Berapa Angka Normal Gula Darah?

Gula darah atau lebih tepatnya glukosa darah yaitu glukosa yang terlarut dalam darah yang berasal dari proses pencernaan makanan yang disebut metabolisma. Glukosa ini yaitu senyawa yang siap diserap badan sebagai sumber energi. Pada badan orang yang sehat, kadar glukosa dalam darahnya senantiasa terkontrol dengan baik.

Apa Itu Glukosa?
Karbohidrat yaitu materi makanan yang tersusun dari unsur-unsur karbon, oksigen, dan hidrogen. Gula yaitu nama umum dari karbohidrat anggun yang larut dalam air. Gula sanggup berupa senyawa yang lebih sederhana  yaitu glukosa, fruktosa, atau laktosa. Makara glukosa yaitu salah satu senyawa gula dalam bentuk yang lebih sederhana.

Gula darah atau lebih tepatnya glukosa darah yaitu glukosa yang terlarut dalam darah yang Berapa Angka Normal Gula Darah?

Pentingnya Glukosa bagi Tubuh Kita
Glukosa yaitu senyawa gula sederhana yang paling penting dan paling banyak dibutuhkan oleh badan kita. Melalui proses metabolisma, materi makanan terutama karbohidrat diubah menjadi glukosa. Glukosa inilah yang diserap sel-sel badan kita untuk diubah menjadi energi. Tanpa glukosa sel-sel badan kita akan kelaparan dan kurang energi.

Pengertian Angka Glukosa Darah (Angka Gula Darah)
Angka glukosa darah yaitu besaran yang mengatakan banyaknya glukosa yang terkandung dalam setiap satuan volume darah. Satuan angka glukosa darah yaitu milligram/deciliter (mg/dL) atau millimol/Liter (mmol/L). Karena masyarakat umum biasa menganggap glukosa identik dengan gula, maka glukosa darah seringkali disebut sebagai gula darah. Makara istilah angka gula darah bergotong-royong yaitu angka glukosa darah.

Pentingnya Mengetahui Angka Glukosa Darah
Angka glukosa darah yang terlalu tinggi disebut hiperglikemia. Jika hiperglikemia bersifat tetap maka disebut diabetes. Angka glukosa darah yang terlalu tinggi menujukkan bahwa sel-sel badan kita tidak sanggup menyerap glukosa dengan semestinya sehingga badan kekurangan energi untuk mempertahankan fungsi sel. Angka glukosa darah yang terlalu rendah disebut hipoglikemia. Angka glukosa darah yang terlalu rendah mengatakan ketersediaan glukosa tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Berapa Angka Normal Glukosa Darah?
Berikut ini panduan interpretasi hasil investigasi angka glukosa darah bagi orang dewasa.

Gula darah atau lebih tepatnya glukosa darah yaitu glukosa yang terlarut dalam darah yang Berapa Angka Normal Gula Darah?

Glukosa Darah Normal

  • Glukosa darah puasa 8 jam: 70-99 mg/dL
  • Glukosa darah 2 jam sehabis makan:  kurang dari 140 mg/dL
  • HbA1c: kurang dari 5,7%

Pra-Diabetes (Impaired Fasting Glucose, IFG)

  • Glukosa darah puasa 8 jam: 100 – 125 mg/dL
  • Glukosa darah 2 jam sehabis mengkonsumsi 75 g glukosa: 140 – 199 mg/dL
  • HbA1c: 5,7% – 6,4%

Diabetes

  • Glukosa darah puasa 8 jam: lebih sari 126 mg/dL (pada 2 kali tes secara berurutan)
  • Glukosa 2 jam sehabis makan:  lebih dari 200 mg/dL
  • Glukosa darah tes sewaktu-waktu (random): lebih dari 200 mg/dL
  • HbA1c: lebih dari 6,5%

Jika hasil investigasi darah, menujukkan kadar glukosa darah anda tidak normal, segera hubungi dokter untuk mendapat santunan mengenai cara memperbaiki angka glukosa darah  anda. Dokter anda mungkin akan menyarankan anda semoga mendapat perawatan, mengkonsumsi obat, atau melaksanakan perubahan contoh hidup. Perubahan contoh hidup sanggup berupa pengaturan konsumsi makanan (jenis, porsi, waktu makan), olahraga, berhenti merokok, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Angka Normal Gula Darah?"

Posting Komentar