2 Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Pria

Berat Badan Ideal Pria – Aneka jenis masakan kerap menarik hati hasrat untuk menyantapnya. Akan tetapi risikonya justru berat tubuh menjadi bertambah. Bagi banyak orang memiliki tubuh gemuk yakni permasalahan besar.

Banyak yang ingin mendapat berat tubuh yang ideal. Maka dari itu banyak sekali upaya dilakukan. Mulai dari bermacam metode diet, melaksanakan olahraga rutin atau melaksanakan puasa. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara menghitung berat tubuh ideal pria?

Sebelum melaksanakan diet atau rutinitas tertentu untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mencari tahu bagaimana menghitung berat tubuh ideal pria. Sebab berat tubuh ideal setiap orang berbeda-beda alasannya yakni beberapa faktor, menyerupai tinggi tubuh dan lain sebagainya. Ada beberapa rumus yang digunakan untuk menghitung berat tubuh ideal. Yang paling terkenal digunakan yakni dengan rumus BMI dan rumus Brosca.

Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dengan Rumus BMI

 Aneka jenis masakan kerap menarik hati hasrat untuk menyantapnya 2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

BMI merupakan kependekan dari Body Mass Index atau dalam bahasa Indonesia disebut Indeks Massa Tubuh (IMT). Rumus berat tubuh ideal laki-laki yang satu ini kerap dijadikan citra untuk mengetahui berat tubuh laki-laki ideal. Berikut yakni rumus IMT untuk mencari berat tubuh ideal.

BMI = Berat Badan (Kg) : [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]

Contoh

Berat tubuh Adi 70 kg. Sedangkan tingginya 169 cm. Untuk mencari berat tubuh ideal dengan rumus BMI, maka kita perlu mengubah tinggi dari satuan cm menjadi m. Dari 169 cm dikonversi menjadi 1,69 m. Setelah itu gres masukkan ke dalam rumus.

BMI = 70 : (1,69 x 1,69) = 24,5

Angka tersebut masih berupa nilai BMI, bukan ukuran berat tubuh laki-laki ideal. Untuk mengetahui berat tubuh ideal laki-laki sampaumur dilakukan dengan melihat kategori nilai BMI. Berikut yakni klarifikasi nilai BMI laki-laki selengkapnya.

  • BMI < 17 : Kurus
  • BMI 17-23 : Normal
  • BMI 23-27 : Kelebihan berat badan/gemuk
  • BMI > 27 : Obesitas

Berdasarkan pola di atas, kita ketahui bahwa nilai BMI Adi termasuk ke dalam kelebihan berat badan. Untuk mencapai berat tubuh ideal maka perlu diusahakan biar nilai BMI berada di kisaran angka 17-23.

Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dengan Rumus Brosca

 Aneka jenis masakan kerap menarik hati hasrat untuk menyantapnya 2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Jika rumus di atas kurang memperlihatkan Anda gambaran, Anda dapat mencoba dengan menggunakan rumus Brosca. Cara hitung berat tubuh ideal laki-laki dengan rumus Brosca berbeda dengan wanita. Berikut yakni rumus berat tubuh ideal laki-laki dengan Brosca.

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) – [10% x (Tinggi Badan – 100)]

Contoh

Tinggi tubuh Arif yakni 170 cm. Untuk mencari berat tubuh idealnya dengan menggunakan rumus Brosca dapat dilihat pada cara di bawah.

(170 – 100) – [10% x (170 – 100)] = 70 – (10% x 70) = 70 – 7 = 63 Kg

Dari perhitungan di atas, diketahui bahwa berat tubuh ideal laki-laki tinggi 170 cm yakni 63 kg.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah. Yaitu dengan menggunakan kalkulator berat tubuh ideal pria. Anda dapat menjumpainya dengan gampang di internet. Yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan angka sesuai yang diminta kalkulator. Setelah itu risikonya akan muncul secara otomatis.

Jika berat tubuh Anda belum ideal jangan terburu putus asa. Anda dapat mencoba salah satu metode diet. Asal jangan memaksa untuk diet ekstrem. Tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter supaya Anda mengetahui diet apa yang cocok dengan Anda. Jaga pola makan juga penting, menyerupai mengurangi asupan lemak dan karbohidrat. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur.

Selain berat tubuh ideal pria, pada artikel sebelumnya kami juga membahas secara detail mengenai bagaimana menghitung berat tubuh ideal mulai dari wanita, anak dan ibu hamil. Jika Anda tertarik dapat menuju ke halaman berikut.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Itulah isu seputar cara menghitung berat tubuh ideal laki-laki yang dapat Anda simak. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami. Semoga klarifikasi di atas memudahkan Anda dalam menghitung berat tubuh laki-laki ideal. Semoga Anda dapat mencapai berat tubuh ideal.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "2 Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Pria"

Posting Komentar