Tujuan Utama Dari Aktifitas Ekoonomi Yaitu Untuk Menyediakan Barang Dan Jasa Yang Masyar

PERBEDAAN GDP, NOMINAL GDP, REAL GDP DAN POTENTIAL GDP

   Output. Tujuan utama dari aktifitas ekoonomi yaitu untuk menyediakan barang dan jasa yang masyarakat inginkan. Cara yang paling komprehensif untuk mengukur total output dalam perekonomian yaitu dengan gross domestic product (GDP). GDP (Actual GDP) yaitu ukuran nilai pasar dari semua barang dan jasa final –mobil, konser musik, dll- yang dihasilkan dalam sebuah negara dalam waktu satu tahun. Ada dua cara untuk mengukur nilai GDP, yaitu; Nominal GDP yaitu ukuran dalam harga pasar yang sebenarnya. Dan Real GDP dihitung dalam harga-harga yang konstan atau invarian (contohnya dikala dimana kita mengukur jumlah kendaraan beroda empat dikali  dengan harga kendaraan beroda empat dalam suatu periode tertentu, contohnya tahun 2000).                

   Real GDP yaitu penyaksian yang paling bersahabat dalam mengukur output; sebab menyajikan monitorisasi ukuran yang sangat teliti dari perekonomian negara. Tingkat pertumbuhan real GDP diukur dengan cara

   % tingkat pertumbuhan dari Real GDP pada tahun t

                         GDP t - GDP t-1
t = 100 x      GDP t-1

   Sebagai contoh, Real GDP pada tahun 2006 yaitu $11,294.8 milyar dan pada tahun 2007 yaitu $11,523.9 milyar. Akan didapatkan hasil bahwa pertumbuhan Real GDP pada tahun 2007 yaitu 2.0 persen selama tahun 2007.

   Meskipun fluktuasi jangka pendek yang terlihat di siklus bisnis, kemajuan ekonomi secara umum selalu merujuk pada pertumbuhan jangka panjang dalam Real GDP dan peningkatan dalam taraf hidup (living standards); proses ini dikenal sebagai pertumbuhan ekonomi.
    
   Potential GDP menunjukkan tingkat output maksimum yang perekonomian sanggup hasilkan, dikala perekonomian beroperasi pada tingkat potensialnya, yaitu dengan tingkat tinggi dalam utilisasi penggunaan tenaga kerja dan saham modal. Saat output naik melebihi potensial outputnya, inflasi pun ikut naik, sedangkan dikala berada di bawah potensial outputnya maka menunjukkan tingginya tingkat pengangguran.

   Potensial ouput diukur dengan kapasitas produktif perekonomian; dimana memakai seluruh input yang ada (modal, tenaga kerja, tanah, dsb) dan efisiensi dalam penggunaan tekhnologi. Potential GDP cenderung terus bertumbuh sebab input ibarat tenaga kerja dan modal dan tingkat perubahan tekhnologi terus berubah (lambat) sepanjang waktu.

   Selama menurunnya aktifitas bisnis, Actual GDP jatuh dibawah potensialnya, dan pengangguran meningkat. Pada tahun 1982, sebagai contoh, ekonomi AS menghasilkan sekitar kurang $400 milyar dari ouput potensialnya. Ini menunjukkan hilangnya $5000 per keluarga selama periode satu tahun.

Sumber http://dasarekonomi.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tujuan Utama Dari Aktifitas Ekoonomi Yaitu Untuk Menyediakan Barang Dan Jasa Yang Masyar"

Posting Komentar