Panduan Registrasi Perguruan Tinggi Tinggi Kedinasan 2017

Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017 – Perguruan Tinggi Ikatan Dinas (PTK) atau kini lebih dikenal dengan Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) merupakan sekolah tinggi tinggi yang berada dibawah Kementerian / Lembaga Pemerintahan yang tujuannya mendidik mahasiswa untuk bekerja di Kementerian / Lembaga Pemerintahan tersebut.


Tahun ini, pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan dikelola oleh Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara (MenPAN). MenPAN bertugas menentukan gugusan CPNS yang akan diangkat, sehingga semua ijin penyelenggaraan pendidikan kedinasan, termasuk kuota penerimaan, mesti melalui MenPAN.


Perubahan Seleksi


Mekanisme seleksi PTK mengalami perubahan mulai tahun 2016 ini. Setidaknya ada 2 perubahan mendasar:



  1. Siswa tidak bisa mendaftar lebih dari 1 sekolah tinggi tinggi kedinasan. Apabila terlanjur, lo mesti mengundurkan diri dan mengikuti satu seleksi saja.

  2. Adanya Tes Kemampuan Dasar (TKD) dilaksanakan sehabis seleksi masing-masing sekolah tinggi tinggi kedinasan.


Jadwal Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan


Tahun 2017 ini, ada 8 Kementerian yang menyelenggarakan pendidikan ikatan dinas dengan tanggal pendaftaran yang sama semua.



























































Kementerian / LembagaPerguruan TinggiPendaftaranKuota
Kementerian KeuanganPKN-STAN9-31 Maret6961
Kementerian Dalam NegeriIPDN9-31 Maret1689
Kementerian PerhubunganSTTD9-31 Maret165
Kementerian Hukum dan HAMAIM dan POLTEKIP9-31 Maret500
Badan Pusat StatistikSTIS9-31 Maret600
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan GeofisikaSTMKG9-31 Maret250
Lembaga Sandi NegaraSTSN9-31 Maret100
Badan Intelejen NegaraSTIN9-31 Maret124

 


Alur Pendaftaran


Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017



  1. Sebelum mendaftar, pelajari persyaratan masing-masing PTK. Link warta pendaftaran masing-masing PTK:


  2. Mendaftar di Portal Panselnas Menpan (panitia seleksi nasional). Tinggal isi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga. Setelah masukin 2 nomor tersebut, lo akan diminta masukan email dan PTK yang dituju. NIK cuma bisa dipake sekali, jadi hati-hati dalam mengisi formnya!

  3. Mendapat username (NIK), password, dan link pendaftaran di email sesuai PTK yang lo pilih.
    Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017

    Contoh Bukti Pendaftaran Panselnas


  4. Login dan mendaftar di web PTK yang lo pilih memakai NIK dan password yg lo isi di panselnas.

  5. Mengikuti petunjuk selanjutnya sesuai PTK yang lo pilih.


Mekanisme Seleksi


Mekanisme seleksi PTK Tahun 2017 ini:



  1. Seleksi masing-masing PTK. Materi dan prosedur seleksi bisa berbeda-beda tiap PTK. Biasanya seleksinya berupa ujian tertulis, tes kebugaran dan kesehatan, serta tes wawancara.

  2. Tes Kemampuan Dasar (TKD). Seleksi TKD ini yaitu seleksi menjadi CPNS. Sebelumnya TKD diujikan sehabis mahasiswa lulus, namun mulai tahun ini TKD dimasukkan dalam rangkaian seleksi penerimaan, yang mana risikonya saat lo lulus PTK nanti, lo udah niscaya diangkat menjadi CPNS. Materi TKD meliputi:

    • Tes Wawasan Kebangsaan (semacam mapel Sejarah Nasional dan Kewarganegaraan),

    • Tes Intelejensia Umum (semacam Tes Potensi Akademik), dan

    • Tes Karakteristik Pribadi




Sekilas wacana Perguruan Tinggi Kedinasan 2017


Karena cuma bisa menentukan salah satu dari 8 PTK, maka sebaiknya lo pelajari dulu dengan cermat masing-masing PTK sebelum memutuskan mendaftar. Mulai dari persyaratan, apa aja yang dipelajari, gimana sehabis lulus, dll. Lo bisa browsing atau nanya-nanya alumni di PTK yang bersangkutan. Berikut ini gue sajikan citra singkat masing-masing PTK.


1. PKN-STAN


Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017PKN STAN merupakan sekolah tinggi tinggi kedinasan dibawah Kementerian Keuangan. Aktivitas keuangan negara mulai dari mendapatkan uang (Pajak, Bea Cukai), mengalokasikannya (Anggaran / Kebendaharaan Negara), Pengelolaan (Manajemen Aset), dan Pelaporan (Akuntansi), dipelajari di jurusan-jurusan di STAN.


Pendidikan di STAN berupa D1 dan D3. Lulusan STAN akan ditempatkan di Kemenkeu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).


SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di STAN.


2. IPDN


Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan sekolah tinggi tinggi kedinasan dibawah Kementerian Dalam Negeri. Lulusan IPDN akan ditempatkan di instansi pemerintahan sentra atau daerah.


Fakultas di IPDN ada 2: Fakultas Politik Pemerintahan & Fakultas Manajemen Pemerintahan. Pendidikan dilaksanakan selama 4 tahun atau 8 semester.


SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di IPDN.


3. STTD


Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017STTD merupakan sekolah tinggi tinggi kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan.


Setelah lulus, alumni STTD bisa ditempatkan di Pemerintah Daerah atau Pemprov yang bekerja sama dengan STTD. Misalnya tahun 2016 ini, Pemprov DKI Jakarta merekrut alumni STTD.


SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di STTD.


4. AIM & POLTEKIP


Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017Akademi Imigrasi (AIM) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) merupakan sekolah tinggi tinggi kedinasan dibawah Kementerian Hukum dan HAM.


AIM merupakan pendidikan kedinasan Diploma III di bidang teknis Keimigrasian dengan kegiatan kuliah selama 3 (tiga) tahun, yang akan ditempatkan dalam Jabatan Pemeriksa Keimigrasian atau Penelaah Keimigrasian.


Sedangkan POLTEKIP merupakan pendidikan kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan kegiatan kuliah selama 4 (empat) tahun dan lulusannya setara dengan Strata 1 (S-1), yang akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Pembimbing Kemasyarakatan.


SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di AIM dan POLTEKIP.


5. STIS


Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017STIS merupakan sekolah tinggi tinggi kedinasan dibawah Badan Pusat Statistik (BPS). Lama perkuliahan di STIS selama 4 tahun atau 8 Semester.


STIS memiliki dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga hebat statistik ekonomi serta tenaga hebat statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga hebat komputasi dan sistem informasi


Setelah lulus di STIS, lo akan ditempatkan di kantor BPS di seluruh Indonesia.


STIS khusus lulusan SMA-IPA.


6. STKMG


Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017STMKG merupakan sekolah tinggi tinggi kedinasan dibawah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofifika (BMKG). BMKG merupakan tubuh yg bertugas memperlihatkan warta meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara. Kaprikornus nanti yg lo pelajari akan berkutat di hal tersebut.


STMKG khusus lulusan SMA-IPA.


7. STSN


Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan  Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017STSN merupakan sekolah tinggi tinggi kedinasan dibawah Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Untuk melindungi data dan warta penting negara, maka data dan warta tersebut harus dilindungi memakai sistem sandi.


Jurusan yang tersedia di STSN ada 2, dengan masa kuliah 4 tahun atau 8 semester.



  1. Manajemenisasi Persandian

  2. Teknik Persandian

    • Teknik Kripto

    • Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi




STSN khusus lulusan SMA-IPA.


8. STIN


STIN merupakan sekolah tinggi tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Intelejen Negara (BIN). Nah apa nih bedanya Lemsaneg dan BIN? Kalo sandi negara lebih khusus melindungi warta kenegaraan. Sedangkan BIN lebih ke mencari informasinya dengan banyak sekali cara.


STIN mendapatkan siswa SMA/SMK/MA dari banyak sekali jurusan.




 


Oke demikian warta wacana pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan tahun 2017. Apabila ada pertanyaan, silakan ejekan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.


Artikel yang berkaitan sebagai materi pertimbangan:

Kuliah di STAN atau Sarjana PTN?



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Panduan Registrasi Perguruan Tinggi Tinggi Kedinasan 2017"

Posting Komentar