Pelapukan Fisika Dan Jenis-Jenisnya

Dear sobat BT, Om BT pernah sharing terkait dengan bahan PELAPUKAN FISIKA. Pada kesempatan ini Om BT akan kembali sharing wacana Pelapukan Fisika dan Jenis-Jenisnya. Seperti yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya bahwa pelapukan fisika sanggup terjadi lantaran adanya efek beberapa faktor dari alam. 


Kondisi ini menandakan bahwasannya pelapukan fisika sanggup terjadi lantaran adanya banyak sekali macam sebab. Secara umum, penyebab terjadinya pelapukan fisika ini yaitu lantaran perbedaan suhu udara, pembekuan air, mengkristalnya air garam, dan juga tekanan tinggi. Sebab-sebabnyapun telah kita bahas pada postingan sebelumnya pada judul Apa Itu Pelapukan Fisika dan Apa Penyebabnya ?.

Adapaun jenis-jenis pelapukan fisika antara lain :

[1] Stress Release

Jenis pelapukan fisika yang pertama dinamakan stress release. Stress release merupakan nama yang menggambarkan sebuah proses. Proses yang dimaksud yaitu batuan yang muncul ke permukaan Bumi akan melepaskan stress dan menghasilkan kekar atau retakan yang sejajar permukaan topografi. Retakan- retakan itu membagi batuan menjadi lapisan- lapisan atau lembaran (sheet) yang sejajar dengan permukaan topografi. Ketebalan dari lapisan hasil proses sheeting  ini semakin tebal menjauhi dari permukaan. Proses pelapukan ibarat ini biasanya terjadi pada batuan beku terobosan yang keberadaannya bersahabat dengan permukaan Bumi.

[2] Salt Weathering

Salt weathering merupakan insiden pertumbuhan kristal pada batuan. Pertumbuhan kristal pada batuan di kepingan pori- porinya pada kesudahannya akan menimbulkan tekanan tinggi yang sanggup menimbulkan kerusakan atau kepecahan pada batuan tersebut.

[3] Frost Action and Hydro- Fracturing

Air atau jenis larutan apapun yang tersimpan di dalam pori dan pada retakan batuan akan meningkatkan volumenya sebesar 9% saat membaku. Hal ini tentu saja akan menimbulkan tekanan yang cukup besar lengan berkuasa untuk memecahkan batuan yang ditempatinya tersebut. Proses frost action and hydro- frracturing ini tergantung pada:
  • Keberadaan pori dan retakan dalam batuan
  • Keberadaan air/ cairan di dalam pori
  • Temperatur yang turun dan naik dalam jangka waktu tertentu

[4] Insulation Weathering

Insulation weathering terjadi jawaban adanya pemanasan dan pendinginan permukaan lantaran efek matahari. Pelapukan ibarat ini akan memiliki efek besar di kawasan yang mengalami perbedaan suhu cukup besar.

[5] Alternate Wetting and Drying

Alternate wetting and drying adalah efek perembesan dan pengeringan dengan cepat.

Itulah beberapa jenis dari pelapukan fisika. Kita telah mengetahui bersama bahwasannya pelapukan fisika terdiri dari lima jenis. Dan apabila kita perhatikan bahwa jenis dari pelapukan fisika ini memiliki banyak kemiripan dengan penyebab terjadinya pelapukan fisika itu sendiri.

Itulah beberapa warta mengenai pelapukan fisika. Pelapukan fisika ini merupakan jenis pelapukan yang berbeda dengan jenis pelapukan yang lainnya. Meski sama- sama pelapukan yang terjadi pada batuan, namun penyebab masing- masing pelapukan berbeda- beda.

Demikianlah bahasan Om BT tentang Pelapukan Fisika dan Jenis-Jenisnya yang dinukil dari situs Ilmu Geografi, supaya bermanfaat!. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pelapukan Fisika Dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar