Media Tanam Yang Diharapkan Dalam Budidaya Tanaman Hias Biar Subur

Media Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias akan menjadi topik yang kali ini kita ulas secara lengkap. Tanaman hias merupakan salah satu jenis tumbuhan dalam kelompok hortikultura yang mempunyai fungsi memperindah dan mempercantik baik itu ruangan didalam rumah atau di luar serta juga merupakan tumbuhan utama pendukung dalam sebuah tanam. Inilah yang menjadikan tumbuhan hias sekarang menjadi salah satu kebutuhan interior dan desain.


Salah satu syarat semoga tumbuhan hias sanggup tumbuh dengan baik ialah ditanam di media yang tepat, semoga tumbuhan mendapat kebutuhan nutrisi yang cukup sehingga sanggup tumbuh dengan baik dan juga berkembang sehingga semakin sanggup mempercantik pekarangan dan lingkungan.


Nah, tentunya pada kesempatan ini penulis akan memaparkan mengenai apa saja jenis Media Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias semoga tumbuh subur, yuk disimak


Media Tanah


Media Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias yang pertama ialah media tanah, yang merupakan media yang baik bagi pertumbuhan tumbuhan hias. Beberapa jenis tumbuhan hias sanggup tumbuh dengan baik dalam media tanah yang subur dan gembur. Misalnya saja jenis tumbuhan hias bunga menyerupai mawar, melati, krisan dan masih banyak jenis bunga lainnya.


Media tanah merupakan media yang paling ideal lantaran bisa menyediakan unsur hara yang diperlukan tanaman. Apalagi ditambah dengan pemupukan dan juga pemeliharaan yang sesuai dan sempurna maka tumbuhan hias akan sanggup tumbuh dengan baik.


Meskipun demikian tetap harus dipertimbangkan untuk menanam tumbuhan hias ditanah lantaran tidak semua jenis tumbuhan cocok dan akan tumbuh dengan baik.


Media Akar Pakis


Akar pakis juga termasuk kedalam media yang sanggup digunakan sebagai media tanam bagi tumbuhan hias. Jenis tumbuhan menyerupai anthurium, dan anggrek relatif sangat cocok ditanam pada media akar pakis.


Tentu saja media ini tidak bisa menyediakan unsur hara secara alami bagi tanaman, namun struktur medianya yang porous akan sanggup menyimpan air dengan baik serta juga sanggup dengan gampang ditembus akar tanaman.


Media akar pakis juga gampang diperoleh dan mempunyai harga yang murah sehingga relatif sangat irit terutama untuk budidaya tumbuhan hias skala rumahan sampai skala besar.


Sebelum digunakan akar pakis harus disterilkan terlebih dahulu semoga bebas dari kontamunan yang sanggup menganggu pertumbuhan tanaman. Selain itu media ini sanggup digunakan berulang dengan catatan selalu disterilkan sebelum digunakan kembali.


Media tanam cocopeat


Bagi sebagian orang jikalau kita menyebutnya sebagai cocopeat mungkin akan terasa asing, namun jikalau kita menyebutnya sebagai sabut kelapa maka akan banyak orang yang familiar. Media ini sangat gampang ditemukan disekitar kita dan bahkan seringkali dianggap limbah. Namun nyatanya serabut kelapa sanggup digunakan sebagai media tanam.


Jenis tumbuhan yang biasa ditanam pada media sabut kelapa ialah tumbuhan anggrek. Dari banyak sekali jenis anggrek dendrobium dan anggrek bulan merupakan jenis yang sempurna dan sanggup tumbuh baik pada media ini. Namun dengan catatan bahwa kelembaban suhu dan media harus dijaga lantaran media cocopeat ini sangat gampang lembab dan lapuk sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Dengan kondisi ini maka akan sanggup menjadikan kebusukan pada akar serta juga mengundang banyak sekali jenis serangan hama dan penyakit pada tanaman.


Selain itu serabut kelapa juga mengandung senyawa tanin yang sanggup menjadi racun bagi tanaman, sehingga sebelum digunakan harus direndam terlebih dahulu sampai warna air rendamannya berkembang menjadi warna bening.








Media tanam pasir


Pasir juga menjadi media tanam yang sanggup digunakan sebagai media tumbuhan hias lantaran media pasir sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan beberapa jenis tumbuhan hias. Seperti contohnya jenis tumbuhan hias allium atau tumbuhan hias yang mempunyai umbi serta kaktus. Hal ini disebabkan lantaran pasir mempunyai tekstur yang tidak bisa memegang air terlalu banyak.


Sehingga media tanam akan bersifat kering dan juga tidak menciptakan air menggenang di media. Namun dalam hal ketersediaan unsur hara media pasir sangatlah minim bahkan bisa dibilang miskin unsur hara.


Oleh lantaran itu maka tentu harus dilakukan penambahan unsur hara dengan cara melaksanakan pemupukan semoga tumbuhan tetap sanggup tumbuh dengan baik dan subur menyerupai pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.


Media tanam arang kayu


Arang kayu juga merupakan media yang diperlukan tumbuhan hias untuk tumbuh. Jenis tumbuhan tang sanggup di tanam pada media ini ialah tumbuhan anggrek. Namun penggunaannya tidak banyak digunakan dan cenderung hanya digunakan dalam penelitian saja. Sebab selain miskin unsur hara media arang kayu juga sangat rentan terjangkit hama dan penyakit serta tidak sanggup mengikat dengan berpengaruh pada akar tanaman.


Namun media arang kayu termasuk jenis media yang steril lantaran berasal dari sisa pembakaran kayu. Biasanya juga sanggup digunakan dengan di kombinasikan menggunakan media lain dan digunakan sebagai kepingan dasar media. Sebab mempunyai sifat buffer dan sanggup menyeimbangkan kelembaban sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Nah, itulah tadi klarifikasi singkat mengenai Media Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias semoga tumbuh subur, semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Media Tanam Yang Diharapkan Dalam Budidaya Tanaman Hias Biar Subur"

Posting Komentar