√ Siapa Yang Pertama Kali Menemukan Internet? Dan Kenapa?

Internet (Interconnection-Networking) bisa kita artikan sebagai seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dan memakai standart sistem global yang disebut dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP).


Sistem standart global ini dipakai sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) yang dibentuk berbeda pada setiap komputer. Namun, sudah tahukah kamu? Siapa yang menemukan internet? Dan kenapa? Berikut ini penjelasannya.


Penciptaan Awal Internet


Internet tidak diciptakan oleh satu orang saja, tetapi oleh beberapa orang atau lebih tepatnya sebuah organisasi. Namun, pandangan gres awalnya disampaikan oleh Leonard Kleinrock beberapa ketika sesudah beliau menerbitkan makalah pertamanya yang berjudul “Information Flow in Large Communication Nets” pada tanggal 31 Mei 1961.


Lalu pada tahun 1962, J.C.R. Licklider yang menjabat sebagai Direktur pertama IPTO dan memperlihatkan visinya wacana jaringan galaksi. Selain pandangan gres dari Kleinrock dan Licklider. Robert Taylor juga turut membantu membuat sebuah gagasan jaringan yang lalu menjadi ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).


Internet yang kita kenal kini ini, pertama kali dikembangkan pada selesai 1960-an. Kemudian pada ekspresi dominan panas tahun 1968, kelompok kerja jaringan (Network Group) mengadakan sebuah pertemuan yang dipimpin oleh Elmer Shapiro dengan sebuah forum riset “Stanford Research Institute” yang diikuti oleh: Steve Crocker, Steve Carr, Jeff Rulifson, dan Ron Stoughton.


Dalam pertemuan tersebut, membahas tentang pemecahan duduk kasus yang berkaitan dengan bagaimana cara mendapatkan host yang dipakai untuk berkomunikasi satu sama lain.


Kemudian pada bulan Desember tahun 1968, Elmer Shapiro bersama dengan Stanford Research Institute merilis sebuah laporan wacana “A Study of Computer Network Design Parameters“.


Berdasarkan karya yang sebelumnya sudah dilakukan oleh Paul Baraon, dan Thomas Marill. Lawrence Roberts dan Barry Wessler pun ikut membantu untuk membuat versi final dari spesifikasi Interface Message Processor (IMP).


Perancangan lalu dilanjutkan oleh perusahaan Bolt Beranek dan Newman, Inc (BBN). Setelah itu internet mulai diperkenalkan pada publik oleh UCLA (University of California, Los Angeles) pada tanggal 3 Juli 1969.


Alasan dan Fungsi Diciptakannya Internet


 bisa kita artikan sebagai seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dan memakai √ Siapa yang Pertama Kali Menemukan Internet? Dan Kenapa?


Alasan kenapa internet diciptakan yaitu untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Selain itu waktu kita menjadi lebih efisien dan efektif, apalagi yang memiliki aktivitas diatas rata-rata.


Banyak laba yang sanggup kita dapatkan dari internet baik didalam bidang bisnis, akademis, komunikasi, organisasi, dan lain-lain. Internet pada jaman sekarang memang sudah menjadi fungsi utama untuk mempermudah aktivitas ketika menjalin kekerabatan kerjasama yang baik dengan klien maupun kerabat kita.


Beberapa fungsi dari internet antara lain:


Sebagai gudang informasi


Dengan adanya internet, isu lebih cepat tersampaikan sebab setiap detiknya ada jutaan aliran data yang keluar dan masuk, baik itu yang berbentuk teks, gambar, audio, maupun video. Bahkan kita sanggup menemukan banyak sekali isu di tahun jauh sebelum kita dilahirkan.


Tempat Jual-Beli


Seiring dengan perkembangan teknologi, proses jual-beli kini tak hanya sanggup dilakukan di pasar saja. Kita sanggup memanfaatkan internet sebagai sarana untuk menjual produk-produk kita, ataupun membeli barang/jasa yang kita butuhkan tanpa harus tiba ke toko tersebut, dan areanya pun lebih luas.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Siapa Yang Pertama Kali Menemukan Internet? Dan Kenapa?"

Posting Komentar