√ Isu Ialah ? Pengertian, Jenis Dan Teladan Siklus Informasi

Pengertian Informasi – Definisi informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan individu. Dengan adanya informasi individu yang tidak mengerti sanggup menjadi mengerti. Informasi juga sangat penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan individu. Pengertian informasi dalam bahasa inggris sanggup diartikan information yang berasal dari bahasa perancis yaitu infomcion dan kata tersebut berasal dari bahasa latin yaitu informationem yang mempunyai arti konsep, ide, dan garis besar.


Jadi informasi ialah data yang sudah diolah atau diproses menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi akseptor informasi dan mempunyai nilai yang bermanfaar bagi akseptor informasi. Hal ini merupakan pengertian secara umum. Lalu bagaimana dengan pengertian informasi berdasarkan para tokoh dan pakar ? Berikut ulasan lengkapnya.


 Definisi informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan individu √ Informasi Adalah ? Pengertian, Jenis dan Contoh Siklus Informasi


Pengertian Informasi Menurut Para Ahli :



  • Pengertian informasi berdasarkan Rymond Mc. Leod

    Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi akseptor selain itu sangar bermanfaat bagi pemgambilan keputusan kini atau yang akan datang.

  • Pengertian informasi berdasarkan Anton M. Moeliono

    Informasi ialah yang telah di kelompokkan tetapi proses tersebut dilakukan dengan tujuan tertentu. Dan Anton M. Moeliono meyatakan informasi juga berupa keterangan, kabar berita, pemberitahuan, penerangan, atu materi faktual lainnya yang sanggup digunakan untuk materi kajian analisis digunakan untuk pengambilan kesimpulan atu keputusan.

  • Menurut Abdul Kadir, McFadden, dkk

    Informasi ialah data yang sudah di olah, pengolahan data dilakukan dengan banyak sekali macam cara sehingga data yang diproses sanggup menambah pengetahuan poenerima dan dapan menggunakannya.

  • Menurut Barry E. Cushing

    hal yang pertanda hasil proses pengolahan data. Hasil tersebut terorganisir dan mempunyai manfaat pagi penerima.

  • Menurut Azhar Susanto

    Hasil dari pengolahan data dan data yang dihasilkan sanggup memperlihatkan arti dan manfaat bagi akseptor informasi.

  • Pengertian informasi berdasarkan Burch dan Starter

    Proses pengumulan dan pengolahan data hanya ditujukan untuk memperlihatkan keterangn atau pengetahunan mengenai suatu hal.

  • Pengertian informasi berdasarkan Davis

    Data yang sudah diolah kemudian mempunyai betuk berarti dan bermanfaat bagi penerima. Biasanya sanggup digunakan untuk pengambilan keputusan, untuk dikala ini atau yang akan datang.

  • Pengertian informasi berdasarkan George H. Bodnar

    Data yang sudah diolah dan data tersebut sanggup dijadikan untuk dasar atau materi petimbangan pengambilan keputusan yang sempurna untuk suatu hal.


Siklus Informasi dan Contohnya :


Siklus informasi ialah data yang diolah melalui model menjadi informasi, kemudian akseptor mendapatkan informasi, dan menciptakan suatu keputusanan lali melaksanakan tindakan yang nantinya menghasilkan suatu tindakan lain yang menghasilkan beberapa data kembali (Jogiyato). Siklus informasi sanggup digambarkan ibarat berikut :


 Definisi informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan individu √ Informasi Adalah ? Pengertian, Jenis dan Contoh Siklus Informasi



  1. Data

    Bentuk yang masih mentah dan belum sanggup bercerita banyak dan masih perlu diolah.

  2. Input

    Data yang diinputkan supaya sanggup ditindaklanjuti ke proses pegolahan.

  3. Proses

    Data yang sudah di input melalui dan menggunakanmodel tertentu .

  4. Output

    Data yang sudah diproses dengan memakai model tertentu kemudian menghailkan suatu informasil.

  5. Penerima

    Menerima informasi. akseptor ialah orang yang bekerjasama dengan informasi tersebut.

  6. Keputusan dan tindakan

    Penerima yang sudah mendapatkan informasi selanjutnya menciptakan keputusan untuk melaksanakan tindakan tertentu.

  7. Hasil tindakan

    Ketika akseptor sudah melaksanakan tindakan akan menghasilkan tindakn yang menciptakan beberapa data. Data akan dikumpulkan menjadi input kemudian diproses lagi menjadi model dan seterusnya.


Baca juga : Pengertian sistem


Apa sih perbedaan data dan informasi itu? Berikut penjelasannya. Data ialah fakta mentah atau rincian pristiwa yang belum diolah dan tidak sanggup diterima oleh pikiran dari penerima. Biasanya berupa angka, karakter, symbol, gambar, bunyi dan lain sebagainya. Maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu supaya menghasilkan informasi. sedangkan informasi adalah hasi dari pengoalahan data dan sudah sanggup diterima oleh pikiran akseptor dan informasi iu akan digunakan akseptor untuk pengambilan keputusan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Isu Ialah ? Pengertian, Jenis Dan Teladan Siklus Informasi"

Posting Komentar