Pengertian Administrasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Manajemen Kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari selalu terkait satu sama lain, dan kegiatan ini yaitu proses yang disebut proses manajemen. Kami menyadari perlunya kerjasama dalam melaksanakan kegiatan ini. Dan elemen terpenting dalam mewujudkan kolaborasi yaitu manajemen. Jadi, tahukah kau apa yang dimaksud dengan manajemen?
Nah, pada kesempatan kali ini akan menjelaskan pengertian administrasi berdasarkan pendapat para ahli. Semoga bermanfaat.

Istilah administrasi berasal dari bahasa Italia ‘Manggio’ yang berarti tangan. Jadi, Manajemen sanggup diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menangani atau mengelola dan mengawasi kegiatan bisnis. Dengan kata lain, administrasi yaitu tindakan untuk mengelola, mengatur, mengarahkan, mendorong, menjalankan, membimbing, memimpin, dan melaksanakan pengawasan.

 Kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli | www.zonasiswa.com

Jika kita berguru lebih banyak ihwal manajemen, maka istilah tersebut mempunyai tiga arti sebagai berikut.

1. Manajemen sebagai proses yang khas, yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dilakukan untuk memilih dan mencapai sasaran yang ditetapkan melalui penggunaan sumber daya insan dan sumber lain.

2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang yang melaksanakan kegiatan manajemen. Artinya orang yang melaksanakan acara administrasi dalam badan tertentu. Kegiatan administrasi yaitu kegiatan atau fungsi yang dilakukan oleh masing-masing manajer, ibarat perencanaan, pengorganisasian, mempersiapkan personil, mengarahkan, dan mengawasi.

3. Manajemen sebagai seni atau ilmu. Manajemen sebagai seni berfungsi untuk mencapai tujuan faktual yang membawa hasil atau manfaat, sedangkan administrasi sebagai ilmu berfungsi untuk menjelaskan fenomena (peristiwa), situasi dengan memperlihatkan penjelasan.

Manajemen sudah ada semenjak kelahiran peradaban manusia, dan administrasi sebagai ilmu gres lahir pada simpulan masa ke-19. Mengenai pembatasan manajemen, di bawah ini ada beberapa pendapat para ahli.

1. S Prajodi Atmosudirdjo
Manajemen yaitu melaksanakan sesuatu dengan menggerakkan orang, uang, mesin, dan peralatan sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Sondang P. Siagian
Manajemen yaitu kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu guna mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.

3. Karnadi Wargasasmita
Manajemen yaitu mengtur, mengelola, memimpin, mengawasi pekerjaan menuju sasaran bisnis.

4. Liang Gie
Manajemen yaitu proses yang menggerakkan tindakan dalam upaya kolaborasi manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

5. Harold Koontz dan O’Donnell
Manajemen yaitu penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan orang lain.

6. John D. Millet
Manajemen yaitu proses mengarahkan dan menyediakan akomodasi kerja kepada orang-orang yang terlibat dalam organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan.

7. George R. Terry
Manajemen yaitu pencapaian tujuan yang ditetapkan sebelumnya melalui (dengan menggunakan) kegiatan orang lain.

8. Federic W. Taylor
Dia mengedepankan empat prinsip administrasi penting, yaitu: pengembangan metode kerja terbaik; pemilihan dan pengembangan pekerja; upaya untuk menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang dipilih dan dilatih; adanya kolaborasi antara manajer dan non manajer dalam hal pembagian kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan kerja.

9. Henry Fayol
Dia menekankan pandangannya ihwal administrasi sebagai hal yang terdiri dari fungsi-fungsi.
Dari beberapa makna di atas, sanggup disimpulkan, bahwa administrasi yaitu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya insan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan atau sebelumnya.

Semoga apa yang dijelaskan di atas ihwal Pengertian Manajemen berdasarkan Para Ahli bisa bermanfaat dan juga memperkaya rujukan teman-teman tetang apa itu manajemen. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca.
Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Administrasi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar