√ Pengertian Ham Dan Pola Pelanggaran Ham

Pengertian HAM – Macam- macam HAM beserta teladan pelanggaran HAM. Seperti yang kita ketahui bersama HAM yaitu salah satu hak yang telah menjadi kodrat setiap orang semenjak Ia lahir ke dunia ini. Hak ini menjadi penting untuk dihargai oleh masing-masing individu atas individu lainnya. Bahkan sebagai upaya untuk melindunginya, Indonesia telah menciptakan komisi khusus untuk mewadahi hak ini. Meskipun demikian, kesadaran orang-orang akan hal satu ini masih cukup rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masalah pelanggaran HAM yang terjadi. Bahkan kasus-kasus terebut telah terjadi semenjak dahulu dan ada beberapa masalah yang penyelesaiannya belum rampung.


Pengertian HAM :


Secara harfiah, pengertian HAM adalah  hak dari setiap insan yang bersifat universal dan telah ada semenjak insan itu lahir ke muka bumi. Kemudian pengertian HAM berdasarkan para hebat diantaranya menjelaskan bahwa hak ini tidak memandang adanya perbedaan diantara insan (Budiarjo). Wolhos mempertegasnya dengan menjelaskan bahwa hak ini dihentikan dilanggar oleh siapa pun. Selanjutnya Kevin menjelaskan hak asasi ini ialah hak-hak yang hakiki dari seorang individu (manusia). Dengan kata lain, hak tersebut tidak sanggup dipisahkan dari individu itu sendiri.


Berdasarkan klarifikasi di atas, maka sanggup dipahami bahwa pengertian HAM yaitu hak dari insan yang bersifat hakiki, universal, serta telah ada semenjak insan itu lahir ke dunia ini. Hak ini sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu Hak secara pribadi, hak dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, hukum, dan peradilan.


Hak Asasi Manusia secara langsung mencakup beberapa hal yaitu bebas memberikan pendapat, dan juga hak bebas untuk berorganisasi. Selain itu, hak langsung juga menawarkan kebebasan bagi setiap orang untuk menganut kepercayaan tertentu dan menjalankannya. Sementara hak dalam bidang ekonomi berkaitan dengan kebebasan seseorang dalam melaksanakan transaksi jual beli. Bahkan juga termasuk hak untuk melaksanakan perjanjian, maupun hutang-piutang.


 macam HAM beserta teladan pelanggaran HAM √ Pengertian HAM dan Contoh Pelanggaran HAM


Selanjutnya dalam bidang politik, HAM menawarkan ruang bagi setiap individu untuk menentukan dan juga dipilih. Kemudian setiap individu juga mempunyai hak untuk terlibat dalam banyak sekali acara maupun acara yang dijalankan oleh pemerintah. Sedangkan untuk aspek sosial budaya, seseorang mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Serta berhak untuk menyebarkan suatu kebudayaan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.


Kemudian dalam bidang aturan dan peradilan, HAM menjelaskan bahwa setiap orang berhak untuk mendapat pembelaan secara aturan di suatu peradilan. Mereka berhak mendapat perlakuan aturan yang sama antara satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain, aturan harus diterapkan samar rata, tanpa ada pilih kasih.


Contoh Pelanggaran HAM di Masyarakat :


Lalu bagaimana maksud dari pelanggaran Hak Asasi Manusia sebagaimana dikatakan di awal tadi? Berdasarkan Undang-Undang yang berlaku, pengertian pelanggaran HAM yaitu perbuatan seseorang maupun kelompok yang bersifat mengganggu hak asasi dari orang lain. Perbuatan tersebut dilakukan dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Pelanggaran ini digolongkan menjadi dua bentuk, yaitu Pelanggaran Genosida dan Pelanggaran Kemanusiaan. Pelanggar genosida merupakan bentuk pelanggaran (pemusnahan) yang dilakukan terhadap etnis atau kelompok tertentu.


Sementara pelanggaran kemanusiaan merupakan bentuk kejahatan Hak Asasi Manusia yang dilakukan secara sistematik terhadap penduduk sipil, ibarat melaksanakan pembunuhan, pelecehan secual, dan sebaiknya. Salah satu pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia, yaitu masalah Trisakti pada tahun 1998. Saat itu terdapat korban meninggal akhir tertembak peluru tajam dari aparat. Korban tersebut merupakan mahasiswa dari Universitas Trisakti yang ikut serta dalam sebuah agresi demonstrasi kala itu. Selain masalah Trisakti, masih banyak kasus-kasus lainnya. Seperti masalah DOM di Aceh, Kasus di Maluku, dan juga Kasus Semanggi. Demikianlah warta terkait pengertian HAM beserta teladan masalah pelanggarannya di masyarakat. Semoga warta ini ada keuntungannya untuk Anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Ham Dan Pola Pelanggaran Ham"

Posting Komentar