Penyebab Dermatitis Kontak

Artikel Ini Adalah Kelanjutan Dari Artikel 6 Jenis Ruam Kulit Pada Anak. Pastikan Anda membacanya terlebih dahulu


Tak semua orang tahan menggunakan pernak-pernik berbahan logam. Memakai perhiasan sebentar saja, alih-alih mempermanis, malah menciptakan pergelangan tangan jadi merah dan gatal. Tak hanya logam, ada orang yang alergi kulit sintetis dan pelengkap plastik.


Menurut dr Asri Bindusari SpKK, kondisi itu dinamakan dermatitis kontak. Kulit meradang lantaran bersentuhan dengan materi yang dianggap absurd bagi orang tersebut. ‘Kejadian dermatitis kontak sanggup akut atau kronis,’ katanya.


Dianggap akut jikalau sehabis berkontak dengan materi tertentu, pribadi timbul radang kulit. Misalnya, kemerahan, gatal, sampai melepuh.


Tergolong kronis jikalau sehabis kontak dengan materi tertentu, tidak timbul tanda-tanda apapun. ‘Setelah jangka waktu lama, kulit kemerahan, kecokelatan, menebal, bahkan lecet-lecet,’ terang seorang hebat kulit dan kelamin RSI Surabaya itu.


Selama ini, tak sedikit pasien yang tiba lantaran alergi logam. Di antaranya, nikel jam tangan, gagang kacamata, dan perhiasan.


Ada juga yang alergi plastik atau karet gara-gara menggunakan sandal jepit. Termasuk alergi materi minyak gosok, parfum, kosmetik, lipstik, semir rambut, maupun sabun.


‘Jika tidak diobati, dermatitis kontak sanggup menyebabkan komplikasi,’ ujar Asri.


Yakni, overlapping benjol lain yang disebabkan jamur atau kuman sehingga citra radang kulit berubah dari semula. ‘Cara mengatasinya dengan melaksanakan pengobatan dan harus menghindari materi pemicu alergi,’ jelasnya.


[su_spoiler title=”Source” style=”simple” icon=”arrow”]jawapos[/su_spoiler]



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyebab Dermatitis Kontak"

Posting Komentar