Berapa Jumlah Tulang Rusuk Pada Laki-Laki Dan Wanita?

Tulang yaitu kerangka tubuh yang berfungsi sebagai pembentuk tubuh dan pelindung organ-organ penting di dalam tubuh. Tulang rusuk (bahasa Latinnya costae) atau disebut juga tulang iga yaitu tulang yang memberi bentuk dada dan melindungi organ-organ penting di dalam rongga dada. Organ-organ penting yang berada di dalam rongga dada yang dilindungi oleh tulang rusuk antara lain jantung, paru-paru, hati, empedu, limfa, pankreas dan usus.

Jumlah Tulang Rusuk Manusia Ada 24 (12 Pasang)
Banyaknya tulang rusuk pada laki-laki maupun perempuan yaitu 24 (12 pasang) terdiri dari 12 tulang rusuk kanan dan 12 tulang rusuk kiri. Keduabelas pasang tulang rusuk ini membentuk kandang bagi organ-organ penting yang berada di dalam rongga dada.

Struktur tulang rusuk sangat kokoh dan efektif dalam memberi bentuk pada bab lingkar dada dan memberi pinjaman pada organ tubuh yang dilindungi. Tulang rusuk merupakan sekumpulan tulang mempunyai bentuk dan tugas yang agak berbeda.

Susunan Tulang Rusuk Manusia
Keduabelas pasang tulang rusuk tersebut dibedakan menjadi tiga kelompok berikut.

  • 7 pasang tulang rusuk sejati (bahasa Latinnya costae verae) atau rusuk vertebrosternal. Kelompok tulang rusuk sejati posisinya paling atas yaitu nomor 1 hingga 7. Ujung belakang tulang rusuk sejati menempel pada tulang belakang, sedangkan ujung depannya menempel pada tulang dada (sternum).
  • 3 pasang tulang rusuk palsu (bahasa Latinnya costae sporia). Tulang rusuk palsu berada pada posisi nomor 8 hingga 10. Ujung belakang tulang rusuk palsu meelekat pada tulang belakang, sedangkan ujung depannya menempel pada tulang rusuk di atasnya yaitu tulang rusuk nomor 7.
  • 2 pasang tulang rusuk melayang (bahasa latinnya costae fluctuantes) atau rusuk vertebral. Tulang rusuk melayang berada pada posisi nomor 11 dan 12. Ujung belakang tulang rusuk belakang menempel pada tulang belakang, sedangkan ujung depannya tidak terhubung dengan tulang lain.

Bentuk Tulang Rusuk Manusia
Keduabelas tulang rusuk yang terhubung ke tulang belakang membentuk kerangka ibarat kandang rongga dada. Tulang rusuk pertama bab depannya menempel pada bab atas tulang dada (tulang dada hulu) dan bab belakangnya menempel pada tulang belakang. Tulang rusuk pertama ini mempunyai bentuk yang unik dan lebih keras dari tulang-tulang rusuk lainnya. Bentuknya pendek mirip abjad C. Tulang rusuk nomor 2 hingga 7 mempunyai bentuk yang lebih tradisional dan semakin kebawah semakin panjang dan lengkungannya semakin melebar.

Tulang dada (sternum) sendiri bahu-membahu terdiri dari tiga bab yaitu tulang dada hulu (manubrium sternum), tulang dada tubuh (corpus sternum), dan tulang dada taju pedang (proccesus xyphoideus).Tulang dada bentuknya memanjang dari tulang tulang rusuk pertama ke arah bawah yang ujungnya hanya hingga pada tulang rusuk nomor 7.

Tulang rusuk nomor 8 hingga 10, bab depannya  tidak terikat pada tulang dada, melainkan terikat pada tulang rusuk nomor 7. Tulang rusuk nomor 11 dan 12, bab depannya tidak terikat pada tulang lainnya dan hanya menutupi sisi samping dari rongga dada . Oleh alasannya yaitu itu di bawah tulang dada, bentuk kandang ini terbuka. Hal ini menawarkan keleluasaan otot perut untuk bergerak yang memudahkan kita membungkukkan tubuh atau memutar pinggang dengan gampang dan nyaman.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Jumlah Tulang Rusuk Pada Laki-Laki Dan Wanita?"

Posting Komentar