


Mangemen ini berada pada tingkatan tengah-tengah hierarki organisasi. Mereka bertanggungjawab atas manajer lain yang mempunyai tingkatan lebih rendah, dan adakala terhadap karyawan operasional.

Beberapa kiprah administrasi tingkat menengah yaitu:


– Menentukan berapa banyak salesman untuk beberapa wilayah

– Menentukan peralatan untuk pabrik atau perusahaan

– Menilai hasil kerja karyawan yang berada di bawah mereka

– Bertanggungjawab kepada divisi, kepala bagian, kepala seci, kepala cabang, dekan dan sebagainya.


c. Manajemen Lini Pertama ( First Line Management)


Pada tingkatan ini, mereka tidak perlu mengawasi manajer lainnya. Mereka bertanggungjawab terhadap karyawan di bawahnya dan harus mengevaluasi hasil kerja karyawan setiap harinya, bahkan setiap jam.


Itulah klarifikasi mengenai pengertian manajemen, pentingnya administrasi dan tingkatan manajemen. Semoga sanggup bermanfaat bagi sobat bangkusekolah.com.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Manajemen"

Posting Komentar