Yaitu Ilmu Yang Mempelajari Ihwal Tingkah Laris Perekonomian Secara Keseluruhan

MAKROEKONOMI VS. MIKROEKONOMI
    
   Makroekonomi yaitu ilmu yang mempelajari wacana tingkah laris perekonomian secara keseluruhan, sedangkan Mikroekonomi yaitu ilmu yang mempelajari wacana harga-harga individual (P), quantity (Q) dan pasar.
    
   Ada dua prospek utama yang dibicarakan dalam makroekonomi, yaitu:
 
a.   Jangka pendek: fluktuasi output, tenaga kerja, kondisi keuangan, dan harga-harga yang disebut sebagai business cycle (siklus bisnis).
 
b.   Jangka panjang: tren dalam output dan standar hidup (living standards)  disebut sebagai economic growth (pertumbuhan ekonomi).
   
   Perkembangan ilmu makroekonomi dimulai pada sekitar kala 20-an, dengan adanya latar belakang  wacana bagaimana caranya mengatasi krisis ekonomi dan bagaimana menstimulasi pertumbuhan ekonomi. Sebagai respon terhadap perkara “Great Depression” (krisis ekonomi besar-besaran), John Maynard Keynes menyebarkan teorinya, yang berhasil membantu menjelaskan fluktuasi ekonomi akhir produksi industri dan menjelaskan bagaimana langkah yang dapat ditempuh pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi dalam business cycle. Pada waktu yang sama, perekeonomian berhasil menemukan cara untuk memahami pencapaian pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Sumber http://dasarekonomi.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Yaitu Ilmu Yang Mempelajari Ihwal Tingkah Laris Perekonomian Secara Keseluruhan"

Posting Komentar