7 Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial

Faktor Terjadinya Perubahan Sosial Perubahan sosial secara singkat diartikan sebagai perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat yang dekat kaitannya dalam hal sosial. Ada banyak faktor yang menimbulkan terjadinya perubahan sosial. Di kesempatan kali ini akan mencoba menghadirkan 7 faktor penyebab terjadinya perubahan sosial yang mencakup faktor inovasi baru, pertumbuhan penduduk, konflik, revolusi, faktor alam, peperangan, dan masuknya kebudayaan lain. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 Perubahan sosial secara singkat diartikan sebagai perubahan 7 Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial
7 Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial | www.zonasiswa.com

1. Penemuan Baru

Manusia dengan kemampuan nalar pikiran mempunyai dorongan-dorongan yang kuat untuk mengadakan acara penelitian sehingga menghasilkan penemuan-penemuan baru. Berkaitan dengan inovasi baru, ada tiga istilah yang harus kita bisa bedakana; discovery, invention, dan inovation. Discovery sanggup diartikan sebagai inovasi gres yang bersifat benar-benar baru, belum pernah ditemukan sebelumnya, atau bersifat fundamental/dasar yang sanggup dikembangkan menjadi penemuan-penemuan lainnya. Invention lebih kepada inovasi dari hasil pengembangan hasil inovasi dasar (discovery) yang sudah terlebih dahulu ada. Sedangkan inovation lebih ke proses kreatif dalam pembaharuan penemuan-penemuan (baik discovery maupun invention) yang sudah ada untuk selanjutnya diterima, dipelajari, dan diterapkan di masyarakat.

Contoh simpel inovasi gres yang sanggup menimbulkan perubahan sosial yakni inovasi telepon sebagai alat komunikasi. Dulu dalam berkomunikasi dengan orang jauh, membutuhkan waktu yang usang melalui surat. Dengan ditemukannya telefon, berkomunikasi sanggup dilakukan dengan cepat dan mudah. Contoh lainnya yakni inovasi internet, kereta api, mesin, dan teknologi-teknologi modern lainnya.

2. Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk juga sanggup menimbulkan terjadinya perubahan sosial. Pertubumahan penduduk di kota yang cenderung pesat dengan banyaknya urbanisasi, perpindahan penduduk dari desa ke kota, berdampak terhadap perubahan sosial. Di kota dimana penduduknya padat terjadi pergeseran nilai-nilai sosial yang berupa perubahan dalam hal keramahan akhir dari persaingan yang begitu ketat. Tidak cuma itu, kepadatan penduduk di kota juga memunculkan terbentuknya kelompok-kelompok sosial gres serta tingginya kriminalitas akhir kesenjangan sosial yang begitu jauh.

Sebaliknya di desa, dimana masyarakat usia produktif lebih menentukan mengadu nasib di kota, menimbulkan desa mengalami krisis tenaga kerja, banyak lahan-lahan produktif terbengkalai, yang pada balasannya menciptakan desa semakian tertinggal alasannya yakni potensinya tidak dimanfaatkan.

3. Konflik

Konflik yang terjadi di dalam masyarakat baik antar individu, individu-kelompok, atau antar kelompok sanggup menimbulkan terjadinya perubahan sosial menyerupai perubahan pola hubungan, struktur masyarakat, dan perubahan-perubahan lain. Kon?ik-kon?ik yang berkembang tersebut tidak selalu bersifat negatif. Seringkali kon?ik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat diikuti dengan suatu proses fasilitas yang pada gilirannya justru akan menguatkan ikatan sosial. 

4. Revolusi

Seperti yang di uraikan di teladan perubahan sosial (Baca: Contoh-contoh Perubahan Sosial), revolusi termasuk kedalam penyebab terjadinya perubahan sosial. Dijelaskan di artikel tersebut bagaimana revolusi industri di Inggris menimbulkan perubahan sosial tidak hanya di masyarakat Inggris itu sendiri tapi juga di masyarakat dunia. Revolusi indsutri yakni sebagian teladan dari beberapa revolusi yang terjadi yang tetap membawa dampak terjadinya perubahan sosial.

5. Faktor Alam

Gejala yang terjadi di lingkungan alam sanggup menimbulkan perubahan sosial. Misalnya, gempa bumi terjadi di aneka macam wilayah Indonesia. Gempa bumi tersebut menimbulkan masyarakat kehilangan banyak harta benda dan keluarga. Keadaan tersebut memaksa masyarakat membentuk kehidupan kembali melalui forum atau organisasi sosial yang gres alasannya yakni kehidupan usang telah rusak atau hilang. Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat menyerupai perubahan mata pencaharian, perubahan keluarga, atau perubahan kekayaan.

6. Peperangan

Terjadinya perang di suatu wilayah akan kuat terhadap perubahan kepribadian dari individu-individu sebagai anggota masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Betapa tidak, perang niscaya akan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan akan membawa perubahan dalam masyarakat tersebut, baik besar maupun kecil. Selain itu akan membawa akhir yang berarti bagi masyarakat setempat. Hal ini terutama pada masyarakat yang kalah perang. Contoh mudahnya,  perang Amerika-Irak telah menimbulkan perubahan sosial yang besar dalam masyarakat Irak, seperti: tumbangnya rezim Sadam Hussain dan dibubarkannya Partai Baad, munculnya perlawanan bergerilya, perpecahan, dan bahkan sanggup menimbulkan perang saudara.

7. Pengaruh Kebuayaan Lain

Di masa globalisasi kini ini, imbas kebudayaan masyarakat lain merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakkan lagi. Adanya kekerabatan kolaborasi antarnegara serta sarana komunikasi dan isu yang semakin canggih, menyerupai televisi, radio, dan internet memudahkan imbas kebudayaan masyarakat lain masuk dalam suatu negara. Akibatnya muncul perubahan pada masyarakat yang mendapatkan imbas kebudayaan itu. 

Demikianlah klarifikasi wacana ke-7 Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial. Semoga dari klarifikasi di atas, kita sanggup lebih memahami apa itu perubahan sosial khususnya faktor yang menimbulkan terjadinya perubahan sosial itu sendiri. Tidak lupa, apa kalau ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun penjelasan, kritik dan saran dari kalian akan sangat berarti. Terima kasih...

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial"

Posting Komentar