Fungsi Kiprok Motor Dan Cara Memperbaikinya Ketika Rusak

Sudah pada tahu belum fungsi dari kiprok motor ? Kami yakin sebagai besar pengujung otomotifo.com belum mengetahui fungsi kiprok motor. Padahal komponen ini sangat penting lantaran bertugas sebagai penstabil arus dan tegangan sebelum masuk ke aki. Alhasil kiprok sangat besar lengan berkuasa terhadap kesehatan aki motor. Apabila kiprok rusak, maka fatwa listrik yang masuk aki menjadi kurang optimal, sehingga nantinya dapat menciptakan aki motor ngedrop, soak, tekor atau bahkan mati total.




Banyak orang yang belum mengetahui fungsi kiprok motor yang sebenarnya. Alhasil banyak orang yang lebih focus pada aki ketika terjadi gangguan pada sektor kelistrikan. Padahal gangguan kelistrikan dapat disebabkan oleh kiprok motor yang rusak yang akan mengakibatkan proses pengisian arus listrik ke dalam aki tidak berjalan sebagai mana mestinya. Kaprikornus walaupun kita membeli aki baru, namun aki tetap dapat soak dikarenakan kiprok tidak dapat melaksanakan pengisian aki.


Fungsi Kiprok Motor


 Kami yakin sebagai besar pengujung otomotifo Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat RusakSebenarnya fungsi kiprok motor yaitu sebagai Rectifer Regulator. Kaprikornus dapat dikatakan mempunyai 2 fungsi berbeda yang akan kami jelaskan di bawah ini.



  1. Fungsi kiprok motor yang pertama yaitu sebagai Rectifer atau penyearah. Cara kerjanya yaitu dengan cara merubah arus litrik AC (Alternating Current) menjadi DC (Direct Current). Tujuannya yaitu semoga dapat mengalirkan listrik ke dalam aki dan menyimpannya sebagai sumber energi dikala menghidupkan starter maupun kebutuhan lainnya. Arus litrik memang tak dapat eksklusif masuk ke dalam aki, lantaran listrik yang dikeluarkan spul berjenis AC, sedangkan aki menggunakan listrik DC. Oleh lantaran itulah arus listrk dari Spul harus terlebih dahulu dirubah menjadi DC melalui kiprok.

  2. Nah fungsi kiprok motor yang kedua yaitu sebagai Regulator atau dapat dikatakan untuk membatasi tegangan pengisian dari spul. Itu artinya dikala aki listrik aki sudah penuh, maka kiprok akan menghentikan pasokan listrik yang masuk ke aki dan mengalihkannya ketempat lain untuk menghindari overcharge. Namun apabila arusnya terlalu kecil, maka dapat menciptakan aki tekor. Oleh lantaran itulah tegangannya harus seimbang semoga aki dapat bekerja secara sempurna.

  3. Selain itu, kiprok juga berfungsi sebagai pensatabil arus ke lampu yang diadaptasi dengan kebutuhan arus lampu. Apabila terlalu berlebihan maka bohlam dapat putus, sehingga membutuhkan kiprok untuk menstabilkan arus listriknya.


Gejala Kiprok Rusak


Sering kali orang menduga motor yang mogok dikarenakan kerusakan aki atau busi. Padahal kiprok juga dapat mengakibatkan motor mogok lantaran aki motor soak atau ngedrop. Nah sebelum hal tersebut terjadi, silahkan simak terlebih dahulu beberapa ciri-ciri kiprok motor rusak berikut ini.



  1. Gejala utama dikala kiprok mengalami kerusakan yaitu starter tidak dapat menyala. Hal ini tak lepas dari aki tekor yang diakibatkan kurangnya suplai listrik ke aki.

  2. Kiprok yang mulai lemah menimbulkan cahaya lampu terlihat redup. Namun cahaya lampu dapat kembali terang dikala motor berakselerasi pada kecepatan tinggi.

  3. Nah yang paling parah yaitu motor dapat tiba-tiba mogok di tengah jalan. Semua sistem kelistrikan juga mati, ibarat starter, speedometer, lampu, sampai klakson. Penyebabnya yaitu kiprok tidak dapat mengalirkan listrik ke sistem pengapian atau busi yang menciptakan motor tidak dapat hidup.

  4. Aki akan mengalami overcharging dikarenakan kiprok tidak dapat mengatur besarnya arus listrik dari alternator. Alhasil lampu dapat eksklusif putus dikarenakan tegangan terlalu besar.

  5. Suara mesin akan terdengar cukup kasar. Pasalnya input tegangan yang terlalu besar mengakibatkan percikan api pada busi tidak terkontrol.


Cara Memperbaiki Kiprok Motor


Memperbaiki kiprok motor sangatlah susah. Pasalnya kiprok motor menggunakan circuit electronika yang terdiri dari Dioda, Transitor, Resitor, IC, dll. Hanya orang tertentu saja yang dapat memperbaikinya, terutama bagi yang paham dunia eletronik. Saran kami lebih baik membeli kiprok gres yang harganya tak terlalu mahal.


Harga kiprok motor diadaptasi dengan jenis motor. Kaprikornus jangan heran apabila harga kiprok untuk motor ber-cc besar dibanderol lebih mahal dibandingkan motor matic yang menggunakan mesin 125cc kebawah, ibarat Honda Beat, Vario 110, Varion 125, Scoopy, sampai Yamaha FreeGo yang belum usang ini diperkenalkan secara resmi.


Memperbaiki kiprok memang lebih sulit dibandingkan memperbaiki aki kering. Apabila aki kering kita cukup membongkar dan menambakan air aki (Zuur). Namun untuk kiprok harus diperbaiki secara teliti semoga dapat bekerja ibarat sedia kala.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Kami yakin sebagai besar pengujung otomotifo Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat RusakSyarat Perpanjangan SIM Kami yakin sebagai besar pengujung otomotifo Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat RusakHarga Motor Gesits
 Kami yakin sebagai besar pengujung otomotifo Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat RusakCara Mengatasi Mesin Overheat  Kami yakin sebagai besar pengujung otomotifo Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat RusakCara Memperbaiki Aki Kering

Sebenarnya kiprok merupakan komponen sekali pakai. Kaprikornus mau tau mau harus membeli kiprok gres yang harus diadaptasi dengan jenis motor serta spesifikasi mesin. Bagi yang paham dunia elektronik mungkin akan berusaha memperbaikinya. Namun kami lebih menentukan membeli kiprok gres yang dapat eksklusif dipakai tanpa perlu repot-repot melaksanakan perbaikan. Nah itulah informasi otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menjadi materi referensi.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Fungsi Kiprok Motor Dan Cara Memperbaikinya Ketika Rusak"

Posting Komentar