Sepasang Bilangan Yang Bersahabat



Kamu niscaya punya sahabat, dan setiap insan niscaya mempunyai seseorang yang dianggapnya penting dalam hidup, dialah sahabat. Sahabat yakni orang yang mengerti kita, paham akan kekurangan dan kelebihan kita, dan mau saling membuatkan diwaktu sempit maupun lapang. Sosok sobat ternyata tidak hanya dikenal di dunia manusia. Dunia bilangan pun mengenal sosok sahabat, setiap bilangan mempunyai sahabatnya masing-masing. Bilangan-bilangan yang saling dekat itu dikenal dengan sebutan bilangan bersahabat.

Sepasang bilangan yang dekat merupakan dua buah bilangan yang apabila semua faktor dari bilangan yang satu dijumlahkan maka jadinya bilangan yang lainnya. Bilangan A dan B dikatakan dekat kalau semua faktor dari bilangan A dijumlahkan maka jadinya yakni bilangan B.

Sebagai pola : Bilangan 220 dekat dengan bilangan 284 dikarenakan semua faktor dari 220, yaitu : 1, 2, 4, 5, 10, 11, 20, 22, 44, 55, dan 110. Jika semua faktor dari 220 tersebut dijumlahkan maka jadinya yakni 284. Dapatkah kau mencari beberapa pasang bilangan yang saling bersahabat?

Sumber :
Prabowo, Agung. 2013. Matematika Menguak Indahnya Bilangan. Klaten : Intan Pariwara.

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sepasang Bilangan Yang Bersahabat"

Posting Komentar