Cara Setting Dimensi Autocad Disertai Pola Memberi Menampilkan Dimensi Ukuran Bidang Tanah, Sudut Poligon Titik Koordinat

Video ini mengatakan Cara Setting Dimensi AutoCAD yang dilanjutkan dengan pola menampilkan dimensi ukuran bidang tanah, sudut poligon dan titik koordinat.


Dalam menciptakan tutorial ini, saya tidak memakai script, plugin, ataupun aktivitas tambahan. Saya hanya memakai tool bawaan AutoCAD.


Meskipun saya memakai AutoCAD Map, tetapi tool yang dipakai juga ada di AutoCAD yang selain Map. Kaprikornus anda dapat mencoba tutorial ini di AutoCAD versi apapun.


Untuk memberi dimensi pada sebuah gambar, kita dapat memakai dimensi style Standard bawaan AutoCAD. Tetapi untuk keperluan tertentu, biasanya style Standard ini tidak sesuai dengan yang diinginkan.


Misalnya untuk keperluan penggambaran dan pemetaan bidang tanah, kita harus merubah style Standard ini semoga sesuai dengan yang diinginkan.


Tenang saja, caranya tidak susah. Silakan coba simak cara merubah atau setting style di bawah ini.


Setting Dimensi AutoCAD Untuk Menampilkan Ukuran Bidang Tanah



  1. Klik sajian Dimension > Dimension Style atau klik sajian Format > Dimension Style atau pada command prompt ketikkan perintah D lalu enter.



  1. Pada kotak obrolan Dimension Style Manager, klik New.



  1. Pada kotak obrolan Create New Dimension Style, New Style Name isi dengan nama sesuai cita-cita (Misalnya Jarak). Kemudian klik Continue.



  1. Pada kotak obrolan New Dimension Style, klik tab Lines. Kemudian ceklis Dim line 1, Dim line 2, Ext line 1, dan Ext line 2.



  1. Klik tab Text. Kemudian Text height ganti dengan tinggi teks yang diinginkan (Misalnya diisi 70), Text alignment pilih option Aligned with dimension line.



  1. Klik tab Primary Units. Kemudian Precision, pilih 2 angka dibelakang koma (0.00). Suffix isi dengan M (Untuk menampilkan goresan pena M atau meter diakhir angka jarak).



  1. Untuk tab yang lain tidak perlu ada yang dirubah. Kaprikornus eksklusif klik OK.


Mengatur Dimensi AutoCAD Untuk Menampilkan Sudut Poligon



  1. Masih pada kotak obrolan Dimension Style Manager, klik lagi New.



  1. Pada kotak obrolan Create New Dimension Style, New Style Name isi dengan nama sesuai cita-cita (Misalnya Sudut). Start With ganti dengan Standard. Kemudian klik Continue.



  1. Pada kotak obrolan New Dimension Style, klik tab Text. Kemudian Text height ganti dengan tinggi teks yang diinginkan (Misalnya diisi 100), Text alignment pilih option Aligned with dimension line.



  1. Klik tab Primary Units. Kemudian Precision, pilih tidak ada angka dibelakang koma (0). Pada bab Units format pilih Degrees Minutes Seconds, Precision pilih 0d00’00”.



  1. Untuk tab yang lain tidak perlu ada yang dirubah. Kaprikornus eksklusif klik OK.



  1. Klik Close.


Jika anda ingin mempelajari cara menggambar hasil hitungan poligon dari Excel ke AutoCAD, silakan ke Cara Menggambar Poligon.


Setelah setting dimensi, saatnya kita menggunakannya untuk keperluan yang diinginkan. Di bawah ini saya mengatakan cara menampilkan dimensi yang sering dipakai dalam penggambaran dan pemetaan bidang tanah.


Memberi Dan Menampilkan Dimensi Ukuran Bidang Tanah



  1. Pada Dim Style Control, pilih style yang sudah dibentuk (Misalnya style Jarak).



  1. Klik sajian Dimension > Aligned.



  1. Klik dari satu titik ke titik lainnya yang ingin ditampilkan dimensi jaraknya. Atau tekan enter, lalu klik garis yang ingin ditampilkan jaraknya.


Untuk menambah rujukan mengenai bidang tanah, silakan pelajari Cara Menggambar Bidang Tanah.


Menampilkan Dimensi Sudut Poligon



  1. Pada Dim Style Control, pilih style yang sudah dibentuk untuk menampilkan sudut  (Misalnya style Sudut).



  1. Klik sajian Dimension > Angular.



  1. Klik 2 garis yang membentuk sudut yang ingin ditampilkan dimensi sudutnya.


Menampilkan Dimensi Titik Koordinat (X,Y)



  1. Pada Dim Style Control, pilih style yang sudah dibentuk (Misalnya style Jarak).



  1. Klik sajian Dimension > Ordinate.



  1. Klik titik yang ingin ditampilkan dimensi nilai X nya, lalu arahkan kursor ke bawah atau ke atas. Setelah muncul nilai X nya, lalu tinggal klik.



  1. Klik titik yang ingin ditampilkan dimensi nilai Y nya, lalu arahkan kursor ke kanan atau kiri. Setelah muncul nilai Y nya, lalu tinggal klik.


Pengaturan dimensi yang dijelaskan diatas tidak harus baku menyerupai itu. Tentu saja anda dapat memodifikasinya sesuai cita-cita dan kebutuhan. Dan anda juga dapat coba-coba sendiri menggunkan dimensi yang tidak dicontohkan disini menyerupai Linear, Radius, Jogged, Diameter, dll.


Demikian tutorial mengenai dimensi ini. Semoga bermanfaat untuk anda.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Setting Dimensi Autocad Disertai Pola Memberi Menampilkan Dimensi Ukuran Bidang Tanah, Sudut Poligon Titik Koordinat"

Posting Komentar