9 Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Daun kelor mulai terkenal dengan sebutan “makanan super” yang gres lantaran sifatnya yang tinggi, antiinflamasi, antioksidan dan merupakan pelindung jaringan sel yang berpengaruh dan aneka macam khasiat daun kelor lainnya bagi kesehatan.


Kelor disebut juga dengan Merunggai dalam bahasa Indonesia dan bahasa latinnya yaitu Moringa Oleifera. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai pohon lobak, pohon ben, atau pohon stik drum, merupakan pohon kecil di India, Pakistan dan Nepal.


Daun Kelor telah dipakai selama beberapa generasi di negara-negara Timur untuk mengobati dan mencegah aneka macam penyakit menyerupai diabetes, penyakit jantung, anemia, radang sendi, penyakit liver, gangguan pernapasan, penyakit kulit dan gangguan pencernaan.


Daun Kelor telah menjadi terkenal sebagai komplemen debu alami. Selain itu, polong, akar, kulit batang, bunga, biji, dan buahnya juga sanggup dimakan.


Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh


Daun kelor mulai terkenal dengan sebutan  9 Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh
Sumber gambar: Rfcarchives.org.au

Tanaman ini dipakai sebagai obat tradisional untuk mengobati aneka macam penyakit. Pada artikel ini, akan diungkapkan 10 manfaat daun kelor bagi kesehatan yang didukung penelitian secara ilmiah menggenai pengkonsumsian daun kelor.


1. Sumber Nutrisi Bagi Tubuh


Salah satu khasiat daun kelor yang paling penting yaitu sebagai asupan nutrisi bagi tubuh. Daun Kelor kaya akan kandungan vitamin, mineral dan asam amino yang bermanfaat bagi kesehatan. Adapun nutrisi penting yang nilainya tinggi pada daun kelor antara lain; vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium dan protein.


2. Melawan Radikal Bebas


Kelor mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, polifenol dan asam askorbat yang terkandung dalam daun, bunga dan bijinya. Antioksidan terebut bermanfaat untuk melawan radikal bebas atau molekul yang mengakibatkan stres oksidatif, kerusakan sel dan peradangan.


Sebuah studi mengungkap bahwa ekstrak daun kelor mempunyai acara antioksidan yang sangat tinggi, kapasitas pemulungan radikal bebas, menghambat lipid, protein, dan oksidasi DNA yang lebih tinggi daripada bunga dan biji kelor.


Hal tersebut berarti daun kelor mempunyai kegunaan untuk mencegah kerusakan dan degradasi yang disebabkan oleh radikal bebas dalam sel-sel organ dalam tubuh. Sekaligus menjaga organ-organ badan tetap sehat dan berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.


3. Ini Melawan Peradangan


Peradangan sanggup mengakibatkan penyakit kronis menyerupai diabetes, gangguan pernapasan, penyakit kardiovaskular, radang sendi dan obesitas. Daun Kelor bisa mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh. Selain itu, konsentrat daun kelor sanggup menurunkan peradangan dalam sel secara signifikan.


4. Membantu Mengurangi Berbagai Gejala Diabetes


Serbuk daun kelor telah terbukti efektif mengurangi kadar lipid dan glukosa dalam badan dan mengatur stres oksidatif pada penderita diabetes. Hal teresebut berarti salah satu manfaat daun kelor yaitu menurunkan gula darah dan kolesterol serta meningkatkan proteksi terhadap kerusakan sel.


5. Melindungi Sistem Kardiovaskular


Serbuk daun kelor mempunyai khasiat untuk menyehatkan jantung, terutama dalam mengontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak pada arteri dan menurunkan kadar kolesterol.


6. Mendukung Kesehatan Otak


Kelor mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitifnya lantaran acara antioksidan dan neuro-enhancer. Hal tersebut telah teruji sebagai pengobatan penyakit Alzheimer dengan hasil yang menguntungkan. Ketahui juga daftar makanan yang cantik untuk kecerdasan otak.


Kandungan vitamin E dan C nya yang tinggi berfungsi melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, sekaligus meningkatkan fungsi otak. Daun kelor juga sanggup menormalkan neurotransmitter serotonin, dopamin, dan noradrenalin di otak, yang memainkan tugas kunci dalam kemampuan daya ingat, suasana hati, fungsi organ, respons terhadap stimulus menyerupai stres dan kenikmatan, dan kesehatan mental.


7. Melindungi Hati


Bunga dan daun kelor mengandung polifenol konsentrasi tinggi dalam yang mempunyai kegunaan melindungi hati terhadap oksidasi, toksisitas dan kerusakan.


Artinya, khasiat daun kelor bagi kesehatan hati yaitu untuk mengurangi kerusakan hati dan fibrosis, serta membalikkan oksidasi pada hati. Minyak kelor juga sanggup mengembalikan enzim hati ke tingkat normal, mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kandungan protein pada hati.


Hati berfungsi untuk detoksifikasi darah, memproduksi empedu, metabolisme fruktosa, metabolisme lema dan memproses nutrisi. Hati sanggup melaksanakan fungsi-fungsi tersebut dengan dukungan enzim hati. Jadi, sangat penting fungsi tersebut tetap pada level normal. Misalnya, kadar enzim hati yang terlalu rendah sanggup mengganggu kemampuannya dalam men-detoksifikasi (menyaring) darah.


8. Mengandung Sifat Antimikroba dan Antibakteri


Daun kelor mempunyai sifat antibakteri dan anti-jamur yang bermanfaat untuk melawan infeksi. Hal tersebut efektif terhadap jenis jamur yang mengakibatkan nanah pada kulit dan virus atau microba yang menjadikan nanah kanal kemih dan darah serta penyebab dilema pencernaan.


9. Mempercepat Penyembuhan Luka


Kelor mempunyai sifat pembekuan darah pada daun, akar dan bijinya yang membantu penyembuhan luka. Dengan kata lain, khasiat daun kelor terhadap luka yaitu mempersingkat pembekuan luka atau menghentikan pendarahan.


Cara Mengambil Khasiat Daun Kelor


Daun kelor mulai terkenal dengan sebutan  9 Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh


Sekarang ini sudah ada beberapa produk komplemen masakan berbahan serbuk daun kelor. Kamu sanggup menambahkan komplemen masakan yang mengandung ekstrak daun kelor ke masakan untuk dikonsumsi sehari-hari. Atau, bisa juga meminumnya layaknya minum teh.


Bubuk daun kelor dianggap kondusif dalam penelitian terhadap manusia, bahkan dalam takaran yang lebih tinggi dari biasanya. Bubuk daun kelor mempunyai rasa yang ringan, sehingga rasa teh daun kelor terasa ringan dan sederhana.


Untuk menambah asupan ramuan herbal kau sehari-hari, jangan lewatkan juga manfaat bawang dayak yang sudah terbukti sangat mujarab melawan aneka macam penyakit kronis. Itulah tadi beberapa khasiat daun kelor untuk kesehatan manusia. Jangan lupa bagikan artikel ini ke laman media umum kau semoga teman-teman dan keluarga kau juga mengetahui manfaat daun kelor bagi kesehatan.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "9 Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar