Doktrin : “All Is Number”


dinamis23.blogspot.com

Doktrin : “All Is Number” merupakan gagasan seorang matematikawan Yunani berjulukan Pythagoras. Menurut pandangan ekstrim Pythagoras bahwa “segala sesuatu ialah bilangan”. Keyakinan ini mengakar berpengaruh dengan ditulisnya diktum (diktat) Philolaus dengan judul “Segala sesuatu ada lantaran adanya bilangan”. Hal ini tidaklah salah, lantaran di masa Pythagoras memang belum dikenal matematika. Matematika pada masanya merupakan ilmu bilangan yang dikemudian hari menjadi bab dari matematika, yaitu teori bilangan.

Menurut Pythagoras, segala sesuatu itu sanggup dimengerti melalui bilangan. Menurutnya bilangan ada dimana-mana dan seluruh jagad raya ada dibawah kendali bilangan. Sehingga dari pandangan yang demikian itu, lahirlah beberapa pengertian bahwa bilangan mengandung kekuatan magis (ghaib). Contohnya : bilangan 1 berarti pembangkit bilangan, 2 berarti bilangan genap pertama yang artinya simbol feminitas (wanita), 3 merupakan bilangan ganjil kedua yang berarti lambang maskulinitas. Dampak lain dari kepercayaan Pythagoras ialah masuknya bilangan ke dalam dunia musik yang kemudian melahirkan dua aturan Pythagoras perihal musik, yaitu :

>> Jika dawai/senar mempunyai panjang dua kali, maka nada yang dihasilkannya setengah kalinya.
>> Nada yang indah akan tercipta jikalau panjang dawai/senar antara dua tangga nada mempunyai rasio : 16/8 untuk C, 16/9 untuk D, 8/5 untuk E, 3/2 untuk F, 4/3 untuk G, 6/5 untuk A, 16/15 untuk B, 16/16 untuk C.

Lebih jauh lagi, Pythagoras menyatakan bahwa tidak hanya musik yang sanggup dijelaskan dengan bilangan, tetapi juga segala sesuatu. Oleh lantaran pandanganya inilah, Pythagoras dikenal sebagai penggagas kepercayaan : “All Is Number”.
 
Mudah-mudahan sanggup bermanfaat bagi sahabat blogger dan sering-sering berkunjung ya ...

Sumber : 
Prabowo, Agung. 2013. Matematika Menguak Indahnya Bilangan. Klaten : Intan Pariwara.



Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Doktrin : “All Is Number”"

Posting Komentar