Trik Jitu Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca

Perangkat penyimpanan eksternal menyerupai flash disk biasanya dipakai untuk menyimpan dan mengembangkan data di seluruh komputer. Secara otomatis, perangkat ini akan eksklusif dikenali ketika dicolokkan ke laptop atau desktop PC. Namun, ada beberapa kasus ketika flash disk tidak terbaca menyerupai tak muncul di folder My Computer, meskipun kau yakin kalau perangkat ini dalam kondisi baik.


Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa sanggup hingga tidak sanggup terbaca, spAcer. Sebelum kau membuangnya, coba selidiki setiap kemungkinan yang ada, sebab persoalan menyerupai ini sanggup diperbaiki sendiri bermodalkan sedikit usaha. Berikut beberapa cara mengatasi flash disk tidak terbaca.Perangkat penyimpanan eksternal menyerupai  Trik Jitu Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca


Masalah pemformatan USB


Ini yaitu alasan yang paling mungkin terjadi. Karena, kau mungkin melaksanakan kesalahan ketika sedang format flash disk. Untuk mengatasinya, kau sanggup memakai tool Windows Disk Management. Jadi, sesudah menghubungkan USB ke laptop, klik Start, kemudian ketik “run” dan tekan tombol Enter. Pada obrolan Run, ketik diskmgmt.msc dan tekan Enter.


Selanjutnya, jendela Disk Management akan terbuka. Kamu pun sanggup melihat semua daftar perangkat eksternal di sana. Cari nama drive-mu, meskipun USB tidak terdeteksi sebagai drive di laptop. Nah, bila berhasil menemukannya, lanjutkan untuk memformat ulang dengan benar sehingga Windows atau perangkat lain sanggup mengakses dan mengenalinya.


Meskipun begitu, alangkah baiknya untuk melaksanakan backup data-data yang disimpan dalam flash disk. Karena sesudah kau memformat ulang, maka seluruh data akan terhapus secara otomatis. Jika sudah tahu risiko tersebut, lanjutkan dengan klik kanan pada drive USB, kemudian pilih Format.


Perangkat penyimpanan eksternal menyerupai  Trik Jitu Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca


Masalah pada driver USB


Hal lain yang sanggup mengakibatkan gangguan komunikasi antara drive USB dengan laptop yaitu persoalan pada driver. Jika driver corrupt, hilang, atau ketinggalan zaman, maka sanggup menciptakan flash disk tak dikenali oleh sistem. Sebagai contoh, sesudah USB gres dicolokkan ke laptop, biasanya sistem akan mengeluarkan pesan “Found New Hardware” dan eksklusif mulai meng-install driver. Namun, jikalau kau membatalkan proses instalasi sebab sebuah alasan, maka akan mengakibatkan terjadinya corrupt atau gagal.


Untungnya, kau sanggup memakai Device Manager untuk menyelidiki status driver USB. Dari sajian Start, ketik “devmgmt.msc” pada kolom Search, kemudian tekan Enter. Setelah jendela Device Manager terbuka, pada cuilan Universal Serial Bus controller, klik ganda untuk membuka formasi daftar USB. Lihat apakah ada tanda seru berwarna kuning pada ikonnya.  Tanda tersebut yaitu indikator bahwa ada persoalan pada driver.


Segera klik kanan pada setiap ikon USB yang kau temukan, kemudian pilih Uninstall. Segera restart laptop, dan bila semua berjalan lancar maka Windows secara otomatis akan menginstal ulang port USB.


Perangkat penyimpanan eksternal menyerupai  Trik Jitu Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca


Masalah yang berkaitan dengan sistem operasi


OS yang jarang di-update juga sanggup mengakibatkan sistem tidak mengenali flash disk. Adapun cara mengatasinya yaitu segera buka Control Panel, kemudian pilih System and Security. Pada cuilan Windows Update, klik Check for Updates. Jika memang belum ter-update (notifikasi berwarna kuning), pastikan untuk lakukan install update dan ikuti wizard yang ada. Setelah selesai, restart laptop kamu.


Dalam beberapa kasus, USB tak sanggup bekerja sebab kesalahan install fitur software OS Windows. Sebagai contoh, kau salah meng-install versi driver untuk OS Windows 64-bit dengan 32-bit. Jadi, pastikan untuk memakai driver Windows yang tepat.


Jadi, ada aneka macam flash disk tidak terbaca laptop atau PC kamu. Jika ini terjadi, jangan panik. Cukup ikuti saja langkah-langkah yang ada di atas. Namun, seandainya semua cara tersebut tidak juga menciptakan kau terkoneksi dengan perangkat tersebut, besar kemungkinan USB rusak atau port USB di laptop bermasalah, sehingga harus segera diganti. Selamat mencoba, spAcer!


Baca juga: Mengapa CD/DVD Sulit Terbaca di PC/Laptop?



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Trik Jitu Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca"

Posting Komentar