Manfaat Bunga Rosela

Bunga rosela berwarna merah marun dengan kelopak berserat dan berbulu halus Manfaat Bunga Rosela
Bunga rosela berwarna merah marun dengan kelopak berserat dan berbulu halus.

Pada artikel ini akan dibahas khasiat bunga rosela secara umum dan mengapa teh bunga rosela begitu terkenal. Sebelumnya telah dibahas perihal Si manis rosela yang kaya manfaat, namun artikel ini Kami suguhkan lebih detail lagi untuk memperlihatkan info yang tentunya lebih bermanfaat lagi.


Berkembangnya zaman menciptakan sitem teknologi juga ikut berkembang. Seiring berkembangnya teknologi itulah menimbulkan banyaknya penelitian-penelitian yang hadir dan mengungkap manfaat-manfaat dari aneka macam flora yang tadinya diketahui hanya sebagai flora biasa kemudian menjadi flora luar biasa. Disebut sebagai flora luar biasa sebab flora yang tadinya hanya berfungsi sebagai flora liar, tanaman hias, atau hanya sekedar mengkonsumsinya saja tanpa mengetahui kandungan dan manfaatnya. Ada banyak flora yang mengandung senyawa-senyawa alami, sehingga sanggup memperlihatkan fungsi yang lebih terutama untuk kesehatan tubuh. Salah satu misalnya yaitu rosela.


Bunga rosela berwarna merah marun dengan kelopak berserat dan berbulu halus Manfaat Bunga Rosela
Bentuk bunga rosela kering yang telah dijemur dibawah paparan sinar matahari langsung. Terlihat layu dan warna merahnya tidak lagi begitu kuat. Namun kandungan senyawa alaminya tetap terjaga.

Bunga Rosela merupakan flora yang berasal dari benua afrika. Bentuk batangnya silindir dan berwarna kemerah-merahan, bertekstur kayu licin dengan tinggi mencapai 3 meter. Daunnya bertulang menjari, berwarna hijau tua, dengan tepi yang bergerigi dan pangkalnya yang berlekuk. Bunganya berkelopak merah marun dan berbulu halus. Bunga dengan nama latin Hisbiscus sabdariffa ini mempunyai 2 jenis bunga yang terkenal, yaitu Sabdariffa dan Altissima webster. Bunga rosella jenis sabdariffa, kelopaknya sanggup dimakan, sedangkan jenis Altissima webster, kelopaknya tidak sanggup dimakan. Kelopaknya yang merah berserat dikonsumsi dengan aneka macam macam cara pengolahan. Di Mesir, bisanya bunga rosela dibentuk menjadi minuman yang diminum pada dikala isu terkini hambar dan isu terkini panas. Di jamaika, orang-orang bisanya pribadi memakan buahnya atau dibentuk menjadi salad. Dan di Afrika, negri lahirnya buah ini, biasanya diolah menjadi jeli atau selai kemudian dimakan bersama makanan lainnya. Namun selain sanggup dipakai sebagai materi makanan dan minuman, bunga rosela mempunyai kegunaan juga untuk kesehatan tubuh. Berikut klarifikasi dan penggunaanya:



  • Mencegah penyakit kanker, jantung koroner, dan ginjal

    Pada tahun 2005, Seorang satf pengajar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, IR. Didah Nurfarida, telah melaksanakan penelitian bahwa antosianin yang, zat pemberi warna merah alami pada bunga rosela, yaitu zat aktif yang mengandung antioksidan pencegah beberapa penyakit mematikan mirip kanker, jantung korer, dan ginjal.

    Jika kandungan antosianinnya semakin banyak, warna kelopaknya juga akan semakin merah pekat dan rasanya akan semakin asam, maka itu akan semakin baik untuk penyembuhan penyakit-penyakit tersebut. Adapun cara penggunannya hanya dengan menimbulkan bunga rosela sebagai minuman teh dan diminum secara rutin setiap harinya.

    Cara pengolahan bunga rosela menjadi teh yaitu dengan cara dikeringkan atau pribadi memakai kelopak bunga yang segar. Pengeringan bunga rosela dilakukan semoga sanggup disimpan untuk jangka waktu yang lama. Proses pengeringannya memakan waktu 2 hingga 3 hari.



  • Mencegah osteoporosis

    Baunga rosela mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, zat besi, kalium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Jika teh bunga rosela dikonsumsi secara teratur, maka tulang akan terhindar dari problem osteoporosis atau pengeroposan tulang.



  •  Mengobati sariawan

    Sariwan sanggup terjadi sebab kurangnya asupan vitamin C di dalam tubuh. Sariawan sanggup disembuhkan dengan mengkonsumsi bunga rosela yang kaya akan vitamin C. Cara penggunaannya yaitu dengan meminum teh bunga rosela dan juga berkumur-kumur memakai air teh bunga tersebut hingga sariawannya  hilang.



  • Mengobati Diabetes

    Diabetes termasuk salah satu penyakit kronis mematikan yang ditandai dengan meningkatnya kadungan gula darah di dalam tubuh secara drastis. Penyakit yang juga sering disebut dengan penyakit gula darah atau penyakit kencing manis ini sanggup disembuhkan secara perlahan-lahan dengan mengkonsumsi bunga rosela. Caranya dengan merebus beberapa bunga rosela yang telah dicuci higienis terlebih dahulu. Setelah mendidih, saring dan ambil airnya saja. Minumlah hasil rebusan itu dalam keadaan hambar pada pagi dan sore hari.



  • Menyembuhkan penyakit kulit

    Pada tahun 2009, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Padjadjaran fakultas farmasi mengemukakan bahwa ekstrak air kelopak bunga rosela mempunyai kegiatan antibakteri. Salah satunya basil Staphylococcus aureus, yang paling sering menciptakan jerawat pada kulit manusia. Bakteri jenis ini sanggup dilawan dengan kandungan senyawa alami yang terdapat pada bunga rosela. Caranya dengan mengkonsumsi bunga rosela yang dibentuk menjadi minuman teh. Minumlah secara rutin untuk mendapat khasiat secara maksimal.


Bunga rosela berwarna merah marun dengan kelopak berserat dan berbulu halus Manfaat Bunga Rosela
Teh bunga rosela yang dibentuk sendiri berwarna merah mirip sirup. Teh ini mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan juga kecantikan.

Bunga rosela yang dikala ini terkenal sebagai minuman teh mempunyai rasa yang berbeda dari teh hijau (baca artikel kami perihal manfaat teh hijau) yang banyak beredar di pasaran. Teh bunga rosela cenderung asam, kecut dan segar. Selain itu warnanya yang merah membuatnya tidak nampak mirip teh, melainkan mirip sirup. Dengan keunikan warna dan khasiat dari teh bunga rosela menjadikannya menjadi miuman teh yang mulai digemari belakangan ini. Khususnya bagi kaum perempuan yang juga tertarik akan khasiatnya bagi kecantikan. Yaitu mengencangkan dan menciptakan kulit tampak sehat berseri.


Bunga rosela berwarna merah marun dengan kelopak berserat dan berbulu halus Manfaat Bunga Rosela
Berbagai macam produk olahan bunga rosela mirip teh, sirup, juga kapsul obat yang sanggup dikonsumsi langsung.

Karena bunga ini banyak mempunyai manfaat maka pembudidayaannya dilakukan secara besar-besaran di aneka macam  negara, termasuk Indonesia. Selain cara pengolahannya juga mudah, banyak juga produk-produk olahannya yang sudah siap konsumsi dan sanggup pribadi dirasakan manfaatnya. Di bibitbunga.com kami menyediakan produk benih flora rosella, silahkan diorder dengan cara klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Bunga Rosela"

Posting Komentar