Jenis Penyakit Pada Tanaman Hias Dan Cara Mengatasinya

Penyakit Pada Tanaman Hias Dan Cara Mengatasinya, tumbuhan hias merupakan jenis tumbuhan yang dikenal mempunyai tampilan yang manis dan sanggup memperindah suasana lingkungan atau rumah.


Salah satu jenis gangguan yang paling mengganggu dan sanggup menawarkan imbas kerugian yang besar dalam budidaya tumbuhan hias yaitu timbulnya penyakit. Jika tidak diatasi dengan benar maka akan sanggup mengakibatkan final hayat sehingga tentunya akan sangat merugikan dn berbahaya.


Pada tumbuhan hias serangan yang disebabkan oleh penyakit penanggulangngannya relatif lebih sulit dibandingkan serangan hama.


Terdapat setidaknya tiga penyebab utama yang sanggup mengakibatkan penyakit pada tumbuhan hias, ketiga penyebab tersebut yaitu jamur, basil dan virus. Tentu saja cara mengatasi penyakit yang disebabkan oleh ketiganya juga berbeda beda sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Berikut akan penulis uraikan mengenai Penyakit Pada Tanaman Hias Dan Cara Mengatasinya – panduan lengkap.


Cara mengatasi penyakit bercak daun


Penyakit bercak daun menjadi jenis penyakit pertama yang paling banyak menyerang tumbuhan hias.


Gejalanya ditunjukkan dengan timbulnya bercak cokelat pada permukaan daun, makin usang kalau dibiarkan bercak akan semakin melebar. Sehingga hal ini akan sangat mengganggu tampilan terutama kalau menyerang jenis tumbuhan hias daun.


Penyebab utama penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur yang terjadi lantaran kelembaban sekitar terlalu tinggi. Untuk mengatasinya sanggup dilakukan dengan cara memotong atau memangkas cuilan yang terjangkit kemudian kemudian membuangnya jauh jauh. Serta juga menjaga kelembaban sekitar tumbuhan dengan rajin melaksanakan pemangkasan pada daun daun tua.


Jika intensitas serangan sudah parah maka sebaiknya tumbuhan yang terjangkit segera dibuang dan dijauhkan. Sebab kalau tidak maka dikhawatirkan akan menular dengan cepat apalagi kalau animo penghujan tiba. Dapat juga dikendalikan dengan penyemprotan fungisida menyerupai brand Dithane atau Antracol menyerupai pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.


Cara mengatasi penyakit bercak hitam (black spot)


Penyakit ini juga disebabkan oleh serangan jamur lantaran kelembaban yang terlampau tinggi. Gejalanya akan Nampak pada daun tumbuhan yang renta dan mengalami kerontokan dimana terdapat bercak hitam yang usang kelamaan akan menjalar ke cuilan pucuk tanaman.


Penyakit black spot ini akan menyerang tumbuhan terutama pada jenis tumbuhan hias yang berada dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang jelek.


Cara mengatasi penyakit ini yaitu dengan cara pertama dengan menjaga kelembaban dan sirkulasi udara sekitar tumbuhan dan lingkungan.


Kemudian buang cuilan tumbuhan yang terjangkit biar tidak menular kebagian lainnya, kalau intensitas serangan sudah sangat para maka sanggup diatasi dengan menyemprotkan larutan fungisida dengan brand Dithane, Benlate atau Vondozeb.


Cara mengatasi penyakit layu Fusarium


Penyakit layu fusarium disebabkan lantaran juga merupakan jenis penyakit yng disebabkan oleh serangan jamur Fusarium, sp. Gejalanya akan nampak pada tumbuhan hias yang diawali dengan terjadinya pembusukan pada akar kemudian kemudian tumbuhan akan layu menyerupai kehilangan cairan tubuh atau kekurangan air, daun menguning dan keriput sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Jika tidak ditanggulangi maka akan sanggup mengakibatkan final hayat pada tumbuhan hias serta juga penyakit ini relatif sangat gampang menyebar dan menular.


Karenanya sanggup diatasi dengan cara memotong cuilan akar tumbuhan yang terinfeksi kemudian kemudian diolesi fungisida yang mempunyai materi aktif bonomyl atau juga sanggup dilakukan penyemprotan menggunakan fungisida brand Benlate.








Cara mengatasi penyakit Busuk Basah (Soft rot)


Penyakit busuk berair yang sanggup menyerang tumbuhan hias disebabkan oleh serangan basil Erwinia. Sp. Penyakit ini akan muncul pada ketika animo penghujan datang lantaran kelembaban yang terlalu tinggi.


Gejalanya diawali dengan daun tumbuhan yang melunak dan kemudian ikut berubah warna, kemudian kemudian usang kelamaan akan mengalami pembusukan dan juga mengeluarkan wangi yang tidak sedap.


Jika intensitas kelembaban tetap tinggi maka penyakit ini akan dengan sangat gampang menyebar. Cara mengatasinya yaitu dengan melaksanakan pengendalian kelembaban dengan cara menjaga drainase tetap baik sehingga tidak ada air yang menggenang.


Atau sanggup juga dengan cara menyuntikkan cairan yang mengandung streptomycin, atau tetracylin pada cuilan batang kalau serangan secara individu. Jika serangan sudah meluas maka sanggup dilakukan penyemprotan menggunakan Cupcrocide dan agrimycin.


Cara mengatasi penyakit Virus Mosaik


Penyakit ini biasa dikenal dengan istilah penyakit keriting dimana gejalanya ditunjukkan dengan timbulnya bercak bercak pada seluruh permukaan daun sehingga warnanya tidak merata.


Ini akan mengakibatkan daun mempunyai tampilan yang tidak menarik lantaran warna daunnya menjadi belang belang dan daun melengkung. Pertumbuhan tumbuhan juga akan tidak optimal dan bunga tidak tumbuh secara sempurna.


Penyakit ini sanggup menular dengan gampang melalui peralatan atau tangan yang terkontaminasi, sanggup juga menular melalui serangga. Cara mengatasi serangan penyakit lantaran virus ini yaitu dengan cara segera memisahkan tumbuhan yang terjangkit dan yang sehat dan juga tumbuhan yang terjangkit segera dibakar. Untuk obatnya sendiri sampai ketika ini belum ditemukan.


Nah, itulah tadi klarifikasi dan uraian singkat mengenai Penyakit Pada Tanaman Hias Dan Cara Mengatasinya – panduan lengkap. Semoga sanggup dipahami dan bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jenis Penyakit Pada Tanaman Hias Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar