Pengertian Dan Cara Memilih Kepingan Senilai

Sebelumnya sudah membahas wacana pengertian bilangan pecahan dan misalnya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan, postingan kali ini akan membahas wacana pengertian potongan senilai dan cara memilih bahwa dua potongan dikatakan senailai.

Untuk lebih gampang memahami pengertian potongan senilai, silahkan perhatikan gambar 1 di bawah ini.
 postingan kali ini akan membahas wacana pengertian potongan senilai dan cara memilih b Pengertian dan Cara Menentukan Pecahan Senilai
Gambar 1
Sumber: BSE

Pada gambar di atas, luas tempat yang diarsir pada Gambar A menunjukkan ¼ dari luas lingkaran, luas tempat yang diarsir pada Gambar B menunjukkan 2/8 dari luas lingkaran, luas tempat yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 3/12 dari luas bulat dan luas tempat yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 4/16 dari luas lingkaran.

Dari keempat gambar di atas, terlihat bahwa tempat yang diarsir mempunyai luas yang sama. Oleh alasannya itu, potongan ¼ = 2/4 = 3/13 = 4/16. Selanjutnya, pecahan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16 dikatakan sebagai pecahan-pecahan senilai. Jadi, sanggup disimpulkan bahwa potongan senilai ialah pecahan-pecahan yang bernilai sama. Bagaimana memilih potongan senilai?

Sekarang perhatikan pecahan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16. Pecahan-pecahan tersebut sanggup dicari dengan cara lain, kini pelajari uraian berikut.

Dari uraian di atas, tampak bahwa cara memilih potongan senilai sanggup dilakukan dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama. Misalnya, kalau diketahui potongan m/n dengan m, n 0 maka berlaku (m × a)/(n × a) atau (m : b)/(n : b), di mana a, b konstanta konkret bukan nol.

Untuk memantapkan pemahaman Anda wacana potongan senilai, silahkan simak pola soal di bawah ini.

Contoh Soal
Tentukan lima potongan yang senilai dengan potongan berikut.
a. 2/3
b. 28/42

Penyelesaian:
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa potongan senilai sanggup ditentukan dengan cara mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama.
a. Karena pembilang dan penyebut pada potongan 2/3 tidak sanggup dibagi lagi maka dikalikan:

Jadi, lima potongan yang senilai dengan 2/3 ialah 6/9, 8/12, 10/15, 12/18, dan 14/21.

b. Pecahan yang senilai dengan 28/42 yakni:

Jadi, lima potongan yang senilai dengan 28/42 ialah 14/21, 2/3, 56/84, 84/126, dan 112/168.

Demikian postingan wacana pengertian potongan senilai dan cara memilih potongan senilai. Mohon maaf kalau ada kata atau perhitungan yang salah pada postingan ini. Untuk postingan selanjutnya silahkan baca wacana bagaimana suatu potongan dikatakan sederhana dan bagaimana cara menyederhanakan suatu pecahan. 

Refrensi: Buku Sekolah Elektronik

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Cara Memilih Kepingan Senilai"

Posting Komentar