Manfaat Sosiologi Dan Contohnya

Manfaat sosiologi merupakan nilai (value) yang diperoleh dari hasil bantuan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan bagi mereka yang mempelajarinya dan bagi masyarakat pada umumnya. Setiap ilmu pengetahuan harus mengandung nilai guna. Nilai guna sanggup dipahami sebagai manfaat yang dibawakan oleh ilmu pengetahuan dan diamalkan oleh pembelajarnya.


Pembelajar di sini siartikan sebagai siapa saja yang mempelajari dan mengamalkan ilmu pengetahuan tersebut. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan perihal masyarakat. Beragam aspek yang berkaitan dengan masyarakat bisa menjadi objek kajian sosiologi. Manfaat soiologi, oleh alhasil harus sanggup dirasakan secara pribadi oleh masyarakat yang menjadi objek kajiannya.


Baca juga Sosiologi: Sebuah Ringkasan







Postingan blog ini akan mengulas secara ringkas apa saja manfaat sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan. Manfaat sosiologi yang dimaksud di sini, sekali lagi merupakan manfaat yang sanggup dirasakan secara pribadi oleh orang-orang yang mempelajarinya. Postingan ini juga bisa dibaca sebagai laba dari berguru sosiologi.


Beberapa manfaat sosiologi



  • Memahami keragaman budaya masyarakat


Salah satu unsur dalam masyarakat yang menjadi objek kajian sosiologi yaitu budaya. Setiap masyarakat mempunyai budayanya masing-masing. Budaya masyarakat ada yang tradisional dan ada yang modern. Sosiologi mempelajari budaya masyarakat yang sangat kompleks. Kompleksitas menyiratkan adanya keragaman yang rumit. Dengan mempelajari sosiologi, pembelajar tentunya juga mempelajari aneka ragam budaya masyarakat. Pengetahuan akan keragaman ini bisa dipakai untuk menumbuhkan sikap toleran terhadap budaya lain di masyarakat.


Baca juga Masyarakat Multikultural: Pengertian dan Faktor Terbentuknya







  • Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi


Mempelajari sosiologi yaitu mempelajari kehidupan sosial orang-orang yang berbeda dengan kita. Perbedaan tersebut bisa mencakup segala aspek. Diferensiasi sosial yaitu kenyataan yang ada di masyarakat. Perbedaan sikap dan tindakan sosial sering sanggup kita pahami dengan cara merefleksikan diri kita saat berada di posisi orang lain. Upaya refleksi ini bisa meningkatkan rasa tenggang rasa yang tinggi. Tak jarang saat berguru sosiologi, kita didorong untuk ”berjalan menggunakan sepatu orang lain”, artinya mencicipi apa yang orang lain rasakan.



  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis


Sosiologi mengajarkan anak didiknya untuk tidak mendapatkan kenyataan begitu saja tanpa refleksi dan peneyelidikan lebih lanjut. Realitas sosial yang ada di sekitar kita tidak terjadi begitu saja, melainkan hasil interaksi kehidupan sosial yang diciptakan manusia. Sebagai contoh, realitas sosial di masyarakat menyampaikan bahwa program TV alay digemari masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ratingnya yang tinggi. Pembelajar sosiologi tidak akan mendapatkan argumen itu begitu saja. Sosiologi mengajarkan kita untuk melaksanakan refleksi dengan bertanya, misalnya, siapa saja pihak yang diuntungkan dengan argumentasi tersebut, apakah masyarakat kita menonton program alay alasannya yaitu pilihan mereka atau alasannya yaitu tidak ada program lain, apakah komisi penyiaran tidak punya wewenang memilih jenis acara, apakah program alay mempunyai nilai positif, dan sebagainya.


Baca juga Pengertian Sosiologi







  • Mendorong terciptanya integrasi sosial


Manfaat sosiologi sebagai pendorong terwujudnya integrasi sosial bisa dipahami dalam konteks kebangsaan yang multikultur dan multietnis. Terkait dengan apa yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sosiologi mengajarkan keragaman budaya pada pembelajarnya, pembelajar sosiologi diajarkan pula untuk berintegrasi secara sosial ditengah keragaman budaya. Pengetahuan akan keragaman bisa menjadi fondasi spirit toleransi antar budaya dan etnis. Saling kepahaman antar masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda merupakan modal besar untuk membuat integrasi atau kesatuan sosial. Integrasi sosial merupakan bentuk kehidupan sosial yang solid dan harmonis.


 yang diperoleh dari hasil bantuan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan bagi mereka yang  Manfaat Sosiologi dan Contohnya


Keempat manfaat sosiologi yang telah diulas di atas tentu hanya segelintir saja dari banyak manfaat lain yang bisa dirasakan. Pembelajar sosiologi atau pembelajar ilmu sosial pada umumnya akan mendapatkan manfaat secara pribadi jikalau menekuni apa yang dipelajarinya. Manfaat tersebut bisa dirasakan pada level personal dan bisa pula hingga pada level masyarakat saat ilmu yang sudah dipelajari diamalkan. Pengamalan ilmu pengetahuan tentu dihentikan hanya menguntungkan diri pribadi, melainkan harus bisa dirasakan oleh masyarakat banyak.


Baca juga Fungsi Sosiologi



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Sosiologi Dan Contohnya"

Posting Komentar