Cara Mengatasi Susah Tidur Alasannya Banyak Pikiran

Banyak orang yang susah tidur malam mengeluh alasannya yaitu tidak sanggup menghentikan pikiran sementara waktu sudah menawarkan jam tidur. Walaupun kita dalam situasi keheningan malam dan kasur yang empuk, harapan cepat tidur tampaknya susah didapat kalau pikiran terus berputar. Apa yang mengakibatkan banyak pikiran di malam hari dan bagaimana cara menghentikan pikiran yang berputar pada dikala ingin cepat tidur? Nah, pada artikel ini kita akan pelajari cara-cara menenangkan pikiran, mengurangi pikiran yang berkecamuk, meminimalkan efek stres atau kecemasan. Dan semoga mengetahui juga hal-hal penyebab susah tidur atau insomnia, sekaligus mengatasinya dengan teknik relaksasi.


Penyebab Banyak Pikiran dan Susah Tidur Malam


Susah tidur malam disebut juga dengan insomnia, yang sanggup sewaktu-waktu dialami siapapun pada situasi dan kondisi tertentu. Apalagi pada dikala sedang stres atau cemas. Stres merupakan penyebab tidak sanggup tidur yang paling sering dialami kebanyakan orang. Ketika pikiran kita tidak sedang mengalami stres dan tidak sedang menghadapi kesibukan yang banyak, kita akan cepat tidur malam dan kualitas tidurpun bagus. Kekhawatiran juga menciptakan insomnia pada malam hari dan tampaknya ibarat tidak sanggup dikendadlikan. Padalah gotong royong stres, kekawatiran, dan banyak pikiran gotong royong sanggup dikendalikan.


Pikiran yang terus bekerja sanggup bermanifestasi dalam banyak sekali cara. Ada orang yang sering pikirannya berputar di sekitar film yang pernah ditonton pada malam hari menjelang tidur. Bayangan atau imajinasi cepat melesat menghinggapi alam sadar kita pada dikala sedang berbaring dengan mata tertutup. Hal-hal yang ibarat itu sanggup juga menjadi penyebab tidak sanggup tidur pada malam hari.


Untuk lebih gampang mengilustrasikan susah tidur alasannya yaitu banyak pikiran, kita ambil pola proses memamahbiak. Seekor sapi secara perlahan terus mengunyah masakan yang dimuntahkan dari perutnya, kemudian dikunyah dan ditelan kembali. Jika proses pencernaannya tidak sempurna, maka masakan yang sudah ditelan akan muncul kembali untuk dikunyah. Demikian juga sumber stres atau kecemasan yang muncul di pikiran kita kemudian ditinjau kembali, direka ulang, dan diproses lagi. Dan sehabis berhasil dihilangkan beberapa saat, kembali lagi ke pikiran, yang biasanya terjadi pada saat-saat hening di malam hari.


Pikiran yang banyak tidak hanya dialami oleh orang yang lagi stres atau sedang mengalami kecemasan. Bahkan pada saat-saat tertentu, stres sanggup muncul pada orang yang tidak sedang mengalami kekhawatiran. Hal tersebut kemungkinan sanggup terjadi pada orang yang pernah mengalami stres luar biasa ibarat kehilangan pekerjaan, perceraian, atau kemalangan sehabis ditinggal pergi oleh orang yang dicintai. Pikiran yang berputar biasanya dipicu oleh hal-hal yang berafiliasi dengan profesional, hubungan, keluarga, keuangan, kesehatan, atau hal-hal lainnya. Apapun penyebabnya, pikiran yang berkecamuk sanggup sangat mengganggu dan membutuhkan penanganan yang khusus untuk mengatasinya.


Cara Menghilangkan Pikiran Berkecamuk pada Malam Hari


Untuk menghilangkan pikiran yang berputar-putar pada dikala ingin tidur cepat, kau perlu mengosongkan “bahan bakar” yang diharapkan pikiran tersebut biar tidak berputar ibarat roda kendaraan beroda empat dalam kegelapan malam. Cara supaya cepat tidur tanpa gangguan pikiran yaitu dengan mengelola stres, meluangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur, dan memakai teknik distraksi dan relaksasi.


Tips cepat tidur: Sisihkan waktu di siang atau sore hari untuk mengatasi stres. Cara ini disebut dengan waktu stres yang dijadwalkan. Atau kalau tidak sedang stres tapi sering susah tidur malam, upayakan biar siang dan sore hari melaksanakan banyak aktifitas dan usahakan biar tidak tidur siang atau sore walaupun ngantuk.


Cara mengatasi susah tidur malam; luangkan waktu setiap hari untuk mencari tahu dan menuntaskan apa saja yang mengakibatkan stres, cemas, tegang, atau khawatir. Dan dilakukan dengan menyisihkan waktu pada siang atau sore hari. Menyelesaikan disini maksudnya meninjau hal-hal yang memicu stres dalam pikiran. Tulislah pada secarik kertas daftar hal-hal yang berdasarkan kau menciptakan pikiran kau stres. Kemudian pada kolom kedua di setiap poin dari daftar tersebut, berikan action plan (rencana tindakan) yang paling memungkinkan sanggup mengatasi atau menghilangkan stres.


Cara Menggunakan Waktu Khawatir yang Terjadwal


Misalnya, katakanlah kau mempunyai proyek besar yang harus simpulan dalam dua minggu. Target penyelesaian tersebut sanggup mengakibatkan kau mengalami peningkatan stres. Seolah-olah stres tersebut tidak sanggup diatasi alasannya yaitu kau merasa mustahil sanggup menyelesaikannya dengan tuntas dalam waktu dua minggu. Atau mungkin tidak tahu harus mulai dari mana. Stres ibarat hal tersebut sanggup menciptakan kita tidak berdaya. Daripada kewalahan, mendingan menyiasatinya dengan menciptakan bagian-bagian kiprah yang terjadwal dan mulai mengerjakannya.


Jadikan bagian-bagian kiprah tersebut sebagai cuilan dari planning tindakan (action plan). Contohnya, tinjau ulang file-file dokumen, bicarakan dengan rekan rekan (jika ada), jadwalkan pertemuan dengan klien atau bos, buat draf proposal, dan selesaikan presentasi. Saat kau menuntaskan bagian-bagian kiprah tersebut hari demi hari, jangan lupa mencoret cuilan yang sudah selesai. Akhirnya, stressor tersebut sanggup dihilangkan dari pikiran sedikit demi sedikit. Alhasil, tidak sanggup tidur alasannya yaitu banyak pikiran pada malam hari juga teratasi da npikiranpun jadi lebih tenang.


Mungkin ada beberapa daftar kiprah yang tidak mempunyai resolusi yang jelas. Hal tersebut sanggup mengakibatkan kecemasan dan mengurangi energi sepanjang hari. Katakan pada diri sendiri bahwa kau harus membiarkannya untuk hari ini. Kembalilah besok untuk mencari jawabannya, kalau sanggup diskusikan dengan rekan kerja atau diapun yang sanggup memberi masukan. Seiring waktu yang berjalan, banyak hal berubah, bahkan wangsit gres pun sanggup muncul yang mungkin sanggup jadi planning penyelesaian biar sanggup bergerak maju. Sementara itu, fokuskan upaya penyelesaian pada hal-hal yang sanggup kau lakukan.


Dengan menuliskan stressor, kau tau sumber stres yang menciptakan pikiran berkecamuk. Cara ini juga membantu kau supaya sanggup cepat tidur pada malam hari tanpa beban pikiran. Kamu tidak perlu berulang-ulang memikirkannya atau berusaha mengingatkan diri sendiri biar tidak lupa. Dengan menciptakan daftar action plan, kau sudah menemukan banyak sekali cara biar stres sanggup lega kembali. Pada dikala kau menangani tugas-tugas, usahakanlah biar meninjaunya setiap hari, biar sanggup menikmati kebebasan pikiran dalam mengatasi masalah.


Jadi, kalau pikiran yang berafiliasi dengan stres tadi muncul di malam hari, kau perlu merespons dengan perprinsip; “Saya tidak perlu memikirkan ini sekarang. “Saya akan memikirkannya besok siang/sore pada jam waktu kuatir yang saya jadwalkan.” Dengan demikian, penyebab tidak sanggup tidur pun hilang. Cara mengatasi susah tidur malam ini sanggup menghilangkan pedoman pikiran dan memungkinkan kau untuk tidur cepat pada malam hari.


Menggunakan Teknik Relaksasi Sebelum Tidur Malam


Menjadikan malam sebagai saat-saat yang hening merupakan cara yang sanggup membantu lebih santai sebelum tidur.


Cara biar sanggup tidur: Luangkan waktu pada malam hari setidaknya satu jam untuk bersantai ria.


Setidaknya satu jam sebelum tidur, hentikan aktifitas, matikan komputer dan jauhkan ponsel. Jika aktifitas tersebut masih dilanjutkan, akan selalu ada hal yang harus dilakukan. Lakukanlah semua aktifitas pada malam hari secukupnya. Lalu, saatnya untuk bersantai dan berkemas-kemas untuk tidur. Isi waktu dengan acara santai ibarat membaca, mendengarkan musik, menonton televisi, meregangkan badan, merendam kaki dengan air hangat, bermeditasi atau berdoa. Perlu dicatat juga, hindarilah minum kopi pada malam hari. Karena kopi sanggup jadi salah satu penyebab susah tidur pada malam hari. Bersantai ria pada malam hari sanggup memudahkan diri supaya cepat tidur.


Pada saat-saat sebelum tidur malam atau masih terjaga pada malam hari, kau mungkin perlu melaksanakan teknik relaksasi tambahan. Contohnya pernapasan atau relaksasi otot progresif. Kegiatan tersebut sanggup mengalihkan perhatian dari pikiran yang berputar dan lebih cepat tertidur. Teknik sederhana ini sanggup dipelajari dari buku atau media online lainnya.


Cara Cepat Tidur


Adalah mungkin untuk menghilangkan gejolak pikiran di malam hari menjelang tidur. Dengan meluangkan waktu untuk mengatasi stres di siang atau sore hari dan bersantai ria sebelum tidur, kau sanggup menciptakan tidur malam lebih nyenyak. Penggunaan teknik relaksasi yang sanggup mengalihkan pikiran mungkin sanggup membantu lebih lagi supaya cepat tidur. Kamu sanggup mempraktekkannya sendiri singkirkan insomnia yang sanggup mengurangi kualitas tidur malam yang menjadikan kurang fit keesokan harinya.


Jika sudah mempraktekan cara cepat tidur di atas tapi masih tetap susah tidur malam, mungkin kau perlu berkonsultasi dengan dokter untuk opsi perawatan tambahan. Misalnya, terapi sikap kognitif untuk insomnia, obat-obatan yang sanggup meredakan kecemasan atau pil tidur untuk insomnia. Semoga cara mengatasi susah tidur malam ini bermanfaat!



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengatasi Susah Tidur Alasannya Banyak Pikiran"

Posting Komentar